Minas : Minuman Khas Sinjai

Minas : Minuman Khas Sinjai
5 (100%) 1 vote

Tak dapat dipungkiri lagi, jika Sinjai menyimpan segudang potensi kekayaan alam. Kabupaten yang berada di sebelah timur kota Makassar ini mempunyai keindahan laut dan jejeran pulau-pulau serta jejeran hutan mangrove yang berjejer rapi sepanjang garis pantai Sinjai.  Hutan mangrove ini menjadi salah satu hutan mangrove terpanjang di Indonesia.

Sinjai memang unik karena mempunyai topografi yang terdiri dari perpaduan pegunungan dan laut. Ingin merasakan sensasi hasil laut, menikmati sayur mayur yang segar dan mencoba sensasi durian montong yang segede gaban serta aneka buah-buahan segar lainnya, maka jawabannya adalah “Ayo Jalan-Jalan ke Sinjai”. Semua ada. Komplit!

Dari potensi-potensi yang dimiliki Sinjai maka tidak salah jika kabupaten ini mempunyai kekhasan tersendiri. Bukan saja potensi objek wisata sejarah dan budaya, pun wisata kuliner mempunyai tempat tersendiri. Kuliner tentu topik yang paling menarik untuk dibahas. Ada semacam quote yang mengatakan “berkunjung ke Sinjai jika tidak berwisata kuliner ke TPI Lappa, maka ia belum sah menginjakkan kakinya di Sinjai”.

20140708_222158

Minas

Salah satu kuliner yang khas dari Sinjai adalah Minas. Minas ini merupakan minuman khas Sinjai yang mempunyai keunikan tersendiri. Sejarah tentang keberadaan Minas ini diperuntukkan sebagai minuman penyegar dan penghangat tubuh bagi nelayan yang turun melaut. Pada awalnya, Minas diproduksi oleh ibu-ibu nelayan yang berdomisili di sekitar Tempat Pelelangan Ikan Lappa atau lebih terkenal dengan julukan TPI Lappa.

Minas mempunyai rasa yang unik. Terbuat dari  tape singkong, susu, madu, telur, air kelapa dan beberapa racikan lainnya. Pun proses pembuatannya sangat mudah. Semua bahan dicampur dan dihaluskan, bisa menggunakan blender kemudian disimpan di lemari es atau freezer, dan minuman pun siap untuk dikonsumsi.

Di Sinjai, tempat yang terkenal sebagai produsen Minas adalah di daerah Bongki. Meskipun mudah dan praktis membuatnya, tapi rasanya berbeda dengan yang membeli langsung di produsennya. Karena menurut mereka ada resep rahasia yang tidak pernah dipublish untuk umum. Rahasia inilah yang membuat racikan Minas buatan mereka mempunyai rasa tersendiri dan khas dari yang lain.

Setiap ada teman atau kerabat yang berkunjung ke Sinjai, hal pertama yang mereka tagih adalah Minas. Meski ada beberapa yang menolak secara halus karena merasa aneh melihat penampakan minas yang warnanya kuning mencolok.

Tapi setelah mencoba sedikit demi sedikit akhirnya mereka bisa menikmatinya. Ada sensasi tersendiri ketika meminumnya. Karena minas ini mempunyai efek yang luar biasa sehingga disebut sebagai minuman penambah stamina dan digelari Irex oleh masyarakat setempat.

IMG_20140914_173300

Minuman Khas Sinjai

Awalnya minas ini diperuntukkan hanya untuk para nelayan yang akan melaut tetapi sekarang ini minas sudah menjadi minuman khas dari Sinjai. Pun pemasarannya sudah meluas. Tak hanya di Sinjai, Minas kini dipasarkan hingga ke Makassar. Bahkan saya pernah membawa minuman ini ke Jakarta sebagai ole-ole. Tentunya membawanya dengan menyimpannya di cooler box agar bisa awet selama di perjalanan. Repot memang tapi demi menyenangkan kerabat 🙂

Minas tidak mengandung bahan pengawet sehingga hanya tidak tahan lama untuk disimpan berlama-lama. Jika disimpan dalam freezer hanya maksimal bisa bertahan selama seminggu. Tetapi jika disimpan hanya di kulkas maksimal bisa dikomsumsi sampai tiga hari.

Jika ingin merasakan sesansinya menikmati Minas yang segar, paling pas jika dinikmati pada saat malam hari dengan cuaca dingin yang menusuk. Apalagi ditemani dengan ikan bakar di TPI Lappa. Pastinya akan semakin nendang rasanya. Slurrpppp

(Visited 657 times, 2 visits today)


About

Perempuan Biasa, Pentjinta Kuliner, Tukang Jalan, Penikmat dan Pemburu Senja. Kadang ngeblog di http://irhapunya.net


'Minas : Minuman Khas Sinjai' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool