Jejak Hutan Negeri Dongeng di Gunung Latimojong

Vote Us

Sulawesi Selatan memiliki banyak potensi wisata alam yang melimpah dari lautan hingga gunungnya yang mempesona. Kita mungkin sudah tidak asing ketika mendengar Pantai Losari, Kawasan Wisata Malino, Air Terjun Bantimurung, Batuan Karst Rammang-Rammang dan Gunung Latimojong. Berbicara tentang Gunung Latimojong yang merupakan puncak tertinggi di Sulawesi Selatan terdengar kabar bahwa disana terdapat sebuah hutan ala negeri dongeng.

Bicara soal gunung, ini ada gunung yang dijadikan tempat mengibarkan bendera merah putih. Baca di sini yuk

Hutan negeri dongeng? seperti apa sih?

Katanya nih hutan yang dimaksud ini mirip dengan hutan yang ada di film “Alice In Wonderland“. Buat kamu yang Movieholic pasti sudah terbayang kan. Kalau kamu penasaran ingin melihat keajaiban alam sembari uji nyali menaklukkan salah satu puncak tertinggi di Indonesia ini, silakan datang Gunung Latimojong.

Sekilas Tentang Gunung Latimojong

Are You Ready?

Gunung Latimojong adalah gunung paling tinggi di Sulawesi dengan ketinggian > 3.400 mdpl yang terletak di Kabupaten Enrekang. Perjalanan dari Makassar ke Enrekang berkisar kurang lebih 6 jam dengan menggunakan mobil. Oh iya, sedikit informasi tambahan, Gunung Latimojong ini bukanlah gunung api, jadi bisa didaki kapan saja tentunya sesuai prosedur keselamatan pendakian.

Untuk mendaki di Gunung Latimojong, kita harus melalui tujuh pos pendakian yang memiliki beberapa medan yang cukup berat untuk dilalui. Dalam perjalanan menuju puncak pun, kita mungkin akan menemui beberapa hewan endemik Sulawesi Selatan seperti Anoa atau Babirusa.

Oh ya, hutan di kawasan Latimojong ini termasuk hutan montana dengan kabut dan suasana lembap menjadi ciri khasnya. Dengan keadaan alam seperti ini, kawasan Latimojong merupakan tempat tumbuhnya hutan lumut yang sangat luas dan besar.

Akses Menuju Gunung Latimojong

Seperti yang sudah dijelaskan, perjalanan dari Makassar ke Enrekang menempuh perjalanan selama 6 jam. Kemudian dari pusat kota Enrekang perjalanan masih berlanjut selama satu jam menuju Kecamatan Baraka untuk melakukan izin pendakian ke Polres setempat. Setelah itu kita melanjutkan perjalanan kedua menuju Desa Karanan. Nah di desa inilah perjalanan menuju puncak Gunung Latimojong diawali.

Saatnya Memulai Pendakian

Ayo Sob, Jangan Menyerah! Pucuk Sudah Didepan Mata

Mengingat medan yang cukup berat dan perjalanan yang tidak singkat untuk mencapai puncak, disarankan bagi pendaki pemula yang datang ke sini harus didampingi oleh pendaki yang sudah ahli dan terampil. Karena jalur pendakian yang panjang dan beberapa bagian jalannya sangat susah, disarankan untuk melakukannya secara berkelompok agar jika terjadi sesuatu bisa diselesaikan dengan cepat dan baik.

Selama perjalanan akan ada tujuh pos yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Waktu tempuh untuk mencapai puncak berkisar 10-12 jam tergantung kemampuan masing-masing pendaki. Dan perlu diingat bahwa selama pendakian sumber mata air hanya tersedia di pos 2, 5 dan 7. Karena perjalanan cukup lama sebisa mungkin para pendaki untuk menghemat bekal dan menjaga peralatannya dengan baik.

Menelusuri Keindahan Hutan Lumut Ala Negeri Dongeng

Gunung Latimojong

Gaya Dikit Bolehlah di Hutan Lumut

Seperti yang telah di bahas di atas, hutan Latimojong berjenis montana atau hutan pegunungan yang banyak tertutup kabut sehingga membuat tumbuhan lumut mudah sekali tumbuh. Saat memasuki pos 6 ke 7, kamu akan melihat hamparan hutan luas yang pohonnya ditumbuhi lumut hijau di segala sisi.

Gunung Latimojong

Perhatikan Lingkaran Merah! Ihh Seram Yah

Dilihat dari manapun, kawasan ini terlihat seperti dunianya Alice in Wonderland. Kalau perhatikan dengan baik di sini terdapat beberapa lumut yang akan wujud seperti wajah di pohonnya. Di tempat ini kamu bisa beristirahat sejenak untuk mengambil foto. Manfaatkan momen ini karena tidak ada lagi tempat seperti ini di Sulawesi Selatan.

Saatnya Meraih Puncak Latimojong

Gunung Latimojong

Kita Sudah Sampai Nih! Kamu Kapan Sob

Dari pos enam menuju pos tujuh yang merupakan puncak Gunung Latimojong,kamu membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Perlu diingat kalau puncak Latimojong ini sangat dingin, bahkan suhunya mengalahkan puncak Semeru loh, sangat disarankan menggunakan pakaian yang hangat agar tubuh tidak mengalami hipotermia saat di puncaknya.

Saat berada di puncak Gunung Latimojong, pendaki akan menemui semacam tugu yang menandakan mereka berada di atas puncak. Ayo ambil kameramu dan kita berfoto bersama karena kita telah berhasil menaklukkan puncak tertinggi di Sulawesi Selatan ini.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Promo Tiket Pesawat, Paket perjalanan wisata, dan Bikin visa secara online

Demikianlah ulasan tentang Gunung Latimojong yang keindahan alamnya seperti negeri dongeng ala Alice in Wonderland. Apa kamu masih penasaran? Kalau iya, ayo ajak temanmu dan siapkan peralatan mendaki, mari kita sama-sama meraih puncak Gunung Latimojong. Jadi kapan nih kita berangkat?

(Visited 237 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'Jejak Hutan Negeri Dongeng di Gunung Latimojong' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool