Es Pisang Ijo Makassar

Menikmati Pisang Ijo di Kios Amanda

Vote Us

Hari mulai beranjak sore namun sinar matahari masih menyengat. Saya bersama Nanie masih berkeliling Makassar untuk suatu urusan yang belum selesai. Ketika melintas di Jl. Pengayoman, kami sepakat untuk singgah di Pasar Segar (sekarang Sentra Bazaar Panakkukang) untuk menikmati salah satu kuliner favorit kami yaitu Pisang Ijo. Sudah lama kami tidak singgah mencicipi makanan tersebut di kios langganan di sana. Selain itu, dia juga rindu dengan makanan khas kampung halamannya.

Es Pisang Ijo Makassar

Pisang Ijo Amanda (Sumber: FB Eko Ikhyar)

Siapa yang tidak mengenal kuliner pisang ijo yang satu ini? Tekstur dan bentuknya yang khas yaitu berbentuk panjang, lonjong menyerupai bentuk pisang, dibungkus adonan tepung yang berwarna hijau pandan, disajikan dengan saus/fla dari santan dan tepung terigu kemudian diberi susu kental manis serta sirup DHT.

Makanan khas Makassar ini merupakan salah satu menu favorit berbuka puasa di bulan Ramadhan, jadi tak heran kuliner ini sangat mudah dijumpai. Di luar bulan Ramadhan, es pisang ijo Makassar juga tetap jadi idola untuk menyegarkan tenggorokan, walaupun untuk mendapatkannya tidak semudah di bulan Ramadhan. Ada beberapa kios dan kafé yang terkenal selalu menyediakan pisang ijo dalam menunya seperti Kios Bravo di Jl. Andalas dan Café Mama di Jl. Serui dan Jl. Bau Mangga. Namun di kedua tempat tersebut, harganya lumayan menguras isi dompet.

Di Pasar Segar terdapat sebuah kios es pisang ijo Makassar yang sudah lama berdiri, namanya Kios Amanda (bukan yang jualan brownies yah? :D). Harganya cukup murah, namun rasanya tidak kalah dengan 2 tempat di atas. Saya sendiri pertama kali mencicipi pisang ijo Amanda ketika kiosnya masih beralamat di Jl. A.P. Pettarani (dekat kantor Askes), dan langsung ketagihan dengan rasanya yang khas.

Kios Amanda memang sudah beberapa kali berpindah tempat. Bahkan jika menilik sejarahnya, kios ini awalnya merupakan sebuah butik yang kemudian merambah dunia kuliner di Kendari tahun 1998. Baru di tahun 2003 Pisang Ijo Amanda merambah Makassar dengan menempati kios di depan SMP 4 di Jl. Pongtiku, selanjutnya tahun 2010 pindah ke Jl. A. P. Pettarani dan terakhir buka cabang di kompleks Pasar Segar yang masih bertahan hingga saat ini. Amanda juga sempat membuka kios di Pare-pare di tahun 2001 namun tidak bertahan lama.

Nama Amanda sendiri diambil dari ibu rumah tangga pemilik kios ini. Walaupun masih dijalankan dengan manajemen tradisional, saat ini Kios Amanda telah memiliki beberapa cabang. Selain di Kendari dan Makassar, terdapat 2 cabang lainnya yaitu di Kolaka (Sulawesi Tenggara) dan Jakarta.

Pisang Ijo Amanda Makassar yang berada di Kompleks Pasar Segar menempati kios nomor KBD20-21. Lokasinya berada di bagian belakang, tidak jauh dari pintu keluar motor ke arah Jl. Toddopuli. Selain es pisang ijo Makassar, terdapat menu lainnya yang tidak kalah menggoda yaitu kapurung, juga salah satu makanan khas Sulawesi Selatan dari tanah Luwu. Kelebihan kapurung di kios ini yaitu makanan baru diracik setelah ada pesanan. Jadi, pengunjung bisa menikmati kapurung dalam kondisi segar dan masih hangat. Menu lain yang bisa dipesan adalah es teler, teh susu, teh ginseng, kopi ginseng dan kopi susu.

Kuliner Sulawesi Selatan

Kapurung Amanda dan Ikan Teri (Sumber: FB Eko Ikhyar)

Dengan bantuan anak-anak Ibu Amanda, beberapa tahun terakhir nama Pisang Ijo Amanda mulai dikenal di dunia maya. Dengan memanfaatkan sosial media, Pisang Ijo Amanda mulai dipasarkan online dan menerima pesanan dari luar daerah. Kemasan pun diperbaiki agar tampilannya jadi lebih menarik. Selain itu juga dilakukan pengembangan produk agar rasanya lebih baik dari sebelumnya.

Es Pisang Ijo Makassar

Pisang Ijo Amanda Siap Dikirim (socmed: Pisang Ijo Amanda)

Jadi buat kamu yang mengaku penikmat wisata kuliner, jangan lupa memasukkan Pisang Ijo Amanda ini dalam daftar kunjungan kamu berikutnya.

Buat yang penasaran di mana alamat kios Amanda di kota lain, berikut alamat Kios Amanda yang lain:

– Kendari : Jl. M.T Haryono, Depan Jl. Rambutan, dan Hotel Puteri
– Makassar : Pasar Segar Pengayoman Blok KBD 20-21 || Jl. Pettarani 7 no 45 (belakang McD pettarani)
– Kolaka : Jl. Indumo No. 8, Depan hotel ILHAM
– Jakarta : Kebon Kacang 7 no. 18, Tanah Abang

Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 318 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Menikmati Pisang Ijo di Kios Amanda' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool