Bukit Sampoddo Palopo

Memandang Palopo dari Ketinggian Bukit Sampoddo

Memandang Palopo dari Ketinggian Bukit Sampoddo
5 (100%) 2 votes

Dulu, saya tidak pernah menyukai pemandangan dan jalan berkelok-kelok di bukit Sampoddo. Setiap kali ke Makassar dan bis yang saya tumpangi mulai menanjak melewati Sampoddo, saya pasti memejamkan mata berusaha tidur dan manahan mual sambil terus mengulang-ulang kalimat “jangan muntah yaa, jangan muntah yaa” X))

Tapi itu dulu. Belakangan saya bahkan membelalakkan mata menikmati kerlip lampu kapal dan bagang di kejauhan saat melewati lokasi ini, atau memandang laut, tambak dan pegunungan yang menyatu dalam keindahan Bukit Sampoddo saat kendaraan yang saya tumpangi melintas di siang hari. Saat mudik lebaran 2013 bersama anbhar berboncengan mengendarai motor dari Bone menuju Palopo, kami bahkan menyempatkan diri untuk mampir bersitirahat dan menikmati jagung rebus sambil memandang palopo dari ketinggian Bukit Sampoddo.

Bukit Sampoddo Palopo

Sejatinya, Sampoddo merupakan nama sebuah kelurahan yang berlokasi di Kecamata Wara Selatan, Palopo. Tapi kemudian yang lebih populer adalah kawasan Puncak Sampoddo Palopo atau Bukit Sampoddo, yang kemudian dikembangkan menjadi tempat nongkrong di mana kita bisa menikmati Palopo dengan sudut pandang berbeda.

Bukit Sampoddo terletak sekitar 7 km sebelum memasuki wilayah kota Palopo, tidak jauh dari perbatasan Palopo dan Bua. Kota Palopo sendiri berjarak 362 km dari kota Makassar dan dapat ditempuh selama 7 hingga 8 jam perjalanan menggunakan bis antar kota dalam propinsi. Kota Palopo ini berbatasan dengan Kabupaten Luwu di bagian Selatan dan Utara, Kabupaten Tanah Toraja di bagian Barat dan Teluk Bone di bagian Timur.

Bukit Sampoddo Palopo

Rindangnya pepohonan dan sejuknya udara di Bukit Sampoddo kemudian menarik minat para pedagang untuk membangun tempat nongkrong yang cukup nyaman. Puluhan gazebo atau pondok disulap menjadi warung kecil dengan konsep semi outdoor yang menawarkan kelezatan santapan jagung rebus ataupun jagung bakar serta minuman arak manis dari sari buah pohon aren. Selain menu tersebut, sebenarnya masih ada menu-menu lain yang ditawarkan, tetapi yang paling laris ya dua menu tadi 😀

Sambil makan, kita bisa bersantai memandang indahnya alam Palopo, petak sawah, tambak, dan laut Teluk Bone. Waktu yang paling ramai adalah di sore dan malam hari. Apalagi di hari libur, banyak pengunjung yang memang berniat ke Bukit Sampoddo untuk bersantai sambil makan jagung.

Bukit Sampoddo Palopo

Bukit Sampoddo Palopo

Karena terletak di pinggir jalan raya Trans Sulawesi yang sering dilalui semua kendaraan baik antar kota maupun antar provinsi, menjadikan Bukit sampoddo juga sering dijadikan lokasi istirahat para pengendara tersebut.

Selain jejeran gasebo tersebut, di Bukit Sampoddo juga terdapat sebuah hotel yaitu Trans Hotel dengan fasilitas restoran, café, dan karaoke. View sekitar hotel tentu saja indah dan alamnya sangat sejuk, apalagi kalau di pagi hari. Deretan pegunungan yang menjadi jalan lintasan dari Kota Palopo menuju Kabupaten Toraja akan tampak sangat jelas. Kita juga bisa memandang hamparan empang atau tambak-tambak ikan di kaki Bukit Sampoddo.

**

Untuk anda yang ingin menikmati pemandangan alam kota Palopo dari atas ketinggian, tentu saja Bukit Sampoddo adalah lokasi yang paling tepat. Selamat menikmati keindahan alam kota Palopo!

(Visited 776 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Memandang Palopo dari Ketinggian Bukit Sampoddo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool