nasi goreng merah khas makassar

Nasi Goreng Merah Khas Makassar

Nasi Goreng Merah Khas Makassar
4.8 (95%) 4 votes

Nasi goreng, makanan yang sangat familiar untuk setiap masyarakat di Indonesia. Dari satu resep nasi goreng kemudian berkembang menjadi beragam variasi nasi goreng yang lezat untuk disantap. Sebut saja nasi goreng kampung, nasi goreng bakso, nasi goreng seafood, nasi goreng ikan asin, nasi goreng mawut, nasi goreng telur, nasi goreng kecap, nasi goreng merah dan lain-lain.

nasi goreng merah khas makassar

Nasi goreng sangat mudah ditemukan. Di meja makan di rumah sendiri, gerobak tukang jualan keliling, warung tenda pinggir jalan, rumah makan, restoran, hingga meja prasmanan di pesta-pesta. Ini menandakan bahwa nasi goreng merupakan makanan yang bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat dan tidak mengenal batasan kelas sosial.

Mengenai rasanya, jangan ditanya lagi. Pada tahun 2011, CNN International mengadakan sebuah polling internet tentang daftar ’50 Makanan Terlezat di Dunia’ yang diikuti oleh 35 ribu orang, dan hasilnya menempatkan nasi goreng di urutan ke dua setelah rendang.

**

Dari sekian banyak variasi olahan nasi goreng, salah satu yang populer adalah nasi goreng merah khas Makassar. Berbeda dengan nasi goreng umumnya yang berwarna kecoklatan, nasi goreng ini berwarna merah menyala karena pemakaian pasta tomat yang memang hanya dijual di Makassar.

Nasi goreng merah sudah menjadi salah satu hidangan kuliner khas Makassar. Awalnya menggunakan bahan-bahan yang banyak digunakan kalangan masyarakat Chinese di Makassar. Karena itulah nasi goreng ini tersedia dalam dua versi yaitu halal dan non halal.

Bumbu utama nasi goreng merah khas Makassar menggunakan bawang putih, sedikit merica, garam secukupnya dan pasta tomat yang banyak hingga mendapatkan warna merah yang diinginkan. Bisa juga menambahkan cabai merah jika ingin rasa yang pedas.

nasi goreng merah khas makassar

Jangan membayangkan rasanya akan asam dengan adanya penambahan saos tomat ini. Untuk yang pertama kali mencoba, mungkin akan merasa ngeri melihat penampakannya yang berwarna merah. Citarasanya terasa khas dan berbeda dengan nasi goreng lainnya, rasa gurih cenderung manis dan sedikit pedas yang menyatu dengan rasa saos tomat yang dominan.

Nasi goreng merah ini akan semakin sedap dengan tambahan udang, daging ayam, sosis, bakso dan telur. Disajikan dengan taburan bawang goreng wangi dan irisan mentimun sebagai pelengkapnya. Uniknya, akan selalu ada potongan jeruk nipis yang menyertai. Peras jeruk nipisnya di atas nasi goreng dan tambahkan lombok kuning, barulah disantap. Sedap!

Porsinya terbilang banyak dan mampu mengenyangkan perut jika disantap dalam keadaan lapar. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa porsi nasi goreng merah khas Makassar ini bisa dimakan untuk dua orang.

**

Untuk kamu yang sedang menjelajah kota Makassar, jangan lupa masukkan nasi goreng merah khas Makassar dalam list wisata kulinermu yaa. Tapi hati-hati bagi yang muslim, mesti cek dan ricek dulu karena beberapa rumah makan memang menyediakan nasi goreng merah non halal. Happy hunting!

(Visited 3,065 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Nasi Goreng Merah Khas Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool