Menikmati Weekend Seru di Sinjai

Menikmati Weekend Seru di Sinjai
5 (100%) 1 vote

Weekend adalah waktu yang selalu ditunggu-tunggu di penghujung minggu dan saatnya melepaskan diri dari rutinitas yang melelahkan selama seminggu. Banyak cara untuk menikmati weekend. Jika di kota besar, tawaf di mall adalah satu pilihan menikmati weekend yang mainstream. Namun jika menetap di daerah kecil seperti Sinjai yang berjarak sekira 225 km dari Makassar, bagaimana menikmati weekend serunya?

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati weekend di Sinjai. Seperti hari Sabtu kemarin, saya dan sahabat-sahabat tercinta menikmati weekend yang seru. Jalan-jalan itu tak harus mahal. Bahkan dengan budget seminim mungkin tetapi dapat menikmati sensasinya.

Nah kemana saja menghabiskan weekend selama di Sinjai?

Mengunjungi Taman Purbakala Batupake Gojeng

Setiap sore dan weekend tempat yang paling ramai dikunjungi adalah Taman Purbakala Batupake yang berada di Gojeng. Taman ini adalah salah satu ikon yang dikenal di Sinjai. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota sehingga memudahkan orang untuk selalu mengunjunginya.

gojeng

Sebuah taman yang menyimpan banyak artefak dan ekofak peninggalan zaman batu. Bagi masyarakat Sinjai, situs purbakala ini tentu tak asing lagi. Berada di atas bukit dengan ketinggian 125 meter dari permukaan laut. Sebuah taman yang dipenuhi dengan pepohonan yang rindang sehingga menjadikan tempat ini nyaman untuk bersantai sembari menikmati semilir angin sepoi-sepoi.

Tak hanya kaya akan nilai sejarah pun pemandangan sekitarnya menarik untuk dijadikan obyek fotografi. Karena berada di ketinggian, maka pemandangan kota Sinjai terlihat dengan jelas dan sejauh mata memandang dapat menyaksikan eksostisme gugusan Pulau Sembilan dengan jejeran hutan bakau Tongke-Tongke yang rimbun. Sungguh pemandangan yang disajikan sangat memanjakan mata. Beberapa waktu lalu, taman purbakala ini mempunyai daya tarik baru untuk menarik pengunjung. Sebuah tulisan “Batupake Gojeng” berdiri kokoh di atas bukit. Meski terlihat mencontek tapi setidaknya ada inovasi baru yang diberikan oleh pemerintah setempat untuk memajukan potensi wisatanya. Belum kekinian kalau belum berfoto di Batupake Gojeng lho 🙂

Menikmati sunset di Pelabuhan Larea-rea

Fenomena matahari terbenam memang selalu dinantikan oleh banyak orang. Pemandangan langit pada saat sang surya terbenam dinilai sebagai momen yang romantis. Seakan mampu menghipnotis banyak orang, fenomena matahari terbenam, mampu membuat orang enggan untuk beranjak ketika sedang menyaksikannya. Susah untuk bisa diungkapkan dengan kata-kata, karena keindahan alam saat senja itu hanya bisa dirasakan, dilihat, dan dinikmati sendiri. Bahkan, sebagian besar orang sampai rela pergi ke tempat yang jauh, hanya untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam yang mungkin tidak akan terulang pada hari berikutnya.

larea-rea

Sinjai punya tempat yang asik untuk menikmati senja. Sebutlah Pelabuhan Larea-rea. Sebuah pelabuhan kecil yang ada di Sinjai. Sejatinya pelabuhan ini dulunya dibangun untuk menjadi gerbang masuk ke Sinjai melalui transportasi laut dari arah timur. Namun sampai sekarang pelabuhan ini belum menjalankan fungsinya karena terkendala masalah tekhnis. Tujuan awal dibangunnya pelabuhan ini untuk dijadikan tempat berlabuhnya kapal ferry yang akan menyeberang ke Sulawesi Tenggara.

Masyarakat Sinjai tak habis akal untuk mencari tempat yang bisa dijadikan pelepas kepenatan. Dijadikannya pelabuhan gagal ini sebagai tempat yang asik untuk menghabiskan sore dan menikmati senja. Setiap hari saat sore menjelang. Pelabuhan Larea-rea selalu ramai dikunjungi. Hal yang tidak kalah menarik adalah kita dapat melihat berbagai macam aktifitas manusia di dermaga ini yang sayang untuk dilewatkan. Seperti menyaksikan anak-anak berenang di pinggiran dermaga, menonton para pemancing yang sibuk dengan kailnya. Melihat para muda-mudi dan orang tua yang asik bercengkrama sambil menikmati semilir angin laut dan lukisan senja sambil menunggu matahari terbenam. Sejauh mata memandang hamparan birunya laut yang diapit gugusan Pulau Sembilan. Tak hanya itu, beberapa kafe tenda juga berdiri di areal pelabuhan. Aneka minuman ditawarkan untuk menikmati sore yang sebentar lagi berganti malam.

Mencecap rasa khas kuliner di TPI Lappa

Setelah puas berkeliling di Taman Purbakal Batupake Gojeng dan menikmati senja di Pelabuhan Larea-rea, maka menikmati kuliner khas adalah pilihan yang tepat. Cobalah ke TPI Lappa, menikmati sensasinya menawar dan membeli aneka seafood yang membuat kolestrol akan bertambah. Lalu menyesap minuman khas yang terbuat dari tape. Sambil menunggu aneka seafood dibakar di perapian sambil bercengkerama bersama sahabat-sahabat tercinta. Dan sepiring nasi kuning yang masih mengepul yang sebentar lagi akan berpindah ke perut. Lalu nikmat manakah yang kau dustakan?

tpi

(Visited 360 times, 1 visits today)


About

Perempuan Biasa, Pentjinta Kuliner, Tukang Jalan, Penikmat dan Pemburu Senja. Kadang ngeblog di http://irhapunya.net


'Menikmati Weekend Seru di Sinjai' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool