Kawasan Wisata Malino

Menyusuri Sendi-Sendi Jalan Poros Malino

Vote Us

Apa kabar, sob? Bagaimana akhir pekan kalian kali ini? Sudah berapa destinasi wisata di Makassar yang sudah sobat kunjungi, bagaimana cukup menarik, kan? Selain terkenal dengan Pantai Losari-nya, Makassar punya juga lho tempat wisata favorit di pegunungan. Ada yang sudah tahu? Benar, Malino Kota Kembang.

Malino terletak di Kabupaten Gowa atau sekitar 4 jam perjalanan jika menggunakan kendaraan roda empat dari Kota Makassar. Malino ini terkenal karena punya banyak sekali destinasi wisata mulai dari hutan pinus, taman bunga, kebun strawberry, kebun teh, air terjun dan lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Nah, kali ini saya tidak akan bercerita tentang Malino tapi lebih kepada menikmati perjalanan menuju Malino. Sudah tahu, kan? Untuk mencapai kawasan wisata Malino kita harus melewati perjalanan panjang di Jalan Poros Malino. Biar perjalananmu tidak membosankan dan jenuh, yuk mampir di beberapa tempat berikut ini yang tidak kalah menariknya dari Malino.

1. Taman Syekh Yusuf Discovery

Wisata Malino

Taman Syekh Yusuf Discovery

Yang pertama yang wajib dikunjungi ketika sampai di Kabupaten Gowa adalah taman Syekh Yusuf Disxovery. Letaknya berada di jalan Poros Gowa sebelum jalan Malino dan berdiri langsung di depan Kantor Bupati Gowa. Di taman ini sudah mulai banyak penambahan fasilitas terutama renovasi tamannya yang malah bikin nyaman. Waktu terbaik datang ke tempat ini saat hari minggu karena bertepatan dengan Car Free Day.

2. Kompleks Istana Balla Lompoa

Malino

Kompleks Istana Balla Lompoa

Maju sedikit dari Taman Syekh Yusuf, sobat akan melihat Kompleks Istana Balla Lompoa, lokasinya tepat di pinggir jalan Poros Gowa. Di dalamnya terdapat dua bangunan sejarah bekas peninggalan Kerajaan Gowa di antaranya Istana Tamalate sebagai tempat tinggal raja-raja Gowa dan juga Museum Balla Lompoa yang di dalamnya berisi dokumen-dokumen dan barang antik Kerajaan Gowa.

3. Jembatan Kembar Sungguminasa

Malino

Jembatan Kembar Sungguminasa

Lepas dari Kompleks Balla Lompoa, kita akan menuju Jalan Malino yang berada di perempatan Kota Sungguminasa. Tapi sebelum masuk di Jalan Malino kita akan melihat jembatan yang menjadi landmark Kota Sungguminasa. Kalau sobat melakukan perjalanan di malam hari, pesona jembatan kembar ini akan nampak lebih indah dengan gemerlap cahaya di sepanjang jembatan.

4. Danau Mawang

Malino

Memancing Ikan di Danau Mawang

Akhirnya kita masuk di Jalan Malino. Nah, inilah jalan akan membimbing kita menuju kawasan wisata Malino. Sebelum menuju ke sana, pertama kita akan bertemu dengan danau mawang di Desa Mawang. Letaknya berada di sebelah kiri Jalan tapi danau ini tertutup oleh permukiman warga. Untuk menuju danau mawang, sobat cukup berjalan sekitar 500 meter jika ingin melihat danau ini. Selain danau, di sebelah utara terdapat sebuah telaga kecil yang cukup cantik karena air dari telaga ini masih terlihat jernih dan biru.

5. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

Malino

Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

Tidak jauh dari Danau Mawang sekitar 1 Km kita akan melihat Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin di sebelah kanan Jalan Malino. Meskipun hanya sekedar kampus, tapi jangan salah. Kampus ini tetap jadi primadona ketika berfoto. Desain bangunan yang futuristik dan suasana yang sejuk akan membuat background di fotomu jadi lebih elegan.

6. Wisata Kebun Gowa

Malino

Wisata Kebun Gowa

Buat sobat yang suka suasana natural, tidak ada salahnya mampir di wisata kebun buah yang terletak di Kecamatan Bontomarannu. Lokasinya cukup strategis berada di pinggir Jalan Malino jadi tidak akan sulit untuk ditemukan. Untuk harga tiket cukup terjangkau hanya Rp. 25.000 maka sobat bisa menikmati suasana dan fasilitas di wisata kebun buah ini. Wisata kebun ini menyajikan suasana ekowisata dimana kita bisa belajar berkebun dan juga terdapat sebuah kolam ikan dimana kita bisa memancing. Dan buat yang hobi off road, di taman ini juga menyediakan sebuah motor ATV untuk berkeliling kebun.

7. Bendungan Bili-Bili

Malino

Pintu Gerbang Bendungan Bili-Bili

Selain punya danau yang cukup besar, ternyata Gowa punya bendungan yang tidak kalah menarik. Namanya bendungan Bili-bili yang berada di Desa Bili-bili persis di sebelah kanan Jalan Poros Malino. Jadi sepanjang perjalanan sobat akan disuguhi pemandangan yang eksotis jadi perjalanmu tidak akan terasa suntuk.

8. Air Terjun Parangloe

Malino

Air Terjun Parangloe

Tidak jauh dari Bendungan Bili-bili, terdapat air terjun yang tidak kalah cantiknya namanya Air Terjun Parangloe. Letaknya di Kecamatan Parangloe masih sejalur dengan Jalan Poros Malino. Tapi buat sobat yang berniat datang ke air terjun Parangloe harus rela menempuh perjalanan sekitar 3 Km dengan berjalan kaki. Jadi bagaimana sob? Sayangnya saat ini air terjun Parangloe sedang ditutup untuk umum menyusul banyaknya kejadian pegunjung yang celaka di air terjun ini.

9. Hollyland Replica Park

Malino

Hollyland Replica Park

Berbicara tentang rumah Belanda, pasti identik dengan bangunan tua jaman kolonial. Ternyata di Gowa juga ada lho, letaknya juga sejalur dengan Jalan Poros Malino, namanya Hollyland Replica Park, rumah dengan gaya arsitektur belanda ini adalah objek wisata baru di Gowa, sudah banyak pengunjung yang datang kesini. Ayo buruan jangan sampai ketinggalan melihat sensasi hunian jaman dulu.

Itulah beberapa sendi-sendi yang membuat nadi Jalan Poros Malino makin berwarna. Jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi salah satu di antara atau kalau bisa semuanya biar ceritamu makin beragam. Selamat berakhir pekan dan tetap jaga kebersihan lingkungan dimanapun kita berada.

Keterangan: foto dari berbagai sumber

Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 996 times, 2 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'Menyusuri Sendi-Sendi Jalan Poros Malino' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool