Ngeraba Suster, Penambah Stamina di Sungai Cerekang

Ngeraba Suster, Penambah Stamina di Sungai Cerekang
5 (100%) 2 votes

­Setelah menjalani serangkaian aktivitas seharian biasanya akan berpengaruhi pada daya tahan tubuh. Begitu juga jika menjalani serangkaian perjalanan wisata di Makassar yang bisa membuat stamina drop. Dengan demikian butuh asupan minuman penghangat badan untuk memulihkannya.

Jika di daerah Jawa terkenal dengan wedang dan bandrek, di Makassar minuman sejenis adalah sarabba. Sarabba adalah minuman khas dari Sulawesi Selatan yang juga menggunakan jahe sebagai bahan dasarnya. Yang membedakannya adalah sarabba menggunakan campuran gula aren dan santan yang membuatnya lebih kental serta tambahan beberapa macam rempah. Sebagai opsi lain, minuman ini juga biasa dicampur dengan susu dan atau telur ayam kampung yang masih mentah. Lebih mirip STMJ, namun tidak menggunakan madu tapi santan. Maka tak heran selain sebagai penghangat badan, minuman ini juga disebut sebagai minuman penambah stamina.

sarabba1

Sarabba, lebih nikmat disantap bersama ubi dan pisang goreng

Menikmati sarabba paling tepat di malam hari atau ketika cuaca dingin. Orang biasa menyebut akan ngeraba suster” (nge-sarabba susu telur) jika akan menikmati sarabba. Minuman ini ini biasanya ditemani aneka gorengan seperti pisang dan atau ubi goreng yang dicocol ke sambel. Di Makassar sendiri tidak sulit menemukan penjual sarabba karena banyak tersebar di berbagai penjuru kota. Namun jika ingin menikmatinya dengan santai bersama teman-teman, datanglah ke Jl. Sungai Cerekang (Sucer).

Jalan Sungai Cerekang sejak dulu terkenal sebagai tempat nongkrong untuk menikmati sarabba. Jalan ini memang identik dengan sarabba. Di sepanjang jalan yang menghubungkan Jl. Gunung Bawakaraeng dan Jl. Jend. M. Yusuf (Ex. Jl. Gunung Bulusaraung) tersebut, warung-warung menjadikan sarabba sebagai hidangan utama. Meja-meja panjang dan kursi-kursi plastik digelar seadanya di pinggir jalan, tanpa atap. Warung-warung tersebut mulai ramai ketika malam tiba, dan semakin larut makin bertambah ramai.

sarabba2

Meja panjang dengan kursi plastik, dan beratapkan langit (sumber: banyumurti.net)

Lokasinya yang terletak di tengah kota, tidak jauh dari lapangan karebosi, menjadikan Sucer mudah dijangkau. Lokasi ini pun berada di antara pusat-pusat pertokoan dan perkantoran. Tak heran jika banyak juga pekerja toko dan kantoran yang singgah bersama rekan-rekannya sekadar menghilangkan penat dengan menyeruput segelas sarabba sebelum pulang ke rumah masing-masing. Tempat ini pun kadang jadi lokasi janjian bertemu dengan teman-teman untuk bercengkerama sambil menikmati semilir angin malam Makassar ditemani secangkir sarabba dan sepiring ubi atau pisang goreng. Pengunjung yang ingin menikmati sarabba biasanya datang beramai-ramai. Makanya di malam hari jalanan ini sangat ramai dengan motor dan mobil yang parkir di seberang jalan, sangat kontras kondisinya dengan di siang hari.

sarabba3

Melepas lelah dengan menikmati sarabba bersama rekan kerja sepulang dari kantor (sumber: tictacprostudio)

Buat perantau asal Sulsel yang rindu dengan minuman ini, ada kabar gembira. Jika tidak bisa meracik sendiri, saat ini sudah banyak tersedia sarabba instant dalam kemasan sachet maupun botol. Walaupun rasanya tidak sama dengan sarabba asli, namun setidaknya bisa mengobati kerinduan dengan minuman yang juga bisa mengusir masuk angin ini.

sarabba-instant

Berbagai merek dan kemasan sarabba instant

Namun jika masih belum puas juga, bersabarlah sebelum pulang ke Makassar untuk ngeraba suster.

(Visited 1,448 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Ngeraba Suster, Penambah Stamina di Sungai Cerekang' have 2 comments

  1. June 26, 2015 @ 11:43 pm Made

    Suka judulnya *syalalalalala

    Sarabba juga suka

    Reply

  2. June 28, 2015 @ 12:17 am Cloudymous

    Kalau saya sukanya nda pakai telur, Om.

    Jadi ngeraba susu saja.

    Enak om ngeraba susu.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool