Tanjung Bira

Menikmati Pantai Tanjung Bira Kala Sepi

Menikmati Pantai Tanjung Bira Kala Sepi
5 (100%) 1 vote

“Menikmati pantai bira dengan cara sederhana, sesederhana layaknya menikmati es krim putar dan semangkuk bakso”

Melakukan perjalanan tak melulu dengan perencanaan yang rinci dan jauh-jauh hari, dengan cara dadakan pun bisa. Sekitar sebulan lalu, tiba-tiba saja ingin jalan-jalan ke Butta Panrita Lopi, Bulukumba. Dengan mengendarai sepeda motor, melajulah saya menuju ujung selatan pulau Sulawesi dengan jarak kurang lebih 200 kilometer.

Sebelum benar-benar tiba di Tanjung Bira, saya sempatkan dulu berkeliling ke beberapa tempat sentra pembuatan perahu pinisi, diantaranya yang terletak di Tana Beru dan Pantai Mandala Ria Desa Ara hingga menjelang maghrib. Karena sebentar lagi hari mulai gelap, saya pun bersegera menuju bira hendak mencari penginapan. Harga penginapan di Bira bervariasi mulai dari yang paling murah harga seratus ribuan permalam dengan fasilitas kipas angin sampai dengan harga jutaan permalam dengan penginapan model resort. Sudah tahu kan, pejalan hemat (kere) seperti saya biasanya akan mencari harga yang murah.

Tanjung Bira

Kios-kios penjualan oleh-oleh di bira

Keesokan harinya, saat pagi menjelang siang, saya berjalan-jalan santai saja menuju pantai. Jalanan tampak lengang, tak banyak pengunjung yang hilir mudik, bahkan bisa dibilang sepi. Mungkin karena hari belum akhir pekan. Beberapa kali datang ke pantai ini, namun baru kali ini saya datang saat weekday. Yang saya dapati pantai yang tenang, tak banyak keriuhan yang terdengar, tidak ada pengunjung yang masif. Tak perlu mendengar sekelompok pengunjung yang salah seorang diantaranya itu sambil teriak-teriak menggunakan TOA karena sedang mengadakan lomba. Saya pribadi lebih suka berwisata seperti ini dimana tidak perlu ada keramaian. Tempat wisata pun bisa dinikmati secara lebih privat.

Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira di sisi yang lain

Saya berteduh dibawah sebuah pohon yang lumayan rindang sambil menikmati es krim putar (es tong-tong saya menyebutnya sewaktu kecil) seharga lima ribuan yang saya dibeli di jalan tadi. Dengan es krim itu setidaknya bisa sedikit melawan hari yang mulai terik. Pandangan di depan mata begitu terbuka. Saya pun tak perlu melihat banana boat yang biasa mondar-mandir layaknya setrika di depan sana. Menikmati pantai bira sebagaimana adanya dan sederhana sembari duduk bengong.

Melihat abang-abang bakso yang sedari tadi bolak-balik mengantar mangkuk berisi bakso pesanan pelanggannya, ternyata mampu menggoda perut saya yang sedari tadi belum terganjal makanan apapun. “Mas, satu mangkuk juga yah”, pesan saya kepada abang bakso itu. Habis es krim, lanjut lagi dengan menyantap bakso.

Siang itu langit sangat cerah dengan gumpalan-gumpalan awan yang cukup cantik. Otomatis tangan bergerak membuka tas, mengambil kamera yang ada didalamnya. Tangan yang satu lagi otomatis membuka penutup lensa dan jari telunjuk pun sedang bersiap-siap di tombol shutter. Sayang sekali rasanya tidak mengambil beberapa gambar. Saya cukup menikmati suasana pantai, walaupun dengan cara sederhana, sesederhana layaknya menikmati es krim putar dan semangkuk bakso.

Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira yang sepi

Saya agak sedikit terkejut saat berjalan-jalan ke bibir pantai. Pantai yang terkenal dengan pasir putihnya yang sehalus bedak ini sedang terkena abrasi. Air laut mengikis hampir separuh dari hamparan pasir yang ada. Sangat disayangkan dengan fenomena alam seperti ini.

Saya pun hendak bergegas pergi dan bersegera menuju masjid karena sebentar lagi akan masuk sholat jumat. Tak lupa saya mengembalikan mangkuk si abang bakso tadi sambil memberikan satu lembar uang sepuluh ribu.

 PS :
Akses transportasi publik untuk menuju Tanjung Bira dapat melalui Terminal Mallengkeri dengan mobil Panther dengan ongkos sekitar 50.000 sampai di Terminal Bulukumba atau 70.000 jika sampai pantai Tanjung Bira.

(Visited 373 times, 1 visits today)


About

rangkaijejak.wordpress.com | Selalu penasaran dengan tempat baru ~ Blogger Newbie ~ Fotografer Wannabe


'Menikmati Pantai Tanjung Bira Kala Sepi' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool