pantai di makassar

Menjelajahi Pantai-Pantai di Makassar (1)

Vote Us

Jika menyebut kata pantai di Makassar, maka yang terbayang dalam ingatan adalah Pantai Losari. Padahal dengan garis pantai sepanjang 52,8 km, ada banyak spot pantai lainnya di kota ini. Beberapa pantai ini populer di kalangan masyarakat Makassar ataupun wisatawan, sebagian lagi hanya sedikit orang yang tahu di mana lokasinya.

Di sekitar kawasan Tanjung Bunga Makassar terdapat beberapa pantai indah yang sungguh sayang untuk diabaikan. Ada pantai yang dikelola swasta dan profesional seperti Pantai Akkarena, tapi ada juga yang dikelola oleh masyarakat setempat seperti Tanjung Bayang ataupun Pantai Layar Putih. Dengan garis pantai di Makassar yang menghadap ke barat, di pantai-pantai ini kita juga bisa menyaksikan sunset indah sambil menikmati sore hari bersama teman atau keluarga.

Sebagian besar pantai ini berlokasi di jalan Metro Tanjung Bunga. Yuk mari menjelajahi pantai-pantai di Makassar ini, siapa tau kamu bisa menemukan destinasi wisata pantai yang sesuai dengan minatmu.

pantai di Makassar

Pantai Losari

Konon, belum sah berkunjung ke kota Makassar jika belum menginjakkan kaki di pantai Losari. Karena itulah, pantai ini selalu ramai dengan pengunjung dan seakan tidak pernah sepi mulai dari pagi hingga dini hari. Bahkan di siang hari dengan terik yang menyengat masih ada saja yang mampir untuk foto-foto. Di pagi hari, cukup banyak juga yang jogging di pantai ini, terlebih lagi di hari Minggu yang memang dijadikan area Car Free Day di Makassar.

Ada tiga anjungan di pantai Losari yaitu anjungan Bahari, anjungan Bugis – Makassar, dan anjungan Toraja – Mandar. Tulisan PANTAI LOSARI terletak di ujung anjungan Bahari. Tulisan inilah yang seringkali dijadikan background foto dan menjadi bukti kalau pernah berkunjung ke Makassar.

Pantai Losari tidak memiliki pasir karena itu jangan harap bisa bermain pasir di tepi pantai, tapi kita bisa duduk santai di tepiannya yang sudah dibeton sambil menikmati sepiring pisang epe’ dan menanti matahari terbenam. Selain itu, ada bebek-bebek yang menanti di dermaga siap membawa berkeliling area pantai Losari. Di sekitar area pantai Losari ada kawasan kuliner Datu Museng, jadi sehabis menikmati sunset di Losari, bolehlah menyeberang jalan menikmati lezatnya kuliner khas Makassar.

pantai di Makassar

Pantai Akkarena

Pantai Akkarena terletak di jalan Metro Tanjung Bunga, sekitar 2 km dari pusat kota Makassar. Kawasan ini pertama kali dibuka untuk umum di tahun 1998 dan secara signifikan mengalami perluasan, dari 450 m2 pada awalnya dan sekarang telah berkembang hingga 10Ha. Pantai Akkarena melengkapi daftar pantai-pantai di Makassar yang layak untuk direkomendasikan sebagai salah satu destinasi wisata Makassar.

Fasilitas di pantai Akkarena lumayan lengkap mulai dari café dan resto, kamar mandi, ruang ganti, hingga suguhan live music di malam hari. Selain itu ada juga permainan air banana boat, jet ski, dan flying fish yang menambah keseruan saat berwisata di pantai ini. Jangan lewatkan momen menikmati matahari terbenam ya, spot terfavorit untuk berfoto adalah di dermaga kayunya. Pantai ini juga sering dijadikan sebagai salah satu lokasi prewedding outdoor favorit di Makassar.

pantai di Makassar

Pantai Angingmammiri

Awalnya saya gak tau kalau ternyata ada pantai di Makassar yang bernama pantai Angingmammiri. Nah taunya itu pas mengantar bundanya BabyJo (waktu itu belum menikah sih :D) yang akan bermalam tahun baruan bersama teman-teman kantornya di pantai tersebut. Lokasi pantai Angingmammiri masih di jalan Metro Tanjung Bunga tidak jauh dari Pantai Akkarena.

Biaya masuk pantai ini cukup murah, mungkin karena dikelola oleh masyarakat setempat. Selain membayar biaya masuk, juga harus membayar biaya parkir kendaraan bermotor. Pantainya landai dengan pasir hitam dan ombak yang tidak terlalu besar. Asik sekali untuk berenang dan bermain pasir. Di sekitar pantai ada rumah (pondok) yang bisa disewa baik menginap ataupun tidak, ada juga yang disewakan per kamar saja.

Lokasinya cukup bersih dengan garis pantai yang tersambung dengan Tanjung Bayang dan Pantai Akkarena. Hanya saja saya belum tau apakah kita bisa masuk ke dua pantai pantai tersebut bila jalan kaki menyusuri pantai Angingmammiri ini. Mungkin lain kali bisa dicoba 😀

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Booking tiket pesawat, Pilihan penginapan yang murah, dan Beragam paket wisata

Nah, ada 3 pantai di Makassar yang sudah saya sebutkan, bisa menebak pantai lainnya? Cek di artikel Menjelajahi Pantai-Pantai di Makassar bagian 2 yaaa 😀

(Visited 128 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Menjelajahi Pantai-Pantai di Makassar (1)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool