Mengenal 4 Tempat Pengibaran Bendera Yang Tak Biasa di Sulsel

Mengenal 4 Tempat Pengibaran Bendera Yang Tak Biasa di Sulsel
5 (100%) 1 vote

Ajakan untuk menaklukkan puncak terdingin di salah satu gunung Sulawesi Selatan datang dari salah seorang teman. Sayang sekali ‘godaan’ tersebut datang terlambat. Saya tidak berani meng-iyakan tanpa persiapan fisik yang matang.

Godaan mendaki gunung datang bukan tanpa alasan. Sudah menjadi kebiasaan beberapa orang mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung setiap melakukan pendakian. Terlebih jika mendapati momen 17 agustus. Maka tidak hanya pengibaran bendera  tetapi upacara bendera lengkap dengan nyanyian lagu Indonesia raya akan berkumandang di puncak gunung

Pengibaran bendera biasanya dilakukan di lapangan upacara dengan personel yang lengkap serta seragam yang rapi. Namun banyak juga  yang memilih mengibarkan bendera di tempat-tempat yang tak biasa.  Berikut beberapa tempat mengibarkan bendera yang ‘tidak lazim’ di sulawesi selatan.

  1. Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng merupakan salah satu gunung tertinggi di sulawesi selatan dengan ketinggian 2883 mdpl (meter diatas permukaan laut). Gunung ini menjadi tempat favorit untuk mengibarkan sang merah putih bagi pecinta alam. Menjelang 17 agustus, hampir dapat dipastikan jumlah pendaki gunung Bawakaraeng akan meningkat pesat.

gambar atas : indira mengibarkan bendera di puncak gunung Bawakaraeng gambar bawah : penampakan gunung bawakaraeng (sumber : tribun news online)

gambar atas : indira mengibarkan bendera di puncak gunung Bawakaraeng
gambar bawah : penampakan gunung bawakaraeng (sumber : tribun news online)

Gunung Bawakareng terletak di kabupaten Gowa Sulawesi Selatan dan berjarak ratusan kilometer dari kota Makassar. Untuk mencapai gunung Bawakaraeng, pendaki bisa melalui kabupaten Gowa ataupun Kabupaten Sinjai. Jika melalui kabupaten Gowa,  pendakian dimulai di desa Lembanna, kecamatan Tinggi Moncong. Jalur ini adalah jalur favorit. Namun ada juga beberapa pendaki yang memilih memulai pendakian dari Dusun Tassoso, Desa Gunung Perak, kecamatan Sinjai Barat, kabupaten Sinjai. Konon jalur ini lebih dekat tapi memiliki rute yang cukup ekstrim.

2. Gunung Bulusaraung

Gunung Bulusaraung terletak di kabupaten Pangkep. Pendaki yang ingin mencapai puncak bisa memarkir kendaraan di desa Tompobulu, titik start pendakian. Untuk pendaki pemula, gunung Bulusaraung sangat cocok untuk dijajal. Rute yang cukup bersahabat membuat puncaknya sering ramai di akhir pekan.

Puncak gunung Bulusaraung berada di ketinggian 1353 mdpl. Tidak begitu tinggi jiika dibandingkan dengan Gunung Bawakaraeng. Tapi pemandangan dari atas puncak gunung tak kalah indah.

Berfoto di puncak gunung Bulusaraung (foto : Agus Isnaen)

Berfoto di puncak gunung Bulusaraung (foto : Agus Isnaen)

pendaki biasanya melakukan summit attack setelah shalat subuh dan mengejar view matahari terbit dari puncak gunung. Jika sedang beruntung,  matahari akan terlihat terang dengan warna orange hangat. Itu kalau kabut tidak menutupi puncak gunung. Jika sudah demikian, pendaki harus bersabar hingga kabut menghilang untuk bisa menyaksikan pemandangan dari atas puncak gunung Bulusaraung.

3. Tebing Mandu

Tebing ini terletak di kabupaten Enrekang tepatnya di kecamatan Baraka. Saat melakukan perjalanan ke Baraka beberapa tahun silam, bendera yang terletak di Tebing Mandu masih menempel dengan gagah meski beberapa sisinya sudah koyak.

insert baraka

gambar kiri : lembah Baraka (sumber : Enrekang.com) gambar kanan : tebing Mandu (sumber : ieeyus.blogspot.coom)

Keberadaan bendera merah putih di tebing Mandu merupakan bagian dari program salah satu tv swasta di tahun 2009. Program tersebut bernama indonesia bersatu yang menyiarkan pengibaran banyak bendera merah putih di momen 17 agustus di beberapa titik seluruh Indonesia, salah satunya di tebing Mandu. Bendera tersebut berukuran 21 x 12 meter dan dipasang oleh pendaki tebing profesional.

Dari kejauhan, tebing Mandu terlihat indah karena dikelilingi dengan pesona alam lembah Baraka. Gunung, bukit, dan lembah menyatu dalam lanskap yang sempurna. Cuaca di tempat ini juga sejuk. Tidak heran jika tanahnya menjadi lahan yang subur untuk petani sayur.

4. Gunung latimojong

Secara administratif, gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang, Kecamatan Baraka, Desa Rantelemo, Dusun Karangan. Perjalanan dari kota Makassar menuju Baraka bisa mencapai 7-8 jam dengan rute yang cukup berkelok-kelok.

Gambar kiri : mengibarkan bendera di puncak Rante Mario, gunung Latimojong (sumber : https://ase7adventure.files.wordpress.com/2012/11/dscn0452.jpg) gambar kanan : Puncak tertinggi di Sulawesi Selatan(sumber : https://rangkaijejak.files.wordpress.com/2013/12/49.jpg)

Gambar kiri : mengibarkan bendera di puncak Rante Mario, gunung Latimojong (sumber : ase7adventure[dot]wordpress.com)
gambar kanan : Puncak tertinggi di Sulawesi Selatan(sumber : rangkaijejak[dot]wordpress.com)

Gunung latimojong merupakan puncak tertinggi di sulawesi selatan. Ketinggiannya mencapai 3.478 meter diatas permukaan laut. Menurut pegalaman beberapa pendaki yang sudah menaklukan gunung ini, rute yang dilaui cukup sulit. Alasan tersebut membuat Gunung Latimojong tidak begitu ‘ramah’ untuk pendaki pemula.

Gunung latimojong sejatinya adalah kumpulan pegunungan dengan beberapa puncak. Puncak Sinaji (2430 mdpl), Puncak Pantealoan (2500 mdpl), puncak Bajaja (2700 mdpl), puncak Sikolong (2754 mdpl), puncak Latimojong (2800 mdpl), puncak Pokapinjang (2970 mdpl), puncak Rante Kambola (3083 mdpl), puncak Nenemori (3397 mdpl), dan yang tetinggi adalah puncak Rante Mario (3478 mdpl).

Jika anda berasal dari luar kota dan tertarik mengibarkan bendera di tempat-tempat ini, silahkan cari tiket pesawat murah dan booking dari sekarang. Tempat-tempat ini menunggu anda (juga saya) untuk segera menapakkan kaki di puncak-puncaknya.

(Visited 2,382 times, 2 visits today)


About

andiarifayani.blogspot.com | Sobat LemINA | Penyala Makassar


'Mengenal 4 Tempat Pengibaran Bendera Yang Tak Biasa di Sulsel' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool