perayaan imlek di Makassar

Meriahnya Perayaan Imlek di Makassar

Meriahnya Perayaan Imlek di Makassar
5 (100%) 1 vote

Beberapa hari terakhir ini, hujan deras sering sekali mengguyur kota Makassar. Biasanya sih ada yang berujar, “wah sudah dekat Imlek dan hujan juga makin deras, pertanda rejeki orang Tionghoa makin melimpah tahun ini”. Tahun Baru Imlek selalu identik dengan lampion, kue keranjang, ang pao dan hujan! Memang, dalam tradisi masyarakat Tionghoa, hujan dimaknakan sebagai pembawa keberuntungan. Semakin besar hujan yang turun maka semakin besar pula rejeki yang akan datang.

Etnis Tionghoa datang secara bertahap ke Makassar dan sekitarnya pada masa Dinasti Tang, abad ke-15. Umumnya mereka berasal dari Propinsi Fulien dan Quan Dong. Pada awal mulanya, mereka datang untuk berdagang sebelum akhirnya menetap di daerah pesisir pantai. Bersama kedatangannya ke Makassar, mereka juga membawa tradisi dan ciri khasnya dari kampung asalnya.

Cap Go Meh di Makassar

Bertahun-tahun yang lalu saya beberapa kali turut dalam kemeriahan puncak perayaan Imlek di Makassar yang biasanya berpusat di jalan Sulawesi atau jalan Sangir yang memang merupakan kawasan Pecinan Makassar. Bersama beberapa teman dari Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri, kami janjian untuk hunting foto di malam puncak acara Cap Go Meh di Makassar. Siangnya ada karnaval budaya tapi karena panas matahari Makassar yang tidak bersahabat, akhirnya kami memutuskan untuk datang di malam hari saja.

Sepanjang jalan Sulawesi atau Sangir  akan ditutup mulai jam 10 pagi, ada tenda dipasang di sepanjang jalan yang berjualan makanan, minuman, aksesoris dan permainan adu ketangkasan, ada panggung besar dan kecil, serta beragam atraksi dan hiburan budaya untuk menghibur para pengunjung misalnya barongsai dan tari-tarian.

Lampion merah bergantungan dan lampu warna merah memancarkan cahaya dari Kelenteng, memang perayaan ini selalu identik dengan warna merah.. Atraksi Barongsai di Kelenteng Xian Ma menyajikan perpaduan energik dari suara tabuhan dan gerakan para penari barongsai. Kami-kami yang memang datang untuk hunting foto tentu saja tidak melewatkan momen menarik ini.

Cap Go Meh di Makassar

Cap Go Meh melambangkan hari ke 15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Berasal dari bahasa Hokkian yaitu yaitu Cap – Sepuluh; Go-Lima; dan Meh – Malam. Jadi perayaan tahun baru Imlek sebenarnya berlangsung selama 15 hari di mana Cap Go Meh yang merupakan bulan purnama pertama di tahun yang baru juga sekaligus sebagai puncak dari perayaan Tahun Baru Imlek.

Perayaan Cap Go Meh di Makassar diadakan rutin hampir setiap tahunnya. Mengapa hampir? Karena di perayaan Imlek tahun 2016 yang lalu, perayaan Cap Go Meh ditiadakan meskipun event Jappa Jokka tetap diadakan di jalan Sulawesi. Nah, di tahun 2017 ini ada empat event besar yang diadakan oleh warga etnis Tionghoa di Makassar untuk meramaikan perayaan tahun baru Imlek 2568.

  • Bai Nian, yaitu acara silaturahmi warga atau open house setelah Imlek yang diadakan pada hari Minggu, 29 Februari 2017 di restoran Bambuden, Jalan Latimojong. Acara ini akan digelar Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) kota Makassar.
  • Malam Satu Hati, yaitu malam ramah tamah Imlek yang menghadirkan beragam seni Tionghoa sebagai hiburan untuk warga Tionghoa. Acara ini diadakan oleh Komunitas Pemerhati Budaya Tionghoa Indonesia.
  • Dialog Kebangsaan, yang digelar oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Sulsel.
  • Perayaan Cap Go Meh, atau Jappa Jokka di malam 15 Imlek penanggalan Tionghoa, yang akan diadakan di sepanjang Jalan Sulawesi sebagai kegiatan penutup Imlek.
Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata

Ada banyak sekali promo ataupun diskon yang digelar oleh pusat perbelanjaan dan hotel menjelang perayaan tahun baru Imlek 2568 ini. Misalnya saja untuk Hotel Melia Makassar yang menawarkan paket khusus tahun baru Imlek untuk mereka yang memesan kamar di tanggal 27 Januari. Lain lagi dengan Four Points by Sheraton Makassar yang menyiapkan promo Chinese New Year Eve Set Menu di Golden Asian yang terletak di lantai 2 hotel tersebut.

Demikian pula dengan Trans Studio Mall, salah satu pusat perbelanjaan besar di Makassar, tidak mau kalah menawarkan program belanja untuk bagi para pengunjung setianya yaitu “Pohon lucky angpao” selama periode bulan Januari 2017 serta “Shop , win & drive” selama periode 1 desember 2016 – 31 maret 2017.

Jadi untuk kamu yang sedang berada di Makassar di pada tanggal 28 Januari hingga 15 hari ke depannya, jangan lewatkan meriahnya Cap Go Meh di Makassar ya. Yuk merapat ke kawasan Pecinan di Makassar menyaksikan beragam atraksi menarik.

(Visited 785 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Meriahnya Perayaan Imlek di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool