pantai di makassar

Menjelajahi Pantai-Pantai di Makassar (2)

Menjelajahi Pantai-Pantai di Makassar (2)
5 (100%) 1 vote

Masih dalam penjelajahan pantai di Makassar, yang sebelumnya sudah saya sebutkan 3 pantai yang berlokasi di dalam kota Makassar yaitu Pantai Losari, Pantai Akkarena dan Pantai Angingmammiri. Nah 3 pantai di Makassar berikutnya masih berada dalam garis pantai yang sama, yaitu Tanjung Merdeka, Tanjung Bayang dan Pantai Layar Putih.

Dulu pantai-pantai ini pernah jadi destinasi wisata populer di Makassar, meskipun sekarang ini masih ada wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke sana tetapi sudah tidak seramai dulu. Perkembangan internet turut memfasilitasi semakin boomingnya tempat wisata kekinian di Makassar dan sekitarnya, hanya perlu berfoto lalu dibagikan via sosial media. Orang yang melihat foto tersebut biasanya akan bertanya lokasinya da akhirnya berniat untuk ke sana juga.

Baca juga bagaimana menjelajahi pantai-pantai di Makassar, bagian 1

Nah kembali ke soal pantai di Makassar, mari menelusuri garis pantai barat kota Makassar melalui kawasan Tanjung Bunga untuk menemukan lokasi pantai-pantai tersebut.

Pantai di Makassar

Pantai Tanjung Bayang

Pantai Tanjung Bayang adalah salah satu pantai di Makassar yang pernah populer hingga akhir 2000-an dan kemudian pantai ini perlahan mulai sepi  seiring dengan semakin populernya destinasi wisata yang lain di Makassar. Meskipun demikian, sebagian masyarakat Makassar masih memilih pantai ini sebagai lokasi liburan karena lebih terjangkau baik dari segi harga maupun dari lokasinya. Pantai Tanjung Bayang berlokasi di kelurahan Barombong, kecamatan Tamalate, Makassar. Dari pusat kota Makassar, pantai ini hanya berjarak sekitar 4 km dan dapat diakses melalui jalan Metro Tanjung Bunga.

Di pantai ini kita juga bisa menikmati sunset, lebih asik lagi karena bisa mandi-mandi di pantainya.  Seperti halnya pantai Angingmammiri, pasir pantai Tanjung Bayang juga berwarna hitam. Di sekitar pantai ada bale-bale yang disewakan, juga ada rumah panggung ataupun yang permanen dengan harga terjangkau.  Ada juga ban-ban mobil bekas yang disewakan sebagai pelampung. Selain itu, di pinggir pantai ada warung kecil yang jualan jagung bakar, mie instan, kopi dan jajanan lainnya.

Dulu bersama komunitas MIRC #Makassar sekitar tahun 2004 hingga 2008, kami sering menginap di pantai ini dengan menyewa sebuah rumah (atau lebih populer disebut pondok). Kadang hanya mengisi malam dengan begadang, bakar-bakar ikan sambil ngobrol tak tentu arah.  Menjelang pergantian tahun seperti ini, biasanya pondok di kawasan pantai Tanjung Bayang mulai ramai dibooking baik oleh keluarga, komunitas, karyawan kantor atau anak sekolah untuk melewatkan malam pergantian tahun bersama-sama.

Pantai di Makassar

Pantai Tanjung Merdeka

Pantai Tanjung Merdeka juga masih berada dalam kawasan Tanjung Bunga. Pintu masuknya berada di antara dua cluster perumahan Tanjung Bunga yaitu cluster Rosewood dan cluster Blossom. Di pantai ini juga ada beberapa pondok yang disewakan, baik yang berupa rumah panggung ataupun rumah tembok permanen. Para pengunjung bisa mandi, menyewa ban bekas atau banana boat bermain pasir, menikmati sunset, atau aktivitas lainnya.

Seperti halnya Tanjung Bayang, pengunjung Tanjung Merdeka biasanya rame sekali saat menjelang Ramadhan atau Tahun Baru dan juga saat libur sekolah. Di luar waktu tersebut, pantai ini relatif lebih sepi. Yang memilih menginap biasanya menyukai suasana pagi di Tanjung Merdeka, selain itu biasanya mereka membawa membawa makanan, memasak sendiri atau membakar ikan sendiri.

Garis pantai Tanjung Merdeka bersambung dengan Tanjung Bayang dan pantai Layar Putih. Menurut bunda Babyjo, beberapa tahun lalu dia dan beberapa teman pernah berjalan kaki menelusuri pantai tersebut, mulai dari Tanjung Bayang hingga berakhir di tugu layar yang terdapat di muara Sungai Jeneberang.

Pantai di Makassar

Pantai Layar Putih

Pantai Layar Putih berjarak sekira 6 kilometer dari  anjungan Pantai Losari, menelusuri jalan Metro Tanjung Bunga. Untuk mengakses Pantai Layar Putih bisa melalui jembatan Barombong yang berbatasa dengan kabupaten Gowa. Jadi, dari arah Tanjung Bunga sebelum melewati jembatan, ada jalan kecil menurun di sisi kanan jembatan, nah di sinilah pintu masuk menuju pantai tersebut.

Pantai ini dinamakan pantai Layar Putih kaena terdapat sebuah tugu yang berbentuk layar. Entah sekarang tugu tersebut masih ada atau tidak. Saya sempat lihat foto tahun lalu yang diposting daeng Adda, tugunya sudah dikelilingi air laut karena abrasi.

Pantai Layar Putih seringkali dijadikan tempat hunting foto sunset bagi fotografer maupun bagi pecinta sunset. Di sini bisa bebas menikmati keindahan sunset dengan pandangan bebas ke laut tanpa perlu menyeberang ke sungai. Di sisi utara merupakan lokasi kumpulnya para pemancing.

Indahnya pemandangan pertemuan muara Sungai Jeneberang menjadikan tempat ini sering dijadikan lokasi foto prawedding. Landscape yang indah mulai dari bukit, deretan pohon, telaga, jembatan hingga suasana pantai dan sunsetnya, menjadikannya sebagai spot menarik untuk foto-foto.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Booking tiket pesawat, Pilihan penginapan yang murah, dan Beragam paket wisata

Nah, lengkap sudah 6 pantai di Makassar yang semoga saja bisa menjadi referensi wisata di Makassar jika kamu memang ingin menjelajahi lokasi wisata yang ada di Makassar. Selain pantai-pantai ini tentu masih banyak wisata lainnya di Makassar termsuk wisata kulinernya yang sungguh sayang untuk dilewatkan. Selamat liburan!

(Visited 150 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Menjelajahi Pantai-Pantai di Makassar (2)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool