Air Terjun Takapala

Melihat Keindahan Air Terjun Takapala

Melihat Keindahan Air Terjun Takapala
3.5 (70%) 2 votes

Menjelajahi bumi Celebes memang tak akan ada habisnya. Begitu  banyak destinasi seru dan menarik untuk dikunjungi. Jika sedang di daerah Malino, Sulawesi Selatan misalnya. Ada salah satu air terjun terkenal bernama Air terjun Takapala yang letaknya kurang lebih 5 kilometer dari kebun teh highland Malino.

Untuk mencapai Air terjun Takapala, membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari kota Makassar. Saya sarankan naik kendaraan pribadi jika sedang ke malino, mengingat ada banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan di daerah ini. Tapi jika nekat naik kendaraan umum, dari Makassar bisa naik angkot berwarna merah.

Sebagai informasi, angkot atau orang lokal menyebutnya pete’-pete’ di Makassar hanya ada dua warna yaitu merah dan biru. Untuk angkot warna biru merupakan angkot dalam kota Makassar dengan berbagai rute. Sedangkan angkot berwarnah merah adalah angkot menuju kabupaten Gowa dan Takalar. Jadi jika ingin ke daerah Malino, silahkan naik angkot berwarna merah dan turun di jalan Malino, tempat mobil angkot menuju Malino mangkal.

Sopir angkot menuju Malino biasanya menunggu penumpang penuh sebulum berangkat. Sebagai konsekuensi memilih mode transportasi umum, harus rela berhimpit-himpitan dengan penumpang lain dan tidak boleh protes. Biaya angkot sampai di malino adalah sekitar  20 ribuan.

Jalanan menuju Malino merupakan campuran jalan beraspal dan beton. Pada siang hari, debu di beberapa ruas jalan bisa sangat tebal dan mengganggu penglihatan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kendaraan proyek  yang keluar masuk daerah Jalan Malino. Untuk yang membawa kendaraan pribadi, harus ekstra hati-hati, karena selain beberapa ruas jalan yang rusak, ada banyak tikungan tajam di perjalanan.

Sangat gampang mengenali daerah Malino. Jika sudah merasakan udara sejuk dan mencium aroma hutan yang segar, artinya anda sudah di Malino.

Air Terjun Takapala

penampakan air terjun Takapala

Air terjun Takapala terletak di kelurahan Bontolerung,  Malino. Karena tidak dijangkau oleh angkutan umum, pengunjung yang memilih mode transportasi umum harus  melanjutkan  naik ojek sampai di lokasi.

 Ada dua jalur menuju air terjun Takapala. Jalur pertama setelah turun dari angkot, naik ojek sampai di pos yang tertera keterangan tentang air terjun takapala. Setelah itu, melanjutkan perjalanan  melewati ratusan anak tangga dan jalan setapak sampai di kawasan air terjun. Jalur kedua adalah dengan menggunakan kendaraan menuju kawasan air terjun tetapi harus siap melalui jalan rusak dan cukup ekstrim.

Air Terjun Takapala

berfoto dengan background air terjun Takapala

Karena dikelola oleh masyarakat sekitar, kondisi air terjun takapala dan akses menuju kesana belum bisa disebut baik. Jalanan yang rusak parah harus menjadi perhatian pemerintah jika ingin menggaet banyak wisatawan. Bukan hanya pemerintah, masyarakat atau wisatawan yang berkunjung juga harus ikut serta menjaga kelestarian kawasan air terjun ini. Contohnya dengan tidak membuang sampah sembarangan yang sangat tak sedap dipandang mata dan dapat merusak ekosistem sekitar air terjun Takapala.

Semoga keberadaan air terjun Takapala bisa menambah geliat parawisata daerah Malino dengan tetap memberdayakan masyarakat lokal.

(Visited 1,072 times, 1 visits today)


About

andiarifayani.blogspot.com | Sobat LemINA | Penyala Makassar


'Melihat Keindahan Air Terjun Takapala' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool