Nuansa Batik Sulsel

Nuansa Batik Sulsel
3.3 (66.67%) 3 votes

batik 1160

Kini Batik tak hanya ada di jawa, di Sulawesi pun khususnya selatan, batik sudah menjadi dan memiliki pasar tersendiri untuk seni, budaya dan usaha garment. Beragam batik yang dihasilkan oleh pengrajin-pengrajin setempat menambah lagi dan lagi ragam yang ada di Makassar. Untuk kualitas, batik Sulawesi Selatan tak kalah mempesona jika dibandingkan dengan batik dari daerah lainnya.

Motif

Biasanya batik memiliki motif yang menunjukkan atau menyimbolkan sesuatu dari daerah mana batik itu dibuat. Begitupun batik yang diproduksi oleh pengrajin Sulawesi Selatan, batik-batik ini memiliki motif dengan filosofi dan ciri khas tersendiri. Batik Sulawesi Selatan kebanyakan mengangkat aksara lontara untuk dijadikan motif batik dengan ungkapan-ungkapan atau peribahasa yang menggambarkan kebajikan begitu pula dengan batik toraja yang juga memiliki kekhasannya tersendiri, misalnya gambar kerbau sebagai simbol dan lambang kebesaran atau motif burung belibis dan matahari yang menggambarkan kejayaan.

Warna

Kebanyakan batik Sulawesi Selatan memiliki warna cerah yang terang dan kinclong. Beberapa pengrajin mengambil warna dari tiga warna simbol kerajaan besar yang ada di Sulawesi Selatan, yaitu hijau, kuning dan merah yang melambangkan kerajaan Luwu, Bone dan Gowa. Ataupun batik Toraja dengan warna; hitam, merah, putih dan kuning.

Untuk pewarnaanya, beberapa masih menggunakan pewarna alami yang didapat dari tumbuhan dengan tehnik menumpuk diatas warna dasar dan beberapa lainnya menggunakan pewarna yang lebih modern dengan tehnik pencelupan.

Pada umumnya, selain batik Toraja yang menggunakan tehnik penumpukan warna tadi, pembuatan batik Sulawesi Selatan dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan yang dilakukan oleh pengrajin batik lainnya. Bahan-bahannya pun menggunakan bahan yang khusus digunakan untuk membuat batik, seperti penggunaan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain, ataupun pemisahan warna untuk gambar tertentu.

Tehnik wax-resist dyeing ini juga pernah berkembang di Toraja, dimana Toraja adalah wilayah Indonesia yang tidak terlansir pengaruh Hindu.

batik3batik1batik2

Bahan

Dewasa ini batik dibuat di atas bahan sutera, polister, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar hingga lilin tersebut meresap pada kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, dilakukanlan pelorotan atau pemasakan kain atau penggunaan cairan kimia untuk meluruhkan lilin.

Harga

Untuk harga sendiri batik Sulawesi Selatan memiliki harga yang beragam. Harga ditentukan dari bahan yang digunakan, tehnik pembuatan dan pewarnaan serta lamanya waktu pengerjaan batik tersebut. Kain batik cetak sutera, polister, rayon dan bahan sintetis lainnya dengan motif batik Sulawesi Selatan biasanya dibandroll dengan harga 100ribu-300ribu per meter, adapun batik tulis biasanya dibandroll dari harga 500ribu hingga jutaan perlembarnya.

Namun jangan khawatir, fariasi kain dan baju dengan motif batik Sulawesi Selatan yang harganya jauh lebih murah juga sudah diproduksi untuk kenyamanan kantong saat membekali diri dengan oleh-oleh dari Makassar XD.

11054399_10204414287058062_6976132230308085150_n

(Visited 11,447 times, 1 visits today)

About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Nuansa Batik Sulsel' have 7 comments

  1. July 29, 2015 @ 11:02 am Daengrusle

    Seni batik tulis sepertinya mmg milik bangsa2 nusantara sejak dulu, sejak mereka mengenal teknologi tenun, termasuk bugis makassar mandar toraja. Terimakasih sharingnya kk Unga

    Reply

    • August 2, 2015 @ 12:44 pm unga

      iyye, sama-sama Daeng Ruslee…

      Reply

      • October 26, 2015 @ 2:50 pm rafiqa

        kak unga boleh saya minta kontaknya , mau belajar lebih tentang batik sulawesi , saya rafiqa dari jawa tengah berikut kontak saya rafiqa.joe@gmail.com 082227133453

        Reply

    • October 20, 2015 @ 9:41 pm Fadly

      Senang bisa membaca artikel anda..
      Kalau boleh tau batik khas sulawesi selatan beli atau pengrajin nya dimana???
      Thanks befote

      Reply

      • October 5, 2016 @ 3:44 pm Istinana batik

        Terima kasih banyak atas ulasannya, saya sebagai salah satu produsen batik khas sulawesi selatan merasa senang sekaligus bangga.
        Untuk pemesanan bisa hub ISTINANA batik , 082189111128 (wa) atau line “istinana”.
        Untuk melihat koleksi kami via online ig @batiksulawesi atau fb “batik sulawesi”

        Reply

  2. July 26, 2016 @ 12:03 pm Riezky fitriani

    Batik sulsel bisa di beli dmn?

    Reply

    • October 5, 2016 @ 4:16 pm Istinana batik

      Untuk pemesanan bisa hub ISTINANA batik , 082189111128 (wa) atau line “istinana”.
      Untuk melihat koleksi kami via online ig @batiksulawesi atau fb “batik sulawesi”

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool