Ngabuburit di Pantai Losari

Ngabuburit di Pantai Losari

Ngabuburit di Pantai Losari
5 (100%) 1 vote

Ngabuburit yuk” ajakan seperti itu tiba-tiba terdengar sangat familiar di bulan Ramadan. Utamanya di kalangan anak-anak muda. Setelah sekian lama mendengarnya, saya baru tahu kalau ternyata istilah itu berasal dari bahasa Sunda yaitu burit yang artinya sore hari atau waktu menjelang sore hari.

Jadi ngabuburit adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang (buka puasa). Kadangkala diartikan juga menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas sambil menunggu waktu berbuka puasa. Waktu untuk ngabuburit dimulai setelah dzuhur sampai maghrib, tapi yang paling ramai adalah dari jam 4 sore hingga adzan maghrib menjelang.

Selain beribadah, beragam kegiatan bisa dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit ini. Ada yang cuma tidur-tiduran saja di rumah, membersihkan rumah, jalan-jalan, berkebun, main game, nonton tivi, baca buku, melakukan hobi craft, mengaji, memasak, bikin kue, ke mall, ke rumah teman dan sebagainya. Inti utamanya adalah menunggu waktu berbuka puasa.

Sebenarnya istilah ngabuburit ini sudah lama digunakan di daerah Jawa Barat tapi menjadi tren bagi muslim Indonesia setelah banyak ditayangkan dan disebut-sebut di media televisi.

tempat ngabuburit di makassar

Senja indah di Pantai Losari

Di Makassar sendiri ada banyak pilihan tempat menarik baik indoor maupun outdoor untuk ngabuburit bersama teman atau keluarga. Mulai dari bersantai di pinggir pantai, pelabuhan, danau ataupun memilih untuk ngabuburit di mall, semua bisa. Di antara ragam pilihan tersebut, Pantai Losari masih menjadi pilihan favorit untuk menunggu adzan maghrib. Umumnya sih, menjelang pukul 4 sore kawasan Pantai Losari sudah mulai ramai dengan pengunjung bak warga lokal maupun wisatawan.

Salah satu ikon Kota Makassar ini memang menawarkan keindahan yang mempesona bagi para pengunjungnya. Ruang publik yang gratis dan lokasi strategis menempel di jalan protokol merupakan kelebihannya. Keunikann lainnya adalah para pengunjung Pantai Losari bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam hanya dari satu posisi yang sama.

Terbenamnya matahari merupakan salah satu momen yang paling ditunggu di Pantai Losari, detik-detik di mana matahari tenggelam mulai dari perubahan warna langit hingga benar-benar hilang dari pandangan dan menyisakan semburat indah di cakrawala.

Ngabuburit di Pantai Losari

Ngabuburit di Pantai Losari

Selain hanya duduk-duduk menunggu sunset, para pengunjung juga biasanya foto-foto dan ngobrol-ngobrol bersama teman dan keluarga. Ada banyak spot foto menarik di sini misalnya di tulisan Pantai Losari, Makassar City, Bugis dan lain-lain, pun tersedia bangku tembok yang bisa dimanfaatkan untuk duduk santai.

Jangan khawatir dengan takjil untuk berbuka, di sekitar Pantai Losari ada banyak pedagang makanan dan minuman yang menyediakan hidangan berbuka puasa. Setelah berbuka puasa dan puas menikmati senja yang indah, kamu bisa bergeser ke masjid terapung Amirul Mukminin untuk menunaikan sholat maghrib. Masjid yang diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia ini merupakan salah satu ikon Pantai Losari dan dapat menampung sektar 500 jamaah.

masjid terapung makassar

Masjid Amirul Mukminin di Pantai Losari

Pada malam hari, jajaran penjaja kuliner menanti di sepanjang bibir pantai untuk memuaskan dahaga dan lapar setelah seharian berpuasa. Mulai dari penjual pisang epe di pinggir jalan, pisang ijo, sop konro, Coto Makassar, mie kering khas Makassar, bakso Sentosa, warung makan 99, resto cepat saji hingga resto The Level.

Jangan lupakan berbagai macam hidangan laut yang masih segar yang dapat dijumpai di jalan Datu Museng, kawasan wisata kuliner yang berada tepat di seberang pantai Losari.

**

Bagaimana dengan kamu, suka ngabuburit di Pantai Losari? Atau ada lokasi lain yang lebih asik untuk ngabuburit?

(Visited 170 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Ngabuburit di Pantai Losari' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool