Menguji Adrenalin Menuju Pulau Sembilan Sinjai

Menguji Adrenalin Menuju Pulau Sembilan Sinjai
5 (100%) 1 vote

Tak ada habisnya jika ingin mengeksplore tentang keindahan Sinjai, banyak potensi alam yang bisa dijadikan destinasi wisata meski belum terlalu setenar destinasi wisata lainnya yang ada di Makassar atau Toraja dan Sulawesi Selatan pada umumnya. Seperti weekend kemarin, saya dan teman-teman kantor menghabiskan waktu dengan mengeksplore Pulau Sembilan sambil mencecap cita rasa makanan khas Pulau Sembilan.

20150912_083445

Berawal ketika sebuah undangan datang dari seorang murid saya sewaktu menjadi pengajar di Program Pengurangan Pekerja Anak yang diselenggarakan oleh kantor tempat saya bekerja. Sebagai ucapan terima kasih orang tuanya, mereka mengundang kami ke rumahnya. Apalagi kalau bukan acara makan-makan dan menikmati keindahan jejeran Pulau Sembilan yang eksotis itu.

20150912_083724

Pulau Sembilan merupakan sebuah kecamatan yang bernama Pulau Sembilan yang terdapat di Kabupaten Sinjai. Dinamakan pulau sembilan karna berjejer pulau sebanyak sembilan. Berjarak sekira 10 mil laut dari kota Sinjai dan sekira 3 mil laut dari dermaga Cappa Ujung yang ada PPI Lappa.

                                                                    ****
Hari masih pagi ketika saya beserta beberapa orang teman sudah berada di dermaga Cappa Ujung. Cappa Ujung adalah nama dermaga tradisional yang ada di Kelurahan Lappa dan masih berada dalam kawasan PPI Lappa. Namun tak seorang pun teman lainnya yang terlihat di dermaga tsb. Dari perjanjian semula, seharusnya mereka sudah ada di pelabuhan. Beberapa orang mendekat dan menanyakan tujuan kami berada di tempat itu. Mereka adalah pemilik perahu dan speed boat yang menawarkan jasa untuk menyeberangi lautan menuju pulau sembilan. Dengan sopan, saya menolak secara halus kalau saat ini kami belum siap untuk berangkat karna masih menunggu beberapa teman lainnya yang akan ikut dalam rombongan. Kurang lebih sejaman, teman-teman sudah pada berdatangan. Terkumpul sebanyak 15 orang yang akan berangkat.

Ada dua pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Pulau Sembilan. Bisa menggunakan speed boat atau bisa juga memilih perahu kayu. Namun yang kerap dipilih oleh para pelancong sebagai moda transportasi menuju Pulau Sembilan adalah speed boat. Saya dan rombongan memilih speed boat. Dengan melewati proses tawar menawar yang alot akhirnya kami sepakat dengan harga sewa untuk pulang pergi senilai Rp 500.000,- dengan kapasitas penumpang mampu memuat 15 orang. Kami tidak memilih perahu kayu mengingat waktunya sangat terbatas. Jika memilih kapal kayu maka jarak tempuh bisa mencapai 2 jam perjalanan mengarungi lautan. Harga sewa untuk perahu kayu dihargai dengan Rp 300.000 pulang pergi. Namun waktunya sangat tidak efisien.

Ini kami ketiga saya mengunjungi Pulau Sembilan. Tentunya sudah tidak merasa asing lagi. Berbeda dengan beberapa teman saya yang lainnya. Bahkan ada beberapa teman yang sama sekali belum pernah menjejakkan kakinya di pulau yang eksotis tersebut. Sehingga wajar saja jika mereka merasa was-was ketika pertama kali masuk ke Speed boat. Antara rasa cemas dan excited. Cuaca sangat cerah ketika rombongan mulai meninggalkan dermaga Lappa. Laut pun tenang, deburan ombak serta hembusan angin laut membuai sehingga seperti diayun. Perjalanan mengarungi laut lepas mempunyai cerita tersendiri.

Deru mesin speed boat terdengar nyaring memekakkan telinga. Awalnya, perjalanan sangat mengasyikkan namun ketika akan memasuki kawasan laut lepas, mendadak speed boat seperti terguncang. Sontak seisi kapal berteriak histeris. Rasanya darah berhenti mengalir saking paniknya. Dengan tenang bapak si pengemudi speed boat menenangkan kami dengan mengatakan kalau semuanya akan baik-baik saja. Speed boat tetap melaju dengan kecepatan tinggi, pun guncangannya juga semakin terasa. Tidak biasanya seperti ini. Rasanya seperti ketika melewati jalanan bebatuan yang sangat tidak mulus.

Adrenalinpun berpacu, doa-doa dimunajatkan agar perjalanan ini selamat hingga tujuan. Saya hanya bisa terdiam dan tidak berkata-kata. Sudah berbagai macam pikiran buruk yang ada dalam pikiran. Akhirnya hanya bisa pasrah dengan apa yang akan terjadi. Akhirnya setelah melewati perjalanan yang sangat menegangkan selama dua puluh lima menit, speed boatpun yang kami tumpangi bersandar di dermaga Pulau Kanalo 1. Ucapan syukur pun terdengar bersamaan. Huaaa….alhamdulillah….ternyata speed boat fenomenal itu berhasil membawa kami ke tempat tujuan.

20150912_102805

Laut biru serta langit biru menyambut kedatangan kami, pun wajah yang pucat pasi berganti menjadi ceria setelah melihat sekeliling. Warna birunya sangat memanjakan mata serta perpaduan langit biru dan hijau tosca yang memanjakan mata. Well….tak harus pergi jauh untuk menikmati keindahan Indonesia karna semuanya ada di sekitar kita. Teruslah keluar mencari keindahan itu agar semakin percaya akan ciptaanNya yang luar biasa. Jika suatu saat berkunjung ke Sinjai, jangan lupa masukkan Pulau Sembilan sebagai destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi untuk mengukur seberapa keberanianmu saat mengarungi lautan lepas dengan menggunakan speed boat

(Visited 484 times, 1 visits today)


About

Perempuan Biasa, Pentjinta Kuliner, Tukang Jalan, Penikmat dan Pemburu Senja. Kadang ngeblog di http://irhapunya.net


'Menguji Adrenalin Menuju Pulau Sembilan Sinjai' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool