Mencari Kehangatan Dalam Rimbun Teduhnya Hutan di Soppeng

Mencari Kehangatan Dalam Rimbun Teduhnya Hutan di Soppeng
5 (100%) 1 vote

Para penggemar balap mobil F1 mengenal Sirkuit Spa-Francorchamps sebagai tempat penyelenggaraan Grand Prix Belgia. Bagi para fans, sirkuit ini juga menjadi sirkuit paling populer karena lokasinya yang berada di tengah hutan pedalaman. Menariknya Spa yang merupakan kota yang terletak di bagian selatan kota di Belgia  ini diambil namanya untuk menunjuk sebuah tempat di mana air yang diyakini memiliki sifat menyehatkan terdapat pemandian air panas atau mineral.

Ribuan kilometer dari kota Spa, kami sedang menyusuri jalan beraspal yang kecil dimana di sekelilingnya terhampar sawah.Tujuan kami adalah sebuah permandian air panas bernama Lejja. Pemandian Alam Air Panas Lejja berada di kawasan hutan lindung berbukit dengan panorama yang indah di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa, 44 km utara Kota Watansopeng yang merupakan ibukota Kabupaten Soppeng. Lejja berjarak sekitar 180 km dari kota Makassar

Jalan masuk ke Lejja ( source travel detik)

Jalan masuk ke Lejja ( source travel detik)

Mata air panas atau sumber air panas adalah mata air yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Di seluruh dunia terdapat mata air panas yang tidak terhitung jumlahnya, termasuk di dasar laut dan samudra.Air dari mata air panas mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium, litium, atau radium.

Lamunan saya teralih pada perubahan langsekap yang ada. Dari hamparan sawah kemudian kami memasuki rimbunan hutan dengan beberapa leluk bebatuan yang menonjol di permukaan bumi. Setelah melewati perjalanan dengan turunan dan belokan yang tajam, sampailah kami ke gerbang permandian air panas Lejja.Di tempat ini memiliki sumber air panas dengan suhu mencapai 60 derajat celcius.

Mandi berendam di dalam air panas bermineral dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berdasarkan alasan tersebut, orang membangun pemandian air panas dan spa untuk tujuan rekreasi dan pengobatan.

Lejja yang hangat

Lejja yang hangat

Air yang keluar dari mata air panas dipanaskan oleh geotermal (panas bumi). Semakin dalam letak batu-batuan di dalam perut bumi, semakin meningkat pula temperatur batu-batuan tersebut. Peningkatan temperatur batuan berbanding dengan kedalaman disebut gradien geotermal. Air merembes ke dalam kerak bumi, dan dipanaskan oleh permukaan batu yang panas. Air yang sudah dipanaskan keluar di mata air panas yang lokasinya jauh dari gunung berapi.

Pondok peristirahatan di Lejja

Pondok peristirahatan di Lejja

Fasilitas di Pemandian Alam Air Panas Lejja cukup memadai dengan adanya kolam pemandian umum dan private, toilet, ruang bilas, tempat ganti pakaian, pondok peristirahatan, lapangan tenis dan baruga wisata sebagai tempat pertemuan yang bisa menampung 300 orang. Untuk kolam pemandian private disediakan dengan rumah panggung kecil yang memiliki kolam di belakangnya dengan lebar 3 meter. Sedangkan untuk kolam pemandian umumnya terdapat 5 kolam dengan fungsi yang berbeda

Kolam pertama, airnya benar-benar panas,telur yang dicelupakan di kolam ini dapat jadi setengah masak.

Kolam kedua, kolam cukup dangkal dengan kondisi air hangat yang dapat digunakan untuk anak-anak kecil atau untuk anda yg tidak dapat berenang, dapat pula menggunakan kolam ini.

Kolam ketiga, kolam dengan kedalaman hanya leher serta air suam-suam kuku untuk orang dewasa. Ada pelampung yang disewakan bila anda takut berenang di kolam ini.

Kolam ke empat air di kolam ini telah normal tak telalu panas ataupun terlampau dingin serta kolam ini spesial untuk yang dewasa saja.

kolam ke lima, kolam yang ada di seblah timur ini dilengkapi dengan papan loncatan

Kolam di Lejja

Kolam di Lejja

Di sekitar pemandian, Jangan kaget jika menemukan kaleng atau plastik yang di ikat di pohon atau di akar di lokasi ini. Masih ada pengunjung yang  masih percaya kepada hal-hal berbau mistis, berkunjung ke Lejja kerap dijadikan sasaran untuk melakukan khaul atau niat.  Kaleng atau plastik tersebut, menjadi simbol pengharapan seseorang. Jika keinginan yang bersangkutan telah terpenuhi atau terwujud, maka dia akan datang kembali ke Lejja untuk melepaskan kaleng yang telah digantungkannya.

Pemandian-Air-Panas-Lejja (source: otiket.com)

Pemandian-Air-Panas-Lejja (source: otiket.com)

Di tengah rimbunan hutan ini kami menemukan kehangatan dari air yang mengalir dan hati-hati yang bergembira karena kebersamaan bersama sahabat dan keluarga.

Karena mencari kehangatan tak perlu jauh ke Belgia.

(Visited 414 times, 1 visits today)


About

Coffe Holic | Suka menggambar | suka menghayal | lagi belajar motret | suka grogi dekat cewe cantik | mengasuh http://daengadda.com/ |


'Mencari Kehangatan Dalam Rimbun Teduhnya Hutan di Soppeng' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool