Relief Monumen Korban 40.000 Jiwa

Mengintip Lima Wisata Sejarah Kota Makassar

Mengintip Lima Wisata Sejarah Kota Makassar
4 (80%) 1 vote

Wisata kota Makassar tak melulu hanya seputar kuliner dan keindahan alamnya, namun juga ia memiliki wisata sejarah. Berwisata sambil menambah wawasan tentang suatu daerah adalah suatu yang sangat berharga, apatah lagi jika bisa mengambil pelajaran darinya. Tapi sayang tak banyak pejalan yang suka melakukan wisata model ini. Sejarah dapat bercerita tentang romantisme masa jaya tempo doeloe kadang pula menguak cerita kelam masa lalu.

Lewat tulisan perkenalan ini saya ingin berbagi sedikit dan mungkin hanya sekilas beberapa tempat bersejarah di kota Makassar yang layak dikunjungi ketika berkesempatan datang berwisata ke Makassar.

1. Benteng Rotterdam.

Benteng Rotterdam Makassar

Benteng Rotterdam Makassar (Foto: Indonesia[dot]Travel)

Benteng Jum Pandang adalah nama lain dari benteng ini. Ada pula yang menyebutnya Benteng Panyyua (Makassar = penyu) karena bentuknya menyerupai penyu. Benteng itu kini lebih dikenal dengan nama Fort Rotterdam. Dari namanya saja sudah memiliki sejarah panjang, bukan.

Lokasi benteng ini tidak jauh dari Pantai Losari yang menjadi ikon kota Makassar itu, sekitar dua puluh menit berjalan kaki. Benteng ini juga tak pernah sepi pengunjung. Di dalam benteng terdapat Museum Lagaligo yang banyak menceritakan adat budaya di Sulawesi Selatan.

2. Museum Kota Makassar

Museum Kota Makassar

Sebuah bangunan tua bergaya kolonial berdiri di tengah-tengah kota Makassar, tepatnya di jalan Balaikota No. 11. Memang bangunan ini adalah peninggalan zaman penjajahan Belanda dulu. Jika ingin mengenal kota Makassar lebih dekat janganlah ragu untuk datang ke museum ini, Museum Kota Makassar. Lintasan perjalanan waktu kota Makassar bisa dilihat disana

3. Pasar Bacan.

Suasana Pasar Bacan Makassar

Suasana Pasar Bacan Makassar

Jangan tertipu dengan namanya, pasar ini bukanlah menjual batu bacan. Pasar ini adalah pasar tradisional tertua di kawasan pecinaan di tengah-tengah kota makassar yang berlokasi di jalan bacan. Pasar ini serupa dengan pasar tradisional lainnya yang menyediakan keperluan dapur, namun yang unik mayoritas pembelinya adalah warga Tionghoa sehingga kadang disebut Pasar China. Hal unik lainnya, pasar yang menempati ruas jalan kendaraan ini berlangsung hanya setengah hari. Ketika siang pasar dibongkar dan dibersihkan kembali, sehingga kawasan itu kembali menjadi jalan. Aktivitas bongkar pasang pasar itu sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun lamanya, atau mungkin pula seratusan tahun lalu adanya.

4. Kompleks Makam Raja-Raja Tallo.

Kompleks Makam Raja-Raja Tallo

Kompleks Makam Raja-Raja Tallo

Kompleks makam ini adalah peninggalan dari sisa kejayaan Kerajaan Tallo yang bisa kita saksikan hingga saat ini. Kerajaan Tallo sendiri adalah kerajaan kembar dari Kerajaan Gowa. Maka dari itu sering kita dapati nama kerajaan itu berdampingan, Kerajaan Gowa Tallo. Makam ini terletak di muara sungai Tallo di Jalan Sultan Abdullah Raya, Tallo, Kota Makassar.

5. Monumen Korban 40.000 jiwa.

Relief Monumen Korban 40.000 Jiwa

Relief Monumen Korban 40.000 Jiwa

WISATA KE KOTA MAKASSAR

Monumen ini menjadi pengingat cerita kelam masa lalu. Atas perintah kepala pasukan Belanda, Kapten Raymond Pierre Paul Westerling, membantai para pejuang di Sulawesi Selatan. Peristiwa itu pun dikenal juga dengan nama Pembantaian Westerling.

Di kawasan monumen itu terdapat relief yang menggambarkan aksi kekejaman pada masa itu. Di sebelah kanan relief tersebut terdapat sebuah patung gambaran dari pejuang yang berhasil selamat dengan kaki yang salah satunya buntung begitupula tangannya berdiri sambil memapah sebuah tongkat kayu.

Mungkin itu sekilas informasi lima tempat wisata bersejarah yang ada di kota makassar dan semoga kalian menjadi semakin penasaran mengulik sejarah kota Anging Mammiri ini.

Salam

(Visited 1,111 times, 1 visits today)


About

rangkaijejak.wordpress.com | Selalu penasaran dengan tempat baru ~ Blogger Newbie ~ Fotografer Wannabe


'Mengintip Lima Wisata Sejarah Kota Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool