palu mara Sup Kepala Ikan

Nikmatnya Sup Kepala Ikan di RM Ulu Juku

Nikmatnya Sup Kepala Ikan di RM Ulu Juku
5 (100%) 1 vote

Berwisata kuliner di Makassar memang seakan tidak ada habisnya. Jika sudah puas berwisata kolesterol, saatnya berwisata kuliner yang lebih sehat. Wisata kolesterol yang dimaksud adalah wisata kuliner yang hidangannya berbahan utama daging, seperti coto, pallubasa dan konro (sop/bakar).

Wisata kuliner yang lebih sehat di sini adalah hidangan berbahan dasar ikan segar. Rumah makan yang menyajikan menu ini banyak dijumpai di sekitar Pantai Losari, yaitu Jl. Datu Museng dan Jl. Lamaddukelleng. Umumnya ikan segar di rumah makan seafood tersebut disajikan dengan cara dibakar maupun digoreng. Tentunya ditemani dengan aneka macam sambel khas Makassar.

Sup Kepala Ikan

Sensasi gurih dan segar dengan sentuhan rasa asam kuah sup kepala ikan akan terasa nikmat di lidah.

Namun jika ingin mencoba hidangan ikan segar yang berbeda, cobalah ke RM. Ulu Juku. Dalam bahasa Makassar, ulu juku berarti kepala ikan. Yah, di RM ini, berbagai olahan kepala ikan jadi hidangan andalan untuk tamu-tamunya.

Cikal bakal rumah makan ini sebenarnya adalah warung bakso yang didirikan tahun 2000. Namun karena kurang puas, akhirnya pendirinya berinovasi menyajikan kuliner khas Makassar yang berbahan dasar ikan. Seperti diketahui, Makassar terkenal hasil lautnya yang melimpah. Jadilah RM. Ulu Juku yang didirikan sejak tahun 2005 di Jl. Abd. Dg. Sirua. Sekarang RM. Ulu Juku menempati gedung sendiri berlantai 3 di Jl. Prof. Dr. Abdurrahman Basalamah (Ex. Jl. Racing Center) bersama dengan RM. Angkasa Nikmat dan Roti Daeng.

Bahan baku kepala ikan yang digunakan adalah kepala ikan kakap merah dan kakap putih kualitas ekspor. Kepala ikan kakap ini dipesan di pelelangan ikan atau dibeli di eksportir daging ikan kakap. Karena biasanya yang diekspor hanya dagingnya saja, kepalanya bisa dibeli sebagai side product. RM. Ulu Juku bisa menghabiskan 100 kg kepala ikan dalam sehari.

Sup Kepala Ikan

Suasana di dalam RM. Ulu Juku

Beberapa sajian kepala ikan yang jadi andalan RM. Ulu Juku di antaranya pallumara, pallukaloa, gulai dan sop kepala ikan. Walaupun demikian, untuk mereka yang tidak menyukai menu kepala ikan, tersedia juga menu lainnya seperti sate ikan dan ikan goreng fillet serta aneka menu ayam lainnya.

Pallumara adalah masakan ikan berkuah kuning bening yang didapat dari campuran bumbu berupa kunyit dan asam. Masakan ini sangat umum dijumpai dalam menu sehari-hari dalam keluarga Bugis-Makassar. Pallukaloa memiliki kuah agak kecoklatan dan menggunakan rempah yang bernama kaloa yang membuatnya menjadi lebih gurih. Sementara gulai kepala ikannya berkuah santan warna kuning dan ditaburi irisan bawang goreng. Kuah sup paling pas dinikmati ketika panas. Rasa segar akan terasa dengan sentuhan rasa asamnya. Sensasi gurih dan aroma laut dari irisan-irisan kepala ikan akan terasa nikmat di lidah.

Kepala ikan biasanya disajikan sudah dalam keadaan terbelah, sehingga bagian dalam kepala ikan yang empuk, termasuk tumpukan lemak yang bergizi tinggi dengan mudah didapat dengan sendok dan garpu. Walaupun kata orang sensasinya akan berbeda jika menggunakan tangan kosong sambil menghisap-hisap lemak yang menempel di tulang kepala ikannya.

Sup Kepala Ikan

RM. Ulu Juku dilihat dari depan, tempat parkir samping dan parkir basement, serta beberapa penghargaan yang telah diterima

RM. Ulu Juku yang beralamat di Jl. Prof. Dr. Abdurrahaman Basalamah No. 99A ini setiap hari ramai dengan pengunjung. Setiap waktu makan siang, baik pada hari kerja maupun hari libur, rumah makan itu selalu penuh sesak. Tempat parkir yang luas di lantai dasar (basement) memberi kenyamanan bagi pengunjung. Juga terdapat ruangan yang bisa digunakan untuk mengadakan jamuan makan maupun acara resepsi pernikahan.

Walaupun kuliner ulu juku masih kalah tenar dibanding coto, pallubasa dan konro, namun setidaknya kuliner ini bisa menambah warna baru kekayaan kuliner kota daeng. Jadi jika berkunjung ke Makassar, jangan lupa singgah mencicipi aneka hidangan kepala ikan khas kota ini.

(Visited 3,313 times, 2 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Nikmatnya Sup Kepala Ikan di RM Ulu Juku' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool