Mengenal 5 Prasasti Sejarah Kota Makassar

Mengenal 5 Prasasti Sejarah Kota Makassar
5 (100%) 1 vote

Makassar, mendengar nama ini sepertinya sudah tak asing lagi di telinga sobat sekalian. Kota yang terkenal dengan ikonnya yang menarik wisatawan baik lokal dan internasional, apalagi kalau bukan dengan Pantai Losari-nya dan kuliner khas-nya yaitu Coto Makassar.

Ternyata di balik setiap panorama nya yang indah dan menawan, Kota Makassar memiliki sejarahnya di masa lalu yang cukup membuat kita bertanya-tanya ada apa sih dengan Makassar. Ternyata sejarah Makassar tersendiri sangat berhubungan dengan beberapa monumen yang mungkin sekarang sudah tenggelam di tengah gedung-gedung tinggi lainnya.

Di beberapa sudut kota, kita dapat melihat monumen-monumen ini cukup tegak berdiri seakan ingin mengatakan bahwa inilah tanda sejarah yang ada di Makassar. Jika sobat berlibur ke Makassar, tak ada salahnya jika kita meluangkan waktu untuk melihat sejarah yang ada di Makassar. Berikut ini adalah 5 monumen yang ada di Makassar :

1. Monumen Mandala

Monumen Mandala Kota Makassar (Sumber : http://panduanwisata.id/files/2013/02/wisata_monumen-mandala-sejarah-pembebasan-irian-barat_1.jpg)

Monumen Mandala

Monumen Mandala adalah salah satu monumen yang terkenal di Makassar, bentuknya yang sedikit mirip dengan Monumen Nasional (Monas) Jakarat tai lebih gendut ini didirikan pada 11 januari 1994 dengan tinggi yang mencapai 75 meter. Monumen yang terletak di jalan Jenderal Sudirman yang berdekatan dengan pusat kota ini merupakan salah satu tanda bukti pembebasan Irian Barat kala itu pada tahun 1962. Dalam bangunan Monumen Mandala terdapat seuah relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan dan Diorama perjuangan pahlawan nasional dalam pembebasan Irian Barat. Selain itu terdapat juga sebuah museum nasional yang berisikan sejarah nasional bangsa Indonesia.

2. Monumen Emmy Saelan

Monumen Emmy Saelan (Sumber : http://2.bp.blogspot.com/-VZuOVH_8Uxg/UX0To_FQfAI/AAAAAAAAAeA/5Sk2W-zJi_k/s1600/monumen-emmy-saelan-2.jpeg)

Monumen Emmy Saelan

Monumen Emmy Saelan merupakan sebuah monumen yang tersembunyi diantara bangunan-bangunan permukiman ibu kota Makassar. Monumen ini dibangun pada tahun 1985 oleh Menteri Polhukam pada saat itu yakni bapak Surono. Monumen Emmy Saelan sendiri terletak di jalan Hertasning tidak jauh dari lapangan Emmy Saelan. Untuk sekedar mengingatkan sobat semua, Emmy sendiri dilahirkan di Makasar, pada 15 Oktober 1924 sebagai putri sulung dari 7 bersaudara. Emmy Saelan adalah seorang pejuang perempuan dari Sulawesi yang gugur di medan perjuangan di kasi-kasi dekat kota Makasar pada tahun 1947 yang kala itu melawan Agesi militer Belanda yang di Komandoi oleh Kapten Wasterling.

3. Monumen Korban 40.000 Jiwa

Monumen 40.000 Jiwa Kota Makassar (Sumber : http://wisatasulawesi.com/wp-content/uploads/2013/11/Patung-dan-Relief-korban-Westerling.jpg)

Monumen 40.000 Jiwa Kota Makassar

Monumen Korban 40.000 Jiwa terletak di Jalan Langgau, Kota Makassar. Monumen ini dapat dikatakan merupakan sebuah mahakarya yang berisikan kisah tragis pembantaian rakyat sulawesi selatan khususnya Kota Makassar ketika Indonesia menyatakan Kemerdekaannya. Pada tahun 1946-1947 sebanyak 40.000 orang dibantai dalam sebuah operasi penumpasan pemberontak oleh pasukan khusus Belanda yang dipimpin Westerling. Dalam monumen ini sobat bisa melihat relief bagaimana kondisi masyarakat ketika Belanda menyerang dab bagaimana keadaan masyarakat yang sempat hidup di tengah kepanikan dari serangan Belanda.

4. Tugu Ribu’rane

 

Tugu Ribu'rane (Sumber : http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1070851&page=24)

Tugu Ribu’rane

Tugu Ribu’rane atau biasa disebut sebagai Tugu Mandiri merupakan sebuah tugu yang terletak di persimpangan Jalan Ribu’rane, Jalan Nusantara, dan Jalan Ahmad Yani. Tugu ini memiliki tinggi 10 meter dan diatasnya terdapat  sepasang anak muda laki-laki dan perempuan yang mengenakan pakaian adat sulawesi selatan yaitu Baju Bodo’ sambil melambaikan tangan kearah semenanjung pantai Makassar. Arti dari tugu ini sebenarnya adalah tugu yang ingin menyampaikan “Selamat Datang” kepada wisatawan yang datang, karena sebenarnya tugu ini terletak dekat Pelabuhan Soekarno Hatta.

5. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan Kota Makassar (Sumber : http://kreport.kompas.com/index.php/kreport/article?id=4988)

Tugu Pahlawan Kota Makassar

Tugu Pahlawan, mungkin keberadaaannya sulit untuk ditemukan tapi percayalah sobat karena sebenarnya tugu ini masih berdiri kokok melawan waktu. Jika sobat menyadarinya dengan seksama sebenarnya tugu ini tidak jauh dari Tugu Ribu’rane hanya berselisih jarak sekitar 200 meter saja. Dan bagi sobat yang sudah berkunjung ke Benteng Rotterdam sebenarnya Tugu ini terletak persis di depan Benteng (pintu masuk) atau lebih tepatnya lagi depan pintu masuk Kampung Popsa.

Tugu ini memiliki sekitar 15 meter di tepi pantai arah barat benteng Fort Rotterdam Sebuah prasasti di kaki tugu yang huruf-hurufnya telah kabur terkelupas, tertera tanggal peresmian 12 September 2003 oleh Mayjen TNI Purn. Andi Mattalatta atas nama sesepuh pejuang. Tertulis di tugu tersebut sebagai monumen bersejarah tempat pendaratan TNI AD bertempur melawan tentara NICA Belanda tahun 1949.

(Visited 2,122 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'Mengenal 5 Prasasti Sejarah Kota Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool