Mengenal Empat Penjuru Kota Makassar

Mengenal Empat Penjuru Kota Makassar
5 (100%) 1 vote

Ah kota Makassar lagi. Sepertinya tidak akan habis cerita dari kota terbesar di pulau Sulawesi ini. Di website ini akan selalu ada cerita tentang kota yang sebenarnya dibangun oleh orang Belanda ini (ya iyyalah, namanya juga HelloMakassar x)) ).

Setelah bercerita banyak tentang kota ini, tiba-tiba saya baru teringat kalau ada satu hal yang sebenarnya sangat penting untuk diceritakan tentang kota Makassar. Hal itu adalah tentang pembagian kota ini berdasarkan arah mata angin. Kenapa penting? Ya biar kalian yang mau ke Makassar bisa tahu area mana saja yang patut diprioritaskan untuk dikunjungi hehehe.

Kalian bisa cari tahu jalan poros utama di kota ini. Baca ini yuk

Sebenarnya tidak ada pembagian administratif yang baku untuk kota ini. Tidak seperti DKI Jakarta yang secara administratif terbagi atas Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu. Kota Makassar tidak seperti itu, hanya ada pembagian imajiner yang seolah-olah membagi kota ini menjadi empat bagian sesuai arah mata angin.

Keempat pembagian imajiner itu berdasarkan letak dan karakter daerahnya. Menarik bukan? Yuk ah, saya coba terangkan keempat pembagian daerah itu dalam tulisan.

kota makassar

Peta Kota Makassar

Daerah Makassar Bagian Utara

Kota Makassar bagian utara bisa dibilang dimulai dari perbatasan dengan Kabupaten Maros atau sekitar bandara Sultan Hasanuddin. Bagian utara bermula dari sana, turun ke bawah hingga kira-kira ujung Jalan Perintis Kemerdekaan. Sebagian besar bagian utara kota Makassar ini masuk ke dalam Kecamatan Biringkanaya.

Karakter utama kota Makassar bagian utara ini adalah daerah industri dan pendidikan. Bagian paling utara penuh dengan pabrik dan gudang karena di sana ada Kawasan Industri Makassar (KIMA).

Agak ke selatan, kawasan industri mulai berganti dengan kawasan pendidikan. Ada banyak kampus di sana termasuk tentu saja Universitas Hasanuddin. Selain kampus, fasilitas pendukungnya juga tentu saja banyak sekali. Dari kost-kostan, rumah kontrakan sampai tempat fotokopi atau penyewaan komputer.

Seiring dengan semakin ramainya kawasan pendidikan itu bertambah banyaklah pendukung lainnya seperti kafe, factory outlet dan bahkan tempat karaoke yang harganya pas di kantong mahasiswa.

kota Makassar

bagian selatan kota Makassar dilihat dari udara

Daerah Makassar Bagian Selatan

Bagian selatan Makassar bisa kita masukkan bagian Tanjung Bunga dan sekitarnya termasuk kawasan Daeng Tata, Tala Salapang dan Alauddin. Kawasan Selatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Gowa di selatan.

Dibandingkan kawasan utara, kawasan kota Makassar bagian selatan ini lebih beragam karakternya. Ada pusat perbelanjaan dan hiburan di kawasan Tanjung Bunga, ada kawasan pemukiman di sekitar Tanggul Patompo dan Daeng Tata serta ada juga kawasan pendidikan di sekitar Jalan Sultan Alauddin dan Tala Salapang.

Trans Studio dan Trans Mall bisa dibilang berada dalam kawasan selatan ini, berdekatan dengan kawasan perumahan Tanjung Bunga. Di sekitar Jalan Alauddin dan Tala Salapang ada dua kampus besar yaitu Universitas Islam Negeri Alauddin dan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kedua kampus itu turut mendorong tumbuhnya perekonomian di sekitarnya. Terbukti dengan hadirnya banyak tempat makan, café dan sejenisnya.

kota Makassar

Kawasan barat kota Makassar sekitar garis pantai

Daerah Makassar Bagian Barat.

Bagian ini bisa dibilang sebagai bagian kota lamanya Makassar. Kota Makassar dahulu mulai tumbuh dari bagian barat yang merapat ke pesisir pantai ini. Sisa-sisa kota lama masih bisa dilihat, baik dari benteng Jumpandang (atau terkenal sebagai Fort Rotterdam) hingga kawasan pecinan dan bangunan-bangunan sekitar lapangan Karebosi.

Bagian barat kota Makassar ini sangat padat. Dari kawasan permukiman, bisnis, perkantoran hingga industri. Permukiman paling padat tentu saja di kawasan pecinan yang memang sudah ada sejak ratusan tahun lalu, lalu kawasan padat lainnya adalah sekitar pesisir pantai yang juga sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Kemudian kawasan bisnis juga selain di sekitar pecinan juga ada banyak di sepanjang Jalan Ahmad Yani yang berada di sisi Lapangan Karebosi.

Sebagai pusat kota tua Makassar, perkantoran juga tentu saja memadati bagian barat kota Makassar ini. Dari kantor pemerintah, bank, sampai kantor-kantor swasta. Di bagian sekitar pelabuhan area industri ikut menyempil. Penyebabnya tentu saja karena kawasan pelabuhan Soekarno Hatta juga terkenal sebagai pelabuhan bongkar muat paling ramai di timur Indonesia.

Di kawasan barat kota Makassar ini kita bisa menemukan banyak destinasi wisata sejarah. Benteng Jumpandang (Fort Rotterdam), museum kota hingga tentu saja Pantai Losari yang femes itu.

kota Makassar

Pemandangan sore hari di salah satu bagian timur kota Makassar. Padat ya?

Daerah Makassar Bagian Timur.

Bersebarangan dengan kawasan barat, kawasan timur kota Makassar ini bisa dibilang sebagai pusat kota baru Makassar. Di kawasan ini tumbuh pesat beragam pusat bisnis dan hiburan bahkan permukiman dan perkantoran.

Kawasan timur kota Makassar ini dipenuhi dengan mall dan ruko yang dijadikan pusat bisnis. Keduanya berdesakan dengan perkantoran utamanya milik pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Permukiman penduduk ikut memadati kawasan bagian timur ini. Tidak heran kalau harga tanah di sini meningkat cukup pesat.

Kawasan timur memang jadi penyangga untuk urusan bisnis dan hiburan di kota Makassar. Kawasan ini berkembang sangat pesat utamanya ketika Jalan Hertasning Baru atau Jalan Aroeppala beroperasi. Jalan yang menghubungkan kota Makassar dan Kabupaten Gowa ini membuat denyut ekonomi berdetak kencang. Tidak salah kalau ada yang bilang kawasan timur kota Makassar ini adalah pusat kota yang baru.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata

Nah kira-kira begitulah pembagian imajiner kota Makassar berdasarkan arah mata angin. Tiap-tiap bagian punya karaternya masing-masing bukan? Buat kalian yang akan ke kota ini baik sekadar berwisata atau tinggal dalam waktu lama, informasi ini mungkin akan membantu. Kalian bisa mengira-ngira enaknya tinggal di mana, hehehe.

(Visited 66 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Mengenal Empat Penjuru Kota Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool