Mencicipi Nasi Lemak di Makassar Ala Chicken Rice House

Mencicipi Nasi Lemak di Makassar Ala Chicken Rice House
3.7 (73.33%) 3 votes

Ada yang pernah coba nasi lemak di Makassar? Atau ada yang belum tahu apa itu nasi lemak? Akhirnya saya menemukan tempat makan nasi lemak di Makassar yang harganya terjangkau dan rasanya sesuai dengan selera. Saya memang menyukai nasi lemak sejak dulu, mungkin pengaruh saya pernah melewatkan masa kecil hingga remaja di Sumatera. Sayangnya agak susah menemukan nasi lemak sejak kami sekeluarga pindah ke Makassar, atau mungkin ada, hanya saja saya kurang informasi mengenai hal ini.

Nasi lemak adalah jenis makanan khas Suku Melayu yang lazim ditemukan di Malaysia di mana hidangan ini dianggap sebagai salah satu hidangan nasionalnya dan Indonesia (khususnya di Riau dan Kepulauan Riau). Hidangan ini pun dapat ditemukan di Singapura dan Brunei. Makanan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi. (wikipedia)

Penggunaan santan kelapa saat memasak nasi lemak memberi citarasa gurih di lidah. Itulah asal muasal pemberian kata nasi lemak merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan tersebut. Dalam Bahasa Melayu disebut lemak atau lamak dalam Bahasa Minangkabau. Banyak yang menganggap bahwa nasi lemak mirip dengan nasi uduk, makanan khas Betawi, sama-sama menggunakan santan dan rempah-rempah tertentu. Padahal jika dicermati, ada beberapa perbedaan mendasar antara nasi lemak Melayu dengan nasi uduk Betawi.

Yang pertama adalah aromanya. Aroma nasi lemak dihasilkan dari penggunaan kayu manis dan serai, sedangkan rempah nasi uduk Betawi lebih banyak lagi, menggunakan kayu manis, bunga pala, kayu manis, biji pala, serai, kapulaga, cengkeh dan lain-lain. Perbedaan lainnya adalah pada lauknya. Pengaruh Melayu pada nasi lemak dapat dilihat pada lauknya, ada rendang, telur dibelah dua, sambal blacan, ikan asin kering. Sedangkan nasi Indonesia dipengaruhi makanan Sunda, ada ayam goreng dan semur.

nasi lemak di makassar

Ikan teri kering, pelengkap nasi lemak

nasi lemak di makassar

Rumah Makan Chicken Rice House

Sekarang tak perlu jauh-jauh ke Malaysia untuk menikmati seporsi nasi lemak ayam berempah, karena nasi lemak di Makassar sudah bisa ditemukan di beberapa rumah makan. Salah satunya di Rumah Makan Chicken Rice House. Lokasinya terletak di Bumi Tamalanrea Permai (BTP), tepatnya di Ruko Grand Central BTP blok M nomor 9A, Tamalanrea. Jika agak bingung di mana lokasi persisnya, bisa menjadikan JILC BTP sebagai patokan. Dari arah gerbang BTP lurus saja ke dalam kompleks, Nah Chicken Rice House tepat di depan JILC dan samping Indomaret pertama.

Malam itu, dalam perjalanan pulang menuju rumah di Maros seusai berjumpa dengan seorang kawan, saya mengajak bunda babyjo untuk mampir makan malam di Chicken Rice House. Menu ala Malaysia dan Thailand menjadi menu utama di rumah makan tersebut. Sebelumnya saya sudah pernah berkunjung ke sana, saat mini reuni dengan teman-teman SMA dan saya suka makanannya. Mereka yang paling banyak berkunjung ke rumah makan ini memang mahasiswa Malaysia karena lokasinya dekat dari kampus UNHAS.

nasi lemak di makassar

Mari makannnnn

nasi lemak di makassar

Jangan sampai tertipu yaaa, ini tempat cuci tangan, bukan ceret air minum 😀

Chicken Rice House mengusung tagline menu bintang lima dengan harga kaki lima. Dari sini kita sudah bisa menebak, soal harga dan kualitas makanan yang ditawarkan oleh rumah makan ini. Ada beragam menu ala Malaysia dan Thailand yang bisa dicicipi, misalnya Aneka Nasi Goreng, Soup Tomyam Seafood dan Ayam, Nasi Ladna, Nasi Lemak Aneka Lauk, Nasi Ayam masak Berempah,  dengan harga mulai 16.000 rupiah. Juga beragam minuman misalnya the tarik, milo tarik, ice limau, es te manis laici dan lain-lain dengan harga mulai 8.000 rupiah.Selain itu, tersedia juga menu roti canai dan roti tisu dengan harga mulai 7.000 rupiah.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Booking tiket online, Bikin tiket passport online, dan Beragam paket wisata

Bagaimana, cukup terjangkau bukan? Soal rasa jangan ditanya lagi, silakan datang untuk mencicipi sendiri. Mau makan malam ataupun makan siang, tidak masalah karena rumah makan ini buka mulai jam 10 pagi hingga jam 10 malam hari. Jangan lupa ajak keluarga supaya lebih asik menikmati menu Malaysia dan Thailand ini. Selamat makan 🙂

(Visited 166 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Mencicipi Nasi Lemak di Makassar Ala Chicken Rice House' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool