Ini Rekomendasi Objek Wisata Enrekang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Ini Rekomendasi Objek Wisata Enrekang Yang Wajib Kamu Kunjungi
Vote Us

Pernah dengar nama Enrekang sebelumnya? Nama Enrekang mugkin tak sepopuler Tana Toraja, namun potensi objek wisata Enrekang tak kalah dari kabupaten tetangganya itu.

Kabupaten yang terletak antara kilometer 196-281 di utara kota Makassar ini, menjadi salah satu alternatif daerah yang harus dikunjungi jika ke Sulawesi Selatan.  Dengan topografi yang umumnya variasi dari perbukitan, pegunungan, lembah dan sungai dengan ketinggian 47 – 3.293 m, Kabupaten Enrekang memiliki banyak objek wisata alam yang akan memanjakan mata pengunjung.

Secara umum wilayah Kabupaten Enrekang didominasi oleh bukit-bukit atau gunung-gunung, sekira 84,96% dari luas wilayah Kabupaten Enrekang. Terdapat dua gunung yang berada di wilayah Enrekang, yaitu Gunung Latimojong yang berada di perbatasan Enrekang, Sidrap dan Luwu dengan ketinggian 3.305 meter dan Gunung Rante Mario berada di wilayah Enrekang dan Luwu dengan ketinggian 3.470 meter.

Mau Kenal dengan Komunitas Jalan-Jalan di Makassar? Buka di SINI

Berikut ini rekomendasi objek wisata Enrekang yang wajib kamu kunjungi;

Gunung Nona

Salah satu gunung yang terkenal di daerah ini adalah Gunung Buttu Kabobong. Gunung ini terkenal karena bentuknya yang unik, menyerupai kelamin perempuan. Gunung yang kerap pula disebut Gunung Nona karena bentuknya mirip vagina ini bisa disaksikan dari pinggir jalan raya, saat menuju Tana Toraja. Gunung ini berada di daerah Duri.

Bentuk itu hadir dengan adanya gundukan-gundukan tanah di gunung tersebut. Gundukan tanah itulah yang membentuk garis yang dikatakan mirip kelamin wanita. Bentuk Gunung Nona hanya bisa terlihat dengan posisi yang tepat di hadapannya. Pemandangan Gunung Nona bisa dinikmati sambil makan atau sekadar minum kopi di beberapa warung, bahkan beberapa warung menyediakan tempat khusus untuk menikmati pemandangan Gunung Nona sembari menyeruput kopi hangat pengusir cuaca dingin.

Objek Wisata Enrekang

Pemandangan dari puncak Rante Mario Gunung Latimojong

Gunung Latimojong

Gunung Latimojong merupakan gunung yang tertinggi di Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.478 meter, puncaknya yang bernama Rante Mario. Nama gunung ini sangat terkenal di kalangan pendaki gunung. Popularitas gunung Latimojong terutama karena gunung Latimojong merupakan gunung yang masuk dalam The Seven Summit Indonesia.

Beberapa puncak dari deretan pegunungan Latimojong adalah puncak Latimojong (2800 mdpl), puncak Pantealoan (2500 mdpl), puncak Rante Mario (3478 mdpl), puncak Pokapinjang (2970 mdpl), puncak Sinaji (2430 mdpl), puncak Rante Kambola (3083 mdpl), puncak Nenemori (3397 mdpl), puncak Sikolong (2754 mdpl), dan puncak Bajaja (2700 mdpl).

Puncak Rante Mario yang merupakan puncak tertinggi di Sulawesi Selatan juga merupakan puncak tertinggi di pulau Sulawesi. Silakan bayangkan sensasi dan perasaan jika mampu mencapai puncak itu. Gunung ini pun sering dijadikan tempat pengibaran bendera merah putih.

Pemandian Alam Lewaja

Salah satu objek wisata Enrekang yang menarik adalah Pemandian Alam Lewaja. Pemandian Alam Air Terjun Lewaja ini terletak di di Desa  Lewaja, Kecamatan Enrekang, berjarak  kurang lebih enam km dari pusat kota Enrekang.

Meskipun namanya air terjun, di tempat ini juga terdapat permandian alam yang terbentuk secara alami. jadi sangat cocok dikunjungi untuk anda yang berwisata alam dan juga mandi air yang segar. Perjalanan menuju air terjun pun bukan mudah tanpa hambatan, akan tetapi anda perlu kehati-hatian karena jalur menuju air terjun ini cukup menantang. Pasalnya anda akan melewati kompleks pegunungan yang berjarak kurang lebih 1 km dari permandian.

Mendekati pemandian alam Lewaja kita disuguhi pemandangan yang menarik berupa air terjun di sisi utara timur jalam, kurang lebih 500 meter dari pemandian.  Ini air terjun yang berada diluar kompleks pemandian Lewaja, yang muncul dan kelihatan dari jalan pada saat musim penghujan sedang pada musim kemarau kurang begitu kelihatan dari jalanan.

Memasuki Komplek pemandian Lewaja, terdapat kolam renang yang sumber airnya berasal dari pegunungan di sekitar lokasi, air pegunungan yang bersih dan segar. Terdapat beberapa fasilitas penunjang kolam renang antara lain, ruang penonton (Tahun 2009 lalu menjadi tuan rumah porda renang sulsel), ruang ganti, tribun utama yang cukup luas, lapangan futsal, papan lompat, papan luncur bagi anak-anak, penyedia makanan ringan dan bakso.

Benteng Alla' Enrekang foto oleh Rhisda12

Benteng Alla’ Enrekang foto oleh IG @Rhisda12

Benteng Alla’

Benteng Alla’ adalah nama salah satu tempat di Kabupaten Enrekang yang dulunya menjadi tempat pertahanan rakyat terhadap serangan Belanda yang terjadi pada tahun 1905-1907. Di tempat ini pula pejuang melakukan pengintaian dan berjaga-jaga terhadap serangan musuh yang saat itu ingin menguasai wilayah Enrekang.

Benteng Alla’ terbentuk dari bebatuan alami dengan bentuk yang hampir menyerupai segitiga. Kalau mau ki masuk di benteng ini terdapat empat pintu utama. Ada juga kuburan kuno yang berbentuk kayu seperti yang ada di Toraja.

Tempat ini juga menjadi salah satu sentra penghasil kopi Arabica yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Kalau tidak percaya ki, bisaki jalan-jalan ke Alla’ untuk menyusuri bentengnya dan menikmati kopi lokal yang rasanya sangat nikmat.

Kebun Raya Massenrempulu Enrekang

Menikmati keindahan kebun raya tak hanya ada di. Di kabupaten Enrekang, tepatnya di Desa Karrang Kecamatan Maiwa, terdapat kebun raya dengan luas sekitar 300 hektar.  Luasnya empat kali lipat dibanding Kebun Raya Bogor yang hanya seluas 75 hektar.

Salah satu objek wisata Enrekang ini bisa menjadi pilihan tepat untuk rekreasi keluarga dan menikmati keindahan aneka tumbuhan. Terdapat juga sarana berkemah dan danau bagi yang ingin menghabiskan akhir pekan. Sampai saat ini, Kebun Raya Enrekang masih dalam tahap pengembangan atas kerjasama pemerintah Kabupaten Enrekang dan LIPI Bogor.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata

Itu dia rekomendasi objek wisata di Enrekang yang mungkin menarik untuk kalian kunjungi. Meski belum sepopuler Tana Toraja, namun Enrekang punya banyak potensi yang menarik. Jadi? Tertarik ke Enrekang?

(Visited 927 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Ini Rekomendasi Objek Wisata Enrekang Yang Wajib Kamu Kunjungi' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool