Menikmati Negeri Di Atas Awan

Vote Us

Bagi para pelancong, Makassar dan Sulawesi Selatan lebih dikenal sebagai daerah yang memiliki destinasi wisata pantai dan laut. Itu karena provinsi ini memiliki garis pantai sepanjang 1,937.00 km. Potensi-potensi wisata alam berupa laut dan pantai itu membentang dari Pulau Selayar di ujung selatan hingga kepulauan Spermonde di sisi barat yang berbatasan dengan Selat Makassar.

Provinsi yang berulang tahun setiap tanggal 19 Oktober ini juga memiliki potensi wisata berupa daerah pegunungan. Setidaknya ada beberapa nama gunung yang sangat akrab di telinga para pecinta alam seperti misalnya Gunung Bawakaraeng, Gunung Bulusaraung, Gunung Lompo Battang, Gunung Latimojong, Gunung Bambapuang dan Gunung Sesean.

Wilayah-wilayah pegunungan itu menawarkan keindahan alam berupa pemandangan yang memesona dan memanjakan mata. Para pelancong menyebutnya Negeri Di Atas Awan. Berikut ini beberapa negeri di atas awan yang ada di Sulawesi – Selatan;

Lolai

Salah satu lagi yang paling terkenal dari berbagai negeri di atas awan itu adalah Lolai, yang berada di Kecamatan Kapalapitu, sekira 20 kilometer dari Rantepao, Ibu kota Toraja Utara. Lolai berada di ketinggian kurang lebih 1300 meter di atas permukaan laut. Tempat ini sempat menjadi hits beberapa waktu lalu. Saking terkenalnya, ibunda Presiden Jokowi pun sampai berkunjung ke sana.

Lolai memang indah, menawarkan pemandangan hamparan pemukiman dari atas gunung seakan membawa pengunjung berada di atas awan. Selain suguhan keindahan alam pegunungan nan eksotis, para pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan cara mendirikan kemah. Di tempat ini juga terdapat barisan Tongkonan yang dinamai Tongkonan Lempe.

Waktu terbaik ke Lolai adalah di pagi hari. Lebih bagus lagi Anda menyempatkan bermalam dengan berkemah atau menyewa penginapan. Bayangkan Anda sedang mengusir dingin dengan kopi Toraja yang terkenal itu sambil memandangi hamparan awan putih di bawah Anda.

Sesean

Sesean terletak di Kabupaten Toraja Utara dan berada di ketinggian 2100 mdpl.  Jauh sebelum Lolai terkenal sebagai negeri di atas awan, nama Gunung Sesean sudah sangat akrab bagi pecinta alam untuk menikmati panorama ketinggian. Gunung ini sangat menarik hati para pendaki karena dari atas puncak dapat melihat seluruh kota Rantepao apabila cuaca sedang baik.

Umumnya para pecinta matahari terbit akan rela menunggu sejak jam 5 pagi menanti panorama pertemuan luar biasa antara matahari, awan, persawahan dan lereng bukit. Menyaksikan kota Rantepao dari kejauhan dan menikmati kehidupan warga yang bersahaja.

Negeri di atas awan Puncak Tiropadang

Puncak Tiropadang – foto oleh Syaifullah Panama

Tiropadang Enrekang

Puncak Tiropadang yang terletak di Dusun Lapin, Desa Tobalu, Kec. Enrekang, Kab. Enrekang. Tempat ini juga menawarkan pemandangan khas negeri di atas awan yaitu keindahan hamparan awan yang berada persis di sekeliling Puncak Tiropadang, ditambah keindahan gugusan gunung-gunung indah yang lebat .

Destinasi Puncak Tiropadang ini belum dikelola oleh pemerintah setempat dan belum begitu dikenal orang sehingga akses ke sana belum terlalu bagus.

 

Puncak Karomba

Salah satu destinasi negeri di atas awan lainnya adalah Puncak Karomba yang berada di Dusun Karomba, Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, berbatasan dengan kabupaten Polman dan Mamasa. Objek wisata yang berada di ketinggian 1.200 mdpl ini menawarkan suasana yang sejuk dan segar dan pemandangan berada di atas awan.

Puncak Karomba

Puncak Karomba – Foto IG Andien46

Dari Puncak Karomba para pengunjung akan disuguhkan pemandangan kabut yang melintasi bukit hingga di lokasi ini. Sebuah jembatan gantung yang kerap diselimuti gumpalan awan memberi sensasi seolah berjalan di atas awan ketika melintasinya. Jembatan ini sangat cocok bagi para pelancong yang suka mengambil gambar untuk memamerkannya di media sosial.

Destinasi wisata sudah dilengkapi dengan penginapan berupa sejumlah bangunan vila dengan atap tongkonan ala adat Tana Toraja menambah sejuk pemandangan. Selain itu juga terdapat kolam renang buatan dengan kedalaman hingga 2,5 meter bagi yang ingin berendam atau  berenang.

Sebenarnya masih sangat banyak destinasi atau tempat di Sulawesi – Selatan yang menawarkan sensasi negeri di atas awan mengingat dia ada banyak wilayah pegunungan. Hanya saja, tempat – tempat itu belum terjamah atau terekspos ke media sosial mengingat sulitnya akses ke lokasi-lokasi itu. Mau tahu di mana-mana lagi ada negeri di atas awan? Coba tanyakan pada teman-teman pendaki gunung anda.

 

 

(Visited 415 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Menikmati Negeri Di Atas Awan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool