Jejak Manusia Purbakala di Sumpang Bita Sulsel

Menyusuri Jejak Manusia Purbakala di Sumpang Bita Sulsel

Vote Us

Aktivitas susur gua kegiatan yang memiliki sensasi tersendiri karena di dalam gua anda akan merasakan suasana  yang tidak pernah anda temukan dimanapun. Wisata gua tidak terlalu populer dikalangan wisatawan lokal maupun internasional dibandingkan dengan wisata pantai atau pun wisata jenis lainnya. Salah satu penyebabnya karena lokasi wisata gua biasanya sulit di tempuh serta  desain bagian dalam gua yang selalu tidak ada perubahan sejak pertama kali ditemukan demi menjaga keaslian gua. Namun bagi orang yang paham akan estetika dan suka mencari jejak kehidupan masa lalu justru mencari jenis wisata ini

Bila anda mencari Wisata Makassar yang berupa goa maka anda dapat  mengunjungi taman purbakala sumpang bita . Objek wisata ini terletak tepatnya di kabupaten Pangkep, Kecamatan balocci, Desa sumpang bita terdapat kawasan wisata gua yang disebut Sumpang Bita

Taman Purbakala di Sumpang Bita Sulsel

Foto: celebes-tourism

Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan perjalanan 2 jam dari kota makassar menggunakan bis, mobil pribadi maupun motor karena jarak dari kota Makassar hanya 55 km. Walaupun perjalanan cukup jauh untungnya jalanan yang akan  dilalui sudah sangat baik sehingga anda dapat tiba di tempat tempat wisata simpang bita yang berada pada  pada ketinggian 280 mdpl ini dengan lebih cepat.

Nama sumpang bita berasal dari padanan kata sumpang dan bita dimana sumpang artinya pintu dan bita artinya kampong. Dahulu goa ini ditempati oleh orang – orang toala artinya orang yang tinggal di hutan. Gua ini akhirnya ditemukan pertama kali pada tahun 1902 oleh orang kebangsaan swiss bernama Friss dan Paul Sarassin.

Bila pertama kali datang ke tempat ini anda akan merasakan perjalanan yang jauh dan melelahkan, namun saat memasuki gerbang simpang bita semuanya akan hilang dengan suguhan taman – taman yang tertata rapi dan sangat indah, terdapat batu – batu yang tersusun, tempat ini sudah dikelola dengan baik oleh pihak pemerintah demi kenyamanan pengunjung.

taman sumpang bita

Foto: youchenkymayeli[dot]blogspot[dot]com

Setelah membayar tiket masuk dan mengisi daftar tamu anda dapat melanjutkan perjalanan menuju gua yang terletak di atas gunung. Jika anda ingin naik ke gua tersebut mintalah petugas untuk mengantar anda menuju gua. Perjalanan dari bagian taman menuju ke gua harus melalui tangga 1000. Tangga ini sangat terkenal di tempat ini. Anak tangga bersusun sangat banyak sekali dimana jarak antara anak tangga sekitar 50 cm untuk memudahkan naik ke atas gunung. Di jalan ini anda harus menyiapkan energi ekstra agar anda dapat mencapai titik puncak keberadaan gua. Ditengah perjalanan menuju gua anda akan menemukan sebuah kolam yang tersusun berundak 2 tingkat. Kolam ini sering dijadikan tempat mandi wisatawan karena memiliki air yang alami dan segar yang keluar dari celah – celah batu pegunungan.

Foto: musoshare[dot]blogspot[dot]com

Di atas gunung terdapat 2 gua yaitu Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi dimana keduanya terletak berjauhan dan dibatasi oleh bukit kapur.  Di dalam gua sumpang bita anda akan dibuat takjub dengan melihat bukti histori mengenai masyarakat masa lampau yang belum memiliki rumah sehingga mereka memilih tinggal di dalam gua. Walaupun tinggal di dalam gua masyarakat tersebut sudah memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan indrawinya ke dalam media yang dibuktikan dengan adanya gambar lukisan yang cukup banyak di dinding gua. Di dalam gua terdapat  gambar telapak tangan dan kaki negatif, lukisan babi rusa, lukisan perahu, serta cangkang molusca. Cap tangan berjumlah 69 buah, lukisan babi rusa 12 buah, lukisan perahu 1 buah. Lukisan ini dibuat oleh masyarakat toala menggunakan bahan alami seperti daun sirih dengan tambahan tanah liat sebagai bahan perekat sehingga semua lukisan dapat bertahan sampai hari ini.

Foto : Kemdikbud[dot]go[dot]id

MEMILIH HOTEL MURAH DI MAKASSAR

Anda bisa berlama – lama di tempat ini, tidak perlu khawatir mencari penginapan karena sudah ada rumah yang disediakan di bagian taman untuk pengunjung yang ingin menginap atau anda anda bisa kembali ke Makassar dan  mencari Hotel murah di Makassar  yang lebih nyaman buat wisatawan dan jumlahnya sangat banyak bertebaran di seluruh bagian kota Makassar.

(Visited 1,769 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Menyusuri Jejak Manusia Purbakala di Sumpang Bita Sulsel' have 1 comment

  1. May 4, 2015 @ 3:55 pm Sriyono Suke

    Belum pernah ke Makassar… 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool