mini showfarm Bantaeng

Jalan-Jalan ke Mini Showfarm Bantaeng

Jalan-Jalan ke Mini Showfarm Bantaeng
4 (80%) 1 vote

Kabupaten Bantaeng memang menyimpan sejuta pesona. Sebagai salah satu primadona baru dalam dunia pariwisata di Sulawesi Selatan, keindahan wisata alam yang ditawarkan kabupaten ini sungguh menggoda untuk dijelajahi mulai dari pegunungan, air terjun, perkebunan, waduk hingga pantai.

Sebenarnya saya belum pernah secara khusus berkunjung ke Bantaeng dalam rangka liburan atau berwisata. Akan tetapi saat menghadiri pernikahan seorang teman terbaik di Kabupaten Jeneponto bersama beberapa teman lainnya di bulan September tahun lalu, kami mendapat bonus jalan-jalan ke salah satu tempat wisata di Bantaeng yaitu Taman Bunga Mini Showfarm Bantaeng.

Cerita perjalan sehari di Jeneponto bisa dibaca di sini

mini showfarm bantaeng

Hari masih pagi saat mobil kami melaju ke arah Bantaeng. Udara segar dan bersih mengisi paru-paru, hal yang amat sulit didapatkan di perkotaan. Warna hijau menghampar sepanjang perjalanan dari Desa Rumbia – Jeneponto menuju ke Desa Bonto Marannu – Bantaeng. Di kiri jalan adalah hamparan persawahan dan di kanan jalan adalah perkebunan dengan tanaman kentang, sawi, kol, daun bawang ataupun wortel. Sesekali rumah panggung atau rumah batu tampak di pinggir jalan.

Setelah menempuh kurang lebih sejam, akhirnya kami tiba juga di Mini Showfarm Bantaeng. Taman bunga ini berlokasi di Kampung Bangkengbonto, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Ulu Ere, sekitar 23 kilometer dari pusat kota Kabupaten Bantaeng.  Cuaca sejuk cenderung dingin menyergap saat saya turun dari mobil. Seorang bapak-bapak menghampiri dan menyapa dengan ramah. Tiket masuk taman ini terjangkau, hanya Rp 5 ribu per orang.  Setelah membayar tiket untuk semua anggota rombongan, semua berpencar mencari spot yang paling disukai untuk foto-foto.

taman bunga mini showfarm bantaeng

Sesuai namanya, Mini Showfarm adalah sebuah taman bunga yang memiliki beragam koleksi bunga berbagai spesies, family, bentuk dan warna.  Sebagian bunga sedang bermekaran saat kami datang berkunjung, salah satu yang paling mencolok adalah bunga Masamba. Ada satu lokasi yang sangat saya sukai di mana bunga Masamba bermekaran dengan indahnya, warnanya mulai dari hijau, ungu dan semu pink.

Bunga Masamba atau disebut juga Bunga-Bunganna Masamba adalah tanaman bunga yang tumbuh secara liar  menghiasi halaman rumah warga Masamba dan menjadi ikon Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Keindahan bunga ini sudah tersohor karena memiliki keunikan yaitu bunganya dapat mengalami perubahan warna hingga tiga kali mulai dari ungu, hijau dan pink. Bunga-Bunganna Masamba juga bermakna menggambarkan keelokan dan kecantikan wajah gadis-gadis Masamba.

mini showfarm bantaeng

Konon, tanaman bunga Masamba ini tidak dapat tumbuh di luar daerah Masamba dengan baik. Bunga Masamba atau Bunga-Bunganna Masamba hanya bisa tumbuh di daerah Masamba saja. Belakangan adalagi yang menyebutkan bahwa bunga ini bisa tumbuh di daerah lain bila menggunakan tanah dari daerah Masamba. Entahlah mana yang benar hehehehe. Yang jelasnya, kini Bunga Masamba ini sudah dibudidayakan juga di Mini Showfarm Bantaeng dan tumbuh berkembang dengan baik menghiasi taman bunga ini.

Selain bunga Masamba, masih banyak koleksi tanaman lainnya di taman bunga ini. Di bagian tengah ada kolam melingkar dengan tanaman air. Lalu di bagian belakang tulisan “Mini Showfarm” ada tenpat pembibitan tanaman dan sebuah rumah kaca. Setelah capek berkeliling, bisa istirahat sebentar di sebuah gazemo yang ada di pojok taman bunga.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Mencari taman yang luas dan penuh dengan bunga berwarna warni saat ini mungkin sulit ditemukan di daerah perkotaan. Adapun taman di tengah kota, luasnya tidaklah seberapa dan belum tentu tertata dengan baik. Untuk menemukan taman yang luas dan penuh bunga solusinya adalah dengan mengunjungi sebuah daerah yang jauh di perkotaan.

Nah salah satunya adalah Taman Bunga Mini Showfarm Bantaeng ini, jangan terlewatkan ya jika sedang berkunjung ke Bantaeng. Meskipun tidaklah luas tapi bisa banget menjadi alternatif wisata keluarga di Bantaeng. Mengajarkan kepada anak tentang tanaman bunga, keindahan alam, sejuknya udara dan jangan lupa untuk menyelipkan pesan-pesan kepada anak agar menjaga alam. Nah destinasi wisata selanjutnya setelah dari taman bunga ini adalah Loka Camp dan Kebun Wisata Muntea. Selamat berlibur.

(Visited 345 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Jalan-Jalan ke Mini Showfarm Bantaeng' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool