Gunung Sesean Toraja

Menikmati Keindahan Puncak Sesean Toraja

Menikmati Keindahan Puncak Sesean Toraja
1 (20%) 1 vote

Masih pagi-pagi sekali kami akhirnya tiba di kota Rantepao Toraja Utara dengan menggunakan bus Metro Permai tadi malam. Sebuah pagi yang hening dan damai. Bus kami berhenti di depan pasar di tengah kota yang belum banyak terlihat aktivitas saat itu. Berkeliling di dalam pasar, aroma kopi toraja bertebaran dimana-mana. Bagi penikmat kopi pastinya akan sakau seketika menghirup aroma biji kopi itu.

Rantepao menjadi ibukota dari Toraja Utara yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tana Toraja. Pusat dari segala wisata budaya di Toraja, yah disinilah tempatnya di Kabupaten Toraja Utara. Salah satu tempat yang menjadi favorit wisata Sulawesi Selatan. Banyak bus-bus besar yang melayani rute perjalanan dari Makassar ke Toraja dan memang umumnya moda transportasi itulah yang banyak digunakan. Jika sedang berwisata di Makassar dan masih punya waktu luang, cobalah bertandang ke Toraja.

Siang hari, saya bersama kawan-kawan dari kota Rantepao bertolak menuju Desa Sesean. Di Sesean sana ada sebuah gunung dengan pemandangan yang cantik. Saya dan kawan-kawan berniat ingin mendaki gunung itu. Sekitar dua jam lamanya perjalanan menuju desa itu. Selama perjalanan selalu menanjak melewati jalanan yang agak sempit serta berkelok-kelok dan kadang salah satu sisinya bersisian dengan jurang. Yah, sudah begitulah tipikal jalan di pegunungan. Lewat kaca jendela mobil banyak pemandangan alam tersaji di sepanjang perjalanan, mulai dari persawahan, jejeran tongkonan hingga makam-makam batu.

Gunung Sesean Toraja

Jalur Pos 5 menuju Pos 6 Gunung Sesean

Sekitar pukul dua siang, tibalah kami di Desa Sesean, desa yang berada di kaki Gunung Sesean dan sebagai titik awal memulai pendakian. Tanpa berlama-lama lagi langsung melakukan persiapan mendaki supaya bisa menyaksikan sunset dari atas gunung. Menuju pos 1 langsung dihajar dengan tanjakan dengan jalan berupa tanah kering. Menuju Pos 2 ternyata masih dihajar dengan tanjakan lagi. Kemudian melewati tangga-tangga beton yang membuat lutut semakin pegal saja karena harus mengangkat kaki lebih tinggi.

Menuju Pos 3, 4, dan 5 ternyata tanjakan semakin parah dan semakin curam berkelok-kelok pula ditambah jalur yang licin karena disini masih sering hujan. Ketika mendaki harus sering memegang ranting pohon untuk membantu naik. Dari pos 2 hingga pos 5 jalur berupa hutan tertutup dan jejak-jejak jalan setapak. Untungnya, Jarak antar pos tidak saling berjauhan.

Gunung Sesean Toraja

View dari Pos 6 Gunung Sesean

Pemandangan Tongkonan dari Ketinggian

Pemandangan Tongkonan dari Ketinggian Sesean

Mulai dari pos 5 hingga puncak jalur berupa padang terbuka. Mulai dari pos 5 ini sudah bisa menikmati keindahan pemandangan alam Gunung Sesean, sehingga di jalur inilah kami banyak berhenti. Di pos 6 kami beristirahat dan mendirikan tenda serta terdapat pula sumber air disana untuk persiapan makan. Namun sayang sore hari turun hujan lumayan deras sehingga pemandangan sunset yang kami buru dari tadi tidak bisa kami nikmati. Bahkan hujan itu awet hingga menjelang tengah malam. Pada tengah malam itu hanya sempat menikmati lampu-lampu kota dibawah sana yang tampak seperti titik-titik cahaya yang bergerak pelan-pelan.

Pagi menjelang. Kemarin gagal menikmati sunset, pagi ini pun gagal lagi menikmati sunrise karena cuaca yang sedang mendung dan tertutup awan. Namun itu tidak mengurangi keindahan pagi itu, salah satunya menikmati lanskap Toraja dari ketinggian.

TIKET MURAH KE MAKASSAR
View from the top of Sesean

View from the top of Sesean

Perjalanan berlanjut menuju puncak Sesean. Sebuah batu besar yang tampak sedang berdiri adalah penanda dari puncak gunung Sesean. Sekitar satu jam perjalanan santai dari pos 6 tadi. Pemandangan dari atas sini lebih wah lagi, awan-awan itu seperti kapas-kapas yang beterbangan menggantung bagai permadani yang berada di bawah kaki kita. Sulit rasanya digambarkan setiap detail keindahannya oleh kata-kata. Keindahan dari puncak gunung selalu memukau ingin rasanya duduk berlama-lama disana. Tapi akhirnya kami harus turun dan kembali pulang.

(Visited 3,104 times, 1 visits today)


About

rangkaijejak.wordpress.com | Selalu penasaran dengan tempat baru ~ Blogger Newbie ~ Fotografer Wannabe


'Menikmati Keindahan Puncak Sesean Toraja' have 6 comments

  1. May 6, 2015 @ 3:39 pm Dwi Pramono

    Foto featurednya bagus sekali.. seperti negeri di atas awan..

    Reply

    • May 6, 2015 @ 5:31 pm Roni

      Mas Dwi itu memang sedang di negeri di atas awan, hehehe….
      Puncak gunung sesean toraja dengan ketinggian 2100 meter dpl

      Reply

  2. May 6, 2015 @ 8:21 pm Aida Al Fath

    suka liat pict nya, indaaaaaah sekaliiii, tapi mikir kalo mau kesana.. mendaki rong… sukses yaa

    Reply

    • May 6, 2015 @ 9:04 pm Roni

      Lebih terasa indahnya kalau bisa berada disana, kalau soal mendaki, pelan-pelan saja.
      Salam sukses juga dari saya

      Reply

  3. May 7, 2015 @ 8:54 am Melly Feyadin

    MasyaAllah kereeeeen banget mas!

    Reply

    • May 7, 2015 @ 12:32 pm Roni

      Keindahan alam yang harus kita syukuri dan jaga mbak melly, hehehe….

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool