Mie Titi Makassar

Mie Titi, Mie Kering dari Makassar

Mie Titi, Mie Kering dari Makassar
Vote Us

Liburan panjang akhir semester akan segera tiba. Mari kita mulai merencanakan perjalanan liburan ke Makassar. Di Makassar kalian akan menemukan berbagai macam kuliner khas. Mungkin kuliner tersebut sudah mulai ada di daerah kalian, tapi tentu rasanya berbeda dengan yang ada di daerah asalnya sendiri yaitu Makassar.

Kali ini saya akan mengenalkan makanan khas Makassar yang bernama mie titi. Apakah kalian sudah mengenal mie titi? Mie titi adalah mie kering yang disiram oleh kuahnya yang kental. Didalam sepiring mie titi ini biasanya disajikan  sayuran, potongan tebal daging ayam, dan bakso goreng. Biasanya kuah kentalnya tadi sudah dicampur terlebih dengan sayuran, dan potongan tebal daging ayam, lalu kuah tersebut disiram diatas mie kering dan potongan bakso goreng. Kuah kental ini sebenarnya dihasilkan dari campuran tepung pengental kuah dan telur. Kalau kalian beruntung, maka kalian juga akan menemukan beberapa udang pada piring pesanan mie titi kalian. Selain itu orang-orang di Makassar juga agak suka dengan makanan yang kecut, sehingga disetiap porsi mie titi ini selalu diberikan pula beberapa iris jeruk nipis. Tentu ini bisa ditambahkan pada mie titi tergantung selera orang yang ingin menikmatinya. Pembeda mie titi di Makassar terasa berbeda dengan mie titi ditempat lain karena rumah makan yang menjual mie titi di Makassar selalu menyajikan cabe rawit kecil yang telah direndam dengan air cuka sehingga sensasi pedas kecutnya lebih khas. Harga seporsi mie titi terbagi dua, untuk porsi besar harganya 25 ribu, dan untuk porsi kecilnya 22 ribu. Selisih harganya memang tipis, tapi kalau sudah diatas piring kita sebagai konsumen lebih diuntungkan dengan porsi besar. Isi porsi kecil mie titi tergolong sedikit, makanya jarang ada yang memilih porsi ini.

Mie Titi

mie titi

Mie titi itu penampakannya seperti gambar diatas. Sangat menggiurkan, bukan? Di Makassar ada tiga rumah makan yang menjual mie titi dengan rasa enak.  Jika kalian mengunjungi Makassar maka kalian bisa mengunjungi rumah makan Mie Titi, Mie Awa, dan Mie Hengki. Menu mie titi di ketiga rumah makan ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin mencoba menu mie titi dari Makassar. Banyak orang yang mengatakan mie titi di Mie Titi itu lebih enak, tapi ada juga yang mengatakan mie titi di Mie Awa dan Mie Hengki itu enak. Tentu lidah dan selerah orang berbeda-beda, makanya penilaian rasa enak bagi masing-masing orang tersebut juga berbeda. Namun, bagi saya rasa mie titi di Mie Titi itu yang lebih enak karena sudah pas dilidah saja. Entahlah, mungkin ini seperti orang yang sedang jatuh cinta, kalau sudah suka akan susah untuk berpindah. Menurut orang-orang manajemen juga ini adalah salah satu bentuk loyalitas konsumen. Silahkan menilai sendiri mie titi di rumah makan mana yang rasanya pas pada lidah kalian.

Lombok moe titi

Lombok moe titi yang telah direndam air cuka

LIBURAN MURAH KE MAKASSAR

Alasan mie titi di ketiga rumah makan tadi tergolong enak karena ketiga pemilik rumah makan tersebut masih bersaudara, sehingga menu-menunya masih tergolong original. Pencipta menu mie titi dulu konon bernama Titi, sehingga mie kering yang diciptakan itu sering orang-orang menyebutnya mie titi, dan rumah makan yang menjualnya itu juga dinamakan Mie Titi. Anak-anak dari Titi pun akhirnya membuka rumah makan dengan menu yang sama dengan nama rumah makan yang berbeda.

Mie titi baru salah satu menu kuliner yang khas dari Makassar. Saat kalian sedang liburan ke Makassar masih banyak menu-menu kuliner lainnya yang akan membuat kalian bingung dan berkata “saya harus mencicipi menu yang mana terlebih dahulu?”.

(Visited 4,492 times, 1 visits today)


About

Saya adalah salah seorang penggiat social media di Makassar. Aktif memanfaatkan social media sejak tahun 2012. Berusaha memanfaatkan social media lebih dari media pertemanan.


'Mie Titi, Mie Kering dari Makassar' have 1 comment

  1. July 14, 2015 @ 7:06 am TonjaKGarvis

    Very great post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I have truly loved browsing your blog posts.

    In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool