Pucak Teaching Farm

Mencari Cinta Sampai ke Pucak

Mencari Cinta Sampai ke Pucak
5 (100%) 1 vote

Matahari bersembunyi di balik gumpalan awan. Tadi pagi hujan turun menyapu debu-debu dari cuaca panas. Perjalanan baru 10 km, sepatu dan kaki saya sudah berwarna kelabu. Terpercik lumpur dari debu-debu yang tersiram air hujan. Bunyi tungkai pemindah gigi berkolaborasi dengan deru napas bercampur angin yang berhembus dari sela-sela daun. Sesekali suara burung mengeringi pergerakan kami menuju ke Dusun Puncak Desa Pucak Tompobulu Kabupaten Maros.

Pucak adalah sebuah daerah peristirahatan dan perkampungan yang terletak sekitar 40 km dari Kota Makassar. Sekitar dua jam perjalanan bersepeda. Destinasi kami adalah sebuah kawasan Agrowisata yang dikenal dengan nama Pucak Teaching Farm.

Pucak Teaching Farm

Jalan menuju Pucak

Kerinduan saya bersepeda hari ini terobati, kesibukan selama tiga minggu terakhir nyaris membuat saya tidak dapat bersantai.Setelah dua jam bersepeda sampailah kami di desa Pucak. Dimana kami akan menuju ke Pucak Teaching Farm. Pucak Teaching Farm sendiri adalah kawasan agrowisata keluarga yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung berupa kolam renang dan wahana air, Penangkaran hewan dan wisata pertanian.

Kawan seperjalanan Ulla berkomentar : “ Beberapa tahun yang lalu ketika saya kesini, jalan masih rusak “ sambil membenarkan posisi kacamatanya. Saya yang baru pertama kali melewati jalur Makassar –pucak tidak lagi merasakan kondisi tersebut. Jalan menuju pucak nyaris mulus. Memang ada beberapa bagian yang rusak namun secara keseluruhan kondisi jalan cukup bagus.

Pucak Teaching Farm

Penunjuk Arah

Pucak Teaching Farm merupakan titik putar destinasi kami untuk kembali ke Makassar. Untuk masuk ketempat ini pengunjung diharuskan membeli karcis. Cukup hanya membayar lima ribu rupiah.
Begitu memasuki pintu gerbang melengoklah ke sebelah kanan anda. Sebuah gerbang akan menuntun anda menuju sangkar burung besar. Dalam tempat ini terdapat berbagai jenis burung dan hewan lainnya.Di dalam kawasan Pucak Teaching Farm juga terdapat kolam Buaya, Taman Rusa, dan taman satwa.

Pucak Teaching Farm

Di depan Pintu Masuk Pucak Teaching Farm

Pucak Teaching Farm awalnya adalah perkebunan pribadi milik bapak HZB. Palaguna. Gubenur Sulawesi Selatan periode 1993 sampai dengan 2003.Perkebunan ini awalnya merupakan kebun uji coba beberapa varietas perkebunan. Beliau merasa perlu menguji coba dahulu varietas-varietas tersebut sebelum dibuat menjadi sebuah kebijakan. Beberapa uji coba yang sudah dilakukan dan telah menunjukkan hasil adalah budi daya jeruk siam, budidaya ikan nila, budidaya ikan mas, penangkaran rusa jenis Rusa Timor, peternakan kambing Boerawa dan produksi jeruk siam.
Awal tahun 2000, kawasan ini mulai diarahkan menjadi kawasan agrowisata dengan dengan dibangunnya beberapa fasilitas pendukung. Tepat bersebelahan dengan pos tiket masuk terletak wahana kolam renang. Wahana kolam renang ini terdiri dari kolam anak –anak dan kolam dewasa. Terdapat pula beberapa permainan air untuk menambah keceriaan pengunjung. Bagi anda yang ingin menikmati malam di kawasan ini, terdapat beberapa pondok yang disewakan.

Pucak Teaching Farm

View Kolam Renang ( Source : Panoramio)

Sebuah kebun jeruk seluas 10 hektar dengan buah yang sudah dapat dinikmati hasilnya oleh pengunjung. Tidak perlu repot Jika anda ingin mencicipi jeruk siam tersebut. Pengelola kawasan sudah menyiapkan tempat khusus di tepi danau . Anda bisa membelinya dengan harga yang murah.Jembatan merah merupakan landmark telaga buatan seluas sekitar 2 Ha. Dalam telaga buatan dibudayakan ikan patin,ikan nila dan ikan mas. Sebagai penunjang wisata air, telaga ini dilengkapi permainan air berbentuk bebek.

Pucak Teaching Farm

Saatnya Pulang

Semilir angin berhembus dari sela pepohonan. Daun-daun kecoklatan terbang meliuk-liuk dipermainkan angin sebelum terhempas diatas rerumputan hijau. Suara music dangdut dari televisi bercampur dengan tawa canda kami. Kami bersantai menikmati kopi susu manis di kantin. Ada rasa enggan meninggalkan tempat ini.
Disana saya menemukan cinta.

(Visited 968 times, 1 visits today)


About

Coffe Holic | Suka menggambar | suka menghayal | lagi belajar motret | suka grogi dekat cewe cantik | mengasuh http://daengadda.com/ |


'Mencari Cinta Sampai ke Pucak' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool