Yuk Kenali Prosesi Dalam Meminang Gadis Bugis

Vote Us

Apa kareba Ezytravelers? baji-baji ji? Alhamdulillah. Bicara tentang suku Bugis mungkin tidak akan ada habisnya kalau kita membahas adat, budaya dan tradisi dalam satu artikel. Kali ini saya ingin mengajak kalian semua mengenal tentang asmara nih. Kalian tahu tidak kalau gadis Bugis itu cantik-cantik loh, tekun, berani dan santun dalam berbicara.

Hayo ngaku siapa di sini siapa yang punya gebetan atau calon istri gadis Bugis? Sudah tahu belum bagaimana cara meminang mereka sesuai adat Bugis? Belum? Aduh sepertinya kalian harus diberitahu nih biar nanti pas lamaran tidak kaku di depan calon mertua.

Baca juga tradisi orang Bugis ketika memasuki rumah baru

Buat kalian yang berniat menikahi gadis Bugis ada beberapa hal yang perlu kalian tahu nih. Dalam budaya Bugis , sebelum anak gadis mereka dinikahi biasanya ada tiga tahapan yang harus dilalui oleh sang pria agar mendapat restu dari calon mertua.Ketiga tahapan ini sangat penting karena menentukan apakah kamu bisa diterima menjadi bagian keluarga besar mereka atau tidak.

Ingin tahu apa saja tahapan yang dimaksud? Yuk simak langsung disini :

1. TAHAP PENDEKATAN (MAPPESE-PESE)

tahap-pendekatan

Proses Lamaran Adat Bugis Makassar Dari Pihak Perwakilan Pria

Mungkin kita biasa mendengar sebelum menikah pasti ada sebuah acara lamaran antar keluarga. Sepertinya hal ini berbeda dengan adat suku Bugis Kalau menurut adat Bugis maka kamu wajib melakukan pendekatan dahulu ke keluarga besar gadis pujaanmu itu.

Tahap ini yang dikenal dengan istilah Mappese-pese yang mengharuskanmu membawa seorang wakil keluarga, bukan orang tua melainkan adik atau kakak baik dari ayah atau ibu yang dianggap paling bijak dan bisa mewakili keluargamu untuk membicarakan niat baikmu melamar gadis pujaan.

Jangan lupa nih, saat melakukan kunjungan ke rumahnya, kamu wajib membawa seserahan atau oleh-oleh minimal kue-kue untuk simbol hantaran bagi keluarga gadis pujaanmu. Ingat juga, ini adalah tahap pendekatanmu terhadap keluarga gadis pujaanmu, sebisa mungkin kamu harus bisa meyakinkan orang tuanya bahwa kamu adalah pria yang tepat menikahi anaknya.

2. TAHAP MELAMAR GADIS BUGIS (MASSURO)

melamar-gadis-bugis

Prosesi Pembahasan Uang Panai’ dan Acara Pernikahan

Saatnya menuju ke tahap selanjutnya yaitu melamar dikenal dengan istilah Massuro. Kembali lagi nih jika umumnya proses lamaran itu dihadiri oleh sang pria serta kedua orang tuanya untuk bertemu orang tua sang gadis, nah untuk adat Bugis punya keunikannya tersendiri. Dalam tahapan ini baik kamu maupun kedua orang tuamu tidak diperkenankan ikut. Jadi yang hadir adalah kerabat dekatmu sebagai perwakilan dan juga juru bicara.

Di tahap ini juga akan sekaligus membahas mengenai Uang Pana’i (mahar) dan Sompa (persembahan) sebagai syarat yang harus siapkan untuk meminang gadis Bugis Makassar. Besarnya Uang Pana’i ini tergantung bagaimana negosiasi antara perwakilanmu dan keluarga sang pujaan hati.

3. TAHAP AKHIR (MENRE’ KAWING)

tahap-akhir

Penyerahan Seserahan Untuk Pihak Keluarga Perempuan

Akhirnya kita sampai di tahap terakhir dalam rangkaian tahapan untuk meminang gadis Bugis. Mulai dari sini semua keluarga baik dari pihak pria maupun wanita wajib datang semua. Makin banyak anggota keluarga yang datang maka kamu bakal dianggap punya keluarga besar yang kompak dan menggambarkan kesungguhan kamu dan keluarga untuk menjalin hubungan kekeluargaan.

Dalam berkumpulnya kedua belah pihak keluarga, kamu harus sudah menyiapkan sejumlah Bosara (seserahan) seperti perhiasan, pakaian, dan kebutuhann lainnya bagi mempelai wanita. Jangan lupa juga untuk membawa Uang Pana’i yang sudah kamu dan keluarga setujui dan Sompa (persembahan) berupa emas, kebun, atau tanah untuk diberikan kepada gadis yang akan kamu nikahi sebagai tanda bahwa kamu memang punya niatan untuk serius dengan hubungan ini. Rangkaian acara ini disebut Mappenre Dui atau mengantarkan uang pesta.

Beragam paket liburan hemat, bisa kamu dapatkan di sini: Tiket pesawat yang murah, Pilihan hotel yang murah, dan Tur Keliling Indonesia

Acara paling akhir adalah menentukan hari atau dikenal dengan Mappetu Ada untuk acara pernikahan. Tapi biasanya acara ini bisa langsung dilakukan di tahap ini juga jika kedua keluarga setuju dan tentunya kamu juga harus siap mental untuk menikahi dengan prosesi ijab kabul.

Nah itulah tahapan atau proses yang harus kalian lalui kalau ingin menikahi gadis Bugis. Tidak terlalu ribet kan prosesnya? Dan pastinya jika kamu sudah siap segera nikahi dia yang jadi pujaan hatimu dan semoga bisa menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah.

(Visited 335 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'Yuk Kenali Prosesi Dalam Meminang Gadis Bugis' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool