Menjajal Kuliner Malam di Makassar

Menjajal Kuliner Malam di Makassar
5 (100%) 1 vote

Jika sedang berada di Makassar dan tetiba merasakan lapar di tengah malam, maka jawabannya silahkan jajal kuliner malam yang hobbi begadang. Tak perlu khawatir akan kelaparan yang melanda itu. Sebagai penikmat kuliner, ada yang kurang jika tidak menjelajah wisata kuliner malamnya Makassar. Ada banyak pilihan kulineran mulai dari makanan berat hingga cemilan yang bisa ditemui di berbagai tempat di belahan kota Makassar yang memang melayani pembelinya hingga pagi menjelang. Selain soal rasanya yang lezat, juga jajanan ini mempunyai rasa yang unik.

Berikut beberapa kuliner malam yang wajib dicicipi jika ke Makassar

NASI KUNING BEGADANG MACCINI

Nasi kuning bukanlah makanan khas asli dari Makassar. Tentu makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi karena nasi kuning merupakan kuliner nusantara yang sudah terkenal di mana-mana. Di Makassar, pilihan untuk kulineran malam dengan menu nasi kuning dapat ditemui di jalan Maccini. Ada dua warung yang mulai buka dari sore hingga pagi di daerah maccini.

Nasi Kuning Maccini

Nasi Kuning Maccini

Nasi kuning Maccini sudah eksis sejak beberapa tahun lalu. Saya mengenal warung ini sejak tahun 2000an silam. Setiap malam saya dan teman-teman selalu habiskan malam dengan menikmati nasi kuning yang fenomenal ini. Soal rasa pun tak terkalahkan. Pada jaman tahun 2000an silam, harganya masih dibanderol dengan 3000/perporsi dengan menu lengkap. Maklumlah pada jaman itu kami-kami masih menjadi mahasiswa yang hanya mengandalkan uang kiriman dari orang tua yang setiap bulannya pas-pasan.

Beberapa hari lalu, saya tetiba pengen mengulang nostalgia itu, maka pergilah saya sendiri ke sana. Suasana tahun 2000an dan sekarang tentunya sudah sangat jauh berbeda. Dahulu warungnya hanya seadanya, sekarang warungnya sudah bagus dengan model ruko. Tentunya sudah dapat ditebak bahwa hasil dari penjualan nasi kuninglah yang mengubah semua itu. Rasa nasi kuning tidak ada yang berubah, tetap enak. Harga sekarang sudah dibanderol dengan Rp. 12.000/porsi. Menikmati nasi kuningnya berasa membawa saya kepada 15 tahun lalu. Tsahh….

MIE KERING

Mie kering

Mie kering

Mie kering sudah menjadi ikon salah satu kuliner di Makassar. Ada banyak pilihan kedai untuk bisa menikmati mie kering ini. Sebutlah mie anto, mie awa, mie titi dan mie hengky. Hampir setiap malam kedai-kedai mie kering dijejali oleh pengunjung. Mie kering merupakan menu wajib yang harus dicoba jika berkunjung ke Makassar. Seporsi mie kering dihargai dengan Rp 23.000.

PISANG EPE

Pisang Epe

Pisang Epe

Peganan yang terbuat dari pisang ini merupakan salah kuliner khas dari Makassar. Tidak susah untuk mendapatkan makanan yang satu ini, berkunjunglah ke Losari. Di sepanjang losari, gerobak pisang epe berjejer rapi. Pisang epe  terbuat  dari pisang kepok yang setengah mengkal lalu pisang dipanggang di atas bara api hingga setengah matang. Setelah itu pisang yang setengah matang tsb dipipih hingga gepeng lalu dipanggang lagi hingga terasa renyah. Setelah dirasa matang, pisang disiram dengan kuah yang terbuat dari gula merah. Pisang epe mempunyai berbagai macam toping yang dapat dipilih sesuai selera. Mulai dari original, durian, keju dan coklat. Harga sepiring pisang epe dibanderol dengan nilai Rp. 10.000/porsi.

SONGKOLO BAGADANG TIMBANG

Songkolo atau biasa juga disebut sokko’ merupakan sajian khas dari Makassar. Terbuat dari beras ketan yang disajikan bersama  taburan serundeng atau parutan kelapa yang sudah disangrai beserta ikan asin dan sambal tumis. Salah satu warung songkolo yang terkenal di Makassar adalah warung songkolo bagadang Alhamdulillah. Terletak di Jl. Antang Raya Pannara No. 19, Makassar. Tidak sulit untuk menemukan warung ini karena berada tepat di samping masjid Antang.  Tempatnya sangat sederhana seperti warung di pinggir jalan. Meski sederhana tetapi tidak menguragi kenyamanan pengunjung karena kebersihan tempat dan makanan selalu terjaga dengan baik. Keunikan songkolo bagadang Alhamdulillah adalah ditimbang terlebih dahulu sebelum disajikan. Oleh karena itu diberi nama songkolo timbang. Harga perporsi Rp. 5.000,-. Murah bukan?

Songkolo Bagadang Antang

Nah itulah beberapa rekomendasi kulineran yang dapat dinikmati pada malam hari dan dapat menemani malam-malam yang dingin. Tentunya mengeyangkan dan rasanya juara.

(Visited 2,042 times, 9 visits today)


About

Perempuan Biasa, Pentjinta Kuliner, Tukang Jalan, Penikmat dan Pemburu Senja. Kadang ngeblog di http://irhapunya.net


'Menjajal Kuliner Malam di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool