Ocean Cottage, Penginapan Murah dan Nyaman di Pantai Kaluku Bulukumba

Ocean Cottage, Penginapan Murah dan Nyaman di Pantai Kaluku Bulukumba
3.5 (70%) 2 votes

Liburan merupakan salah satu hal yang sering ditunggu-tunggu banyak orang. Bukan hanya para pelajar, namun juga para pekerja, bahkan pengangguran. Menghabiskan waktu liburan dengan berlibur ke tempat wisata dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi segar (fresh) kembali. Makanya berlibur identik dengan istilah refreshing. Berlibur memang bisa menyenangkan. Namun terkadang hal-hal sepele bisa membuatnya berantakan atau tidak sesuai dengan yang diharapkan. Karenanya sebelum berlibur, persiapan harus ada jauh hari sebelumnya.

Salah satu hal penting yang harus dipikirkan sebelum berlibur adalah penginapan. Penginapan penting jika lokasi yang dituju jaraknya jauh dan mengharuskan kita menginap. Dalam memilih penginapan pun ada faktor yang sering jadi pertimbangan, seperti harga, fasilitas maupun jarak ke lokasi wisata. Namun jika berlibur secara dadakan, terkadang agak sulit mendapatkan penginapan sesuai harapan. Terlebih jika sudah mulai memasuki musim liburan. Seperti yang kami alami beberapa minggu lalu.

Bersama teman-teman dan keluarga, kami sudah merencanakan liburan sebelum memasuki bulan suci Ramadan. Lokasi yang hendak dituju adalah Tanjung Bira di Kabupaten Bulukumba. Beberapa hari sebelum berangkat, semua penginapan yang kami hubungi sudah terisi penuh (full booked) termasuk penginapan di sekitar Pantai Bira dan Pantai Bara. Sebenarnya hal ini sudah diprediksi karena memang merupakan minggu-minggu terakhir sebelum memasuki bulan puasa. Kami tetap berangkat walaupun belum ada penginapan yang berhasil dipesan.

Dalam perjalanan dari Kota Makassar, saya dan Nanie mengusulkan untuk menginap di Pantai Kaluku/Panrang Luhu, yang berada di sebelah utara Pelabuhan Tanjung Bira. Apalagi dalam beberapa kali kunjungan ke Tanjung Bira, kami lebih sering menginap di sana. Di sana terdapat penginapan Sinar Bira yang langsung menghadap ke pantai pasir putih. Sayangnya kami tidak memiliki nomor kontak pemilik penginapan.

Ocean Cottage, Penginapan di Pantai Kaluku Bulukumba

Ocean Cottage, Penginapan di Pantai Kaluku Bulukumba

Kami tiba di Pantai Kaluku sekitar jam 8 malam dengan 2 mobil. Awalnya kami mengira penginapan yang kami tuju sudah terisi. Karena suasananya terang dan ramai. Ternyata penginapan tersebut adalah penginapan baru tepat di samping penginapan yang ingin kami tuju. Sementara penginapan tujuan kami gelap gulita. Untungnya ada nomor kontak terpasang di plang depan penginapan yang bisa dihubungi. Ternyata namanya bukan lagi Sinar Bira namun berganti menjadi Ocean Cottage.

Tidak menunggu lama, seorang anak muda datang dengan motor matic. Dia lah yang diberi kepercayaan memegang kunci penginapan tersebut. Arif, nama anak muda tersebut langsung sibuk memeriksa lampu di 2 bungalow dan gazebo. Kemudian menghubungi penjual air, karena tangki air di penginapan kosong.

Arif juga membantu mencarikan ikan segar di malam hari. Yah, kami memang berencana bakar-bakar ikan di sana. Dia juga menyiapkan pembakaran ikan dan meminjamkan beberapa peralatan dapur yang diambil di penginapan kosong yang juga dia jaga, tidak jauh dari situ.

Bungalow Ocean Cottage

Bungalow Ocean Cottage

Malam itu kami bisa lega karena akhirnya mendapatkan penginapan murah dengan pelayanan yang oke punya di Pantai Kaluku. Kami juga bisa berhemat karena tidak perlu melewati pos penjagaan masuk kawasan wisata Pantai Bira di mana harus bayar Rp. 15.000 per kepala. Kami pun bisa beristirahat untuk mengumpulkan tenaga untuk menjelajah keesokan harinya.

Ocean Cottage (dulu namanya Sinar Bira) terdiri dari 2 bungalow dan 1 gazebo. Masing-masing bungalow memiliki fasilitas 2 tempat tidur ukuran queen, sebuah lemari pakaian, kipas angin dan dispenser. Juga terdapat kamar mandi yang luas dan lumayan bersih. Sementara di gazebo yang terletak di bagian depan dekat gerbang masuk, terdapat meja persegi yang di keliling 4 kursi panjang. Halaman Ocean Cottage tidak terlalu luas, namun masih bisa menampung 3 mobil.

Sunrise di Pantai Kaluku, Bulukumba

Sunrise di Pantai Kaluku, Bulukumba

Pantai Kaluku dengan pasir putihnya

Pantai Kaluku dengan pasir putihnya

Kelebihan penginapan ini adalah langsung menghadap pantai. Lokasi pantai yang menghadap ke timur menjadi tempat favorit berburu sunrise. Tidak jauh dari penginapan, terdapat tempat pembuatan perahu phinisi. Suasana pantai yang sepi terkesan private, cocok untuk mereka tidak suka keramaian.

Jadi kalau ke Bira dan belum dapat penginapan, Ocean Cottage di Pantai Kaluku bolehlah jadi alternatif.

(Visited 866 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Ocean Cottage, Penginapan Murah dan Nyaman di Pantai Kaluku Bulukumba' have 3 comments

  1. June 12, 2016 @ 9:07 am Ipwp

    Berapaan rate disini, kak?

    Reply

    • June 22, 2016 @ 7:30 pm Anbhar Prabukesuma

      rizky 😀 ratenya 300an per bungalow. Masing2 bungalow punya 2 ranjang ukuran queen, 1 lemari, dispenser, kipas angin dan WC yang lumayan luas. Banyak space kosong di antara ranjangnya. Kalau bawa tikar/sleeping bag, biar 10 orang lebih bisaji masuk :D.
      Tapi kita biasanya sewa 2 bungalow, biar pisah cewek sama cowok.

      Reply

      • November 16, 2016 @ 6:46 pm uniiiyy

        ada yang tau cpx itu ocean cottages ??

        Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool