Nyuknyang Ati Raja Yang Legendaris

Nyuknyang Ati Raja Yang Legendaris
5 (100%) 1 vote

Nyuknyang adalah salah satu penganan yang amat sangat popular di Makassar. Nyuknyang adalah bakso /bakwan khas Sulawesi Selatan. Sama halnya dengan penganan lainnya yang berjenis dan dalam kelompok bakso-baksoan (halaaah…XD), tentu saja Nyuknyang juga terbuat dan berbahan dasar daging, daging sapi tepatnya. Ada juga sih yang nggak daging sapi, tapi sebaiknya jangan kamu tanyakan jika kamu masih mencari label halal di ujung kemasannya hihi…

Sedang ati raja adalah sebuah Kios penyedia nyuknyang yang cukup terkenal karena kenikmatan nyuknyangnya, terlebih kuahnya yang segar dan bakso gorengnya yang tak kalah menggoda.

atiraja

Rasanya yang nikmat dan kuah segar serta bahan baku pilihan dari nyuknyang Ati Raja inilah yang membuatmu harus menyempatkan diri mencicipinya saat ke Makassar. Sebab daging yang akan diolah untuk menjadi nyuknyang pun adalah daging terbaik, terlebih untuk pembuatan nyuknyang halus, hanya menggunakan daging tanpa lemak dengan sedikit kanji. Inilah mengapa nyuknyang halus dari Kios Ati Raja amat sangat berbeda dengan nyuknyang halus lainnya. Teksturnya begitu lembut dengan kekenyalan yang sempurna, tak heran jika ia menjadi favorit.

Tentu saja selain nyuknyang halus ada beberapa pilihan nyuknyang yang disediakan Rumah Makan Ati Raja, yaitu nyuknyang kotak, nyuknyang halus, nyuknyang kasar dan nyuknyang goreng. Untuk merasakan semua nyuknyang dalam satu mangkuknya, kamu cukup memesan dengan istilah Nyuknyang Campur. Jangan lupa untuk mencicipi Buras (lontong khas SulSel) yang gurih, Lombok kuning dan perasan jerus nipis sebagai teman dan pelengkap ber-nyuknyang-ria.

Adapun Kios Ati Raja didirikan dan dirintis oleh Bapak Jhon Tampi dan istri, mereka membuka rumah makan ini untuk pertama kalinya di Jalan Gunung Lompobattang. Kemudian pindah di jalan Gunung Merapi tahun 1997. Saat ini Kios Ati Raja telah memiliki beberapa cabang; Jalan Gunung Nona dan Jalan Lanto Daeng Pasewang. Semua cabang Kios Ati Raja ini dikelola langsung oleh anak-anak Bapak Jhon Tampi dan Istri dengan tetap mempertahankan resep aslinya.

Untuk rekomendasi tempat diantara tiga cabang Kios Ati Raja di atas, saya merekomendasikan kamu untuk mencicipi semangkuk nyuknyang di Kios Ati Raja Jalan Gunung Nona, selain tempatnya yang bersih dan nyaman, pelayannya yang ramah, kamu juga bisa tambah kuah berkali-kali heheheh…

Sekarang ini, Kios Ati Raja tidak hanya menjual Nyuknyang saja, beberapa masakan oriental pun telah tersedia disana, seperti; nasi goreng merah, mie Goreng, bihun goreng,  kwetiau goreng dan lain-lain.

Terkesan dengan kenikmatan Nyuknyang Ati Raja? Dan iningin menjadikannya sebagai ole-ole? Jangan khawatir, tentu saja kamu dapat membawanya sebagai ole-ole. Nyuknyang frozen dengan ketahanan sampai dengan 15 jam kini telah tersedia. Dan nyuknyang frozen ini juga dapat tahan hingga 30 hari dalam lemari pembeku.

Atau kamu mau membawa siomay sebagai ole-ole yang tak kalah menggiurkan? Siomay daging ayam, siomay daging sapi, siomay udang, siomay ikan tenggiri hingga siomay kepiting pun kini telah tersedia di Kios Ati Raja

(Visited 7,416 times, 5 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Nyuknyang Ati Raja Yang Legendaris' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool