Bulukumba

Menjelajahi 7 Pantai Eksotis di Bulukumba

Menjelajahi 7 Pantai Eksotis di Bulukumba
4.8 (96%) 5 votes

Lebih suka mana? Pantai atau gunung? Kalau pertanyaan itu diajukan ke saya maka jawabannya sudah pasti: pantai. Entah kenapa, pesona pantai selalu membuat saya bertekuk lutut. Lama tak bertemu pantai dan air lautnya yang asin, rasanya jadi sakauw laut atau kadang disebut orang butuh vitamin sea (plesetan dari vitamin C). Bicara pantai maka tentu saja nama Bulukumba tidak bisa saya lepaskan begitu saja.

Menyebut Kabupaten Bulukumba berarti membicarakan eksotisme pantai-pantainya. Meskipun wisata di Bulukumba bukan hanya pantai saja tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa wisata bahari merupakan aset andalan bagi Kabupaten Bulukumba di bidang pariwisata.

Kabupaten Bulukumba yang terletak di ujung bagian selatan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan dapat ditempuh selama kurang lebih 4-5 jam dari kota Makassar, dengan jarak tempuh sekira 200 km. Dari kota Bulukumba, masih harus bergeser lagi sekira 24 km menuju ke kecamatan Bonto Bahari di mana sebagian pantai-pantai eksotis ini berlokasi.

Selama ini, pantai yang paling populer di Bulukumba hanyalah Tanjung Bira saja, lalu disusul dengan Tebing Apparalang yang disebut-sebut mirip dengan Uluwatu di Pulau Bali. Padahal jika ditelusuri, setidaknya ada 7 pantai eksotis dengan pemandangan alam menarik yang dapat dikelola menjadi obyek wisata bahari andalan Kabupaten Bulukumba. Bukan tidak mungkin, suatu hari nanti wisata bahari di Bulukumba akan naik sejajar dengan pulau Bali yang juga terkenal dengan wisata pantainya.

Dalam beberapa kali kunjungan ke Bulukumba bersama teman-teman, saya berkesempatan menyaksikan keindahan beberapa pantai ini. Yang paling pas adalah menjadikan Tanjung Bira atau Pantai Kaluku sebagai lokasi menginap kemudian keesokan harinya mulai mengeksplor pantai-pantai di sepanjang pesisir wilayah Bonto Bahari.

Karena kami menggunakan kendaraan pribadi, jadi waktu untuk menjelajah jadi lebih santai dan tidak perlu menyewa motor di sana. Pada beberapa spot pantai, disarankan untuk ekstra hati-hati karena jalur menuju lokasi wisata yang lumayan curam dan berbelok-belok dengan gunung di sebelah kiri dan jurang di sebelah kanan.

Tanjung Bira

Umumnya para pejalan sudah tidak asing lagi dengan Tanjung Bira. Pantai ini memang sangat populer bahkan hingga ke mancanegara. Airnya yang jernih, pasir putihnya yang lembut hingga alam bawah lautnya yang memukau.

Soal fasilitas dan akomodasi ya jangan ditanya lagi, semua lengkap mulai dari tarif yang relatif murah hingga yang akan membuat kita merogoh kantong agak dalam. Tersedia villa, bungalow, hotel hingga penginapan dengan budget rendah, pun warung makan atau restoran juga banyak bertebaran. Jadi, jangan khawatir akan kelaparan ya.

Selain itu terdapat pula dive centre, kamar mandi yang disewakan, penyewaan motor dan pelabuhan penyeberangan kapal ferry bagi wisatawan yang ingin ke Pulau Selayar dan diving di Taka Bonerate.

Tanjung Bira

Indahnya pesona Tanjung Bira

Pantai Bara

Pantai Bara terletak di pesisir yang sama dengan Tanjung Bira. Untuk menuju Pantai Bara memang harus masuk ke kawasan wisata Tanjung Bira. Setelah loket tiket masuk, ada jalan kecil di sebelah kanan yang mengarah ke Malioboro Beach dan Manggo Lodge. Kita akan menelusuri jalanan sempit berbatu dengan hutan kecil di samping kiri kanannya. Kadang-kadang babi hutan atau monyet kecil tiba-tiba nongol di pinggir jalan jadi mesti hati-hati juga.

Saat air laut sedang surut, Pantai Bara juga bisa dicapai dengan berjalan kaki menyusuri garis Pantai Bira ke arah barat.

Letak Pantai Bara yang tersembunyi dengan diapit dua tebing membuat pantai ini lebih sepi dan terasa pribadi. Bagian menyenangkan lainnya adalah pasir putih yang terhampar di Pantai Bara terasa lebih bersih dan halus dibandingkan pasir putih di Tanjung Bira yang sangat lembut membelai telapak kaki.

Pantai Bara

Tampak Pantai Bara difoto dari atas tebing samping Bara Beach Bungalow

Pantai Kaluku

Lokasi Pantai Kaluku atau disebut juga Pantai Panrang Luhu tidak jauh dari Tanjung Bira, hanya sekira 2 km saja jaraknya. Penanda utamanya adalah pelabuhan laut Bira, berbelok ke kiri di area pasar kemudian menyusuri jalan beraspal hingga ketemu jalan kecil berbatu. Hati-hati ya, soalnya jalannya agak ekstrim, di sebelah kiri tebing dan di sebelah kanan berbatasan langsung degan pantai.

Ada alternatif jalan lain juga sih sebenarnya yaitu di jalur utama Bira – Kota Bulukumba, terletak di sebelah kiri jalan sebelum mencapai pelabuhan Bira. Jalannya meurun agak curam tetapi sudah dibeton dan di ujung jalan dipasangi plang nama Kaluku Cottage sebagai penanda.

Selain berenang, snorkling dan banana boat, hal mengasikkan yang dilakukan di Pantai Kaluku adalah menanti matahari terbit. Sunrise di pantai Kaluku sangat indah! Pantai Kaluku memang salah satu spot terbaik untuk hunting sunrise di Bulukumba, karena pantai ini menghadap tepat ke arah timur.

Pantai Kaluku

Bermain pasir di Pantai Kaluku

Pantai Kasuso

Pantai Kasuso berjarak sekira 4 km dari Tanjung Bira. Sejatinya, Kasuso merupakan nama sebuah perkampungan nelayan yang diberi nama demikian karena banyak ditemukan suso (siput laut) di sana.

Dengan tebing batu, pasir putih selembut tepung dengan bentangan lautan dengan gradasi warna biru muda ke biru tua, membuat pantai Kasuso tak kalah menarik dengan kawasan wisata Tanjung Bira. Terdapat sebuah batu besar di pinggir pantai yang mirip pulau kecil dengan beberapa pohon. Batu karang ini dinamakan Batu Taha, yang seringkali menjadi latar belakang berfoto di Pantai Kasuso.

Pantai Kasuso

Batu Taha di Pantai Kasuso

Tebing Apparalang

Salah satu pantai di Bulukumba yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan dan dikunjungi adalah Tebing Apparalang. Sesuai namanya, objek wisata ini memiliki ciri khas tebing, jadi jangan harap akan menemukan pantai yang landai di sini.

Spot favorit untuk berfoto adalah dermaga kayu yang dibangun menempel ke tebing dan dapat diakses melalui tangga kayu yang curam. Ada juga pengunjung yang mencoba menguji adrenalin dengan melompat langsung dari tebing ke dalam laut. Hati-hati ya dengan batu karangnya. Indahnya pemandangan bawah laut yang berada tepat di bawah tebing Apparallang juga menjadi salah satu daya tarik yang sungguh sayang untuk dilewatkan.

Tebing Apparalang

Tebing Apparalang, di kejauhan tampak dermaga sebagai spot foto favorit

Pantai Samboang

Letak pantai ini hanya beberapa kilometer saja dari Tebing Apparalang dan berlokasi di Desa Eka Tiro, kecamatan Bonto Tiro. Penamaan Pantai Samboang berasal dari Bahasa Konjo yaitu “Sambo” yang berarti bersenang –senang. Nah pas kan? Berkunjung ke Pantai Samboang untuk bersenang-senang bersama kerabat dan sahabat.

Samboang merupakan tipe pantai yang benar-benar pantai dengan hamparan pasir putih yang luas membentang. Asik sekali untuk lari-larian dan guling-gulingan di pantai ini. Di pantai ini sering digelar event tahunan Festival Dato Tiro.

Pantai Samboang

Hamparan pasir di Pantai Samboang

Pantai Ujung Tiro

Pantai Ujung juga berlokasi di Desa Eka Tiro, kecamatan Bonto Tiro dan jaraknya hanya sekira 4 km dari Pantai Samboang. Keindahan pantainya tidak kalah menarik dengan wisata pantai lain di Bulukumba.

Hanya saja, jalannya masih berupa jalan tanah dan belum diperbaiki jadi disarankan bagi pengendara untuk berhati-hati terlebih untuk kendaraan roda empat. Sewaktu berkunjung ke Pantai Ujung Tiro, teman-teman mengandalkan GPS karena letak pantai yang kurang populer dan tidak ada penunjuk arah lokasi wisata. Ternyata oh ternyata, di sana blank spot jadi tersesat deh 😀 Kalau sudah begini waktunya memanfaatkan GPS beneran yaitu Gunakan Penduduk Sekitar hehehhe.

Pantai Ujung Tiro

Spot foto favorit di Pantai Ujung Tiro

**

Menjelajahi pantai-pantai indah di Bulukumba tidak akan cukup hanya dalam waktu sehari saja. Lokasinya memang tidak terlalu berjauhan, hanya beberapa kilometer saja, namun kondisi jalanan menuju beberapa pantai tertentu lumayan ekstrim dengan turunan curam, gunung di satu sisi dan jurang di sisi sebelahnya. Selain itu, kurangnya penunjuk arah lokasi wisata juga agak menghambat, jadi mesti sering-sering mampir bertanya di warga sekitar.

Nah kamu sendiri, sudah sejauh mana menjelajahi pantai indah di Bulukumba? Atau mungkin kamu punya rekomendasi pantai lainnya yang belum disebutkan di atas? Mengingat Bulukumba memiliki garis pantai yang sangat panjang.

(Visited 474 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Menjelajahi 7 Pantai Eksotis di Bulukumba' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool