Masjid Kerajaan Gowa

Masjid Al Hilal, Masjid Tua Kerajaan Gowa

Vote Us
Bagian depan Masjid Al Hilal

Bagian depan Masjid Al Hilal

Makassar dianggap sebagai gerbang Indonesia Timur, sekaligus kota paling maju di kawasan Indonesia Timur. Tidak heran kalau Makassar jadi kota yang selalu ramai dikunjungi orang, baik yang datang untuk urusan bisnis dan pekerjaan maupun yang sekadar datang untuk berwisata. Beragam tujuan wisata memang tersebar di sekujur kota Makassar dan kota di sekitarnya, dari wisata alam, bahari, kuliner sampai wisata sejarah dan rohani. Wisata ke kota Makassar bisa dianggap sebagai wisata yang lengkap.

Bicara wisata rohani dan sejarah, salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah masjid Al Hilal atau kerap disebut sebagai masjid Katangka yang terletak di perbatasan kota Makassar dan kota Sungguminasa, Kab. Gowa.

Tidak sulit mencapai masjid ini karena letaknya yang tidak jauh dari perbatasan kota Makassar dan kota Sungguminasa. Masjid ini tepatnya berada di Jl. Syech Yusuf daerah Katangka, tidak heran kalau namanya lebih sering disebut sebagai Masjid Katangka. Selain nama masjid Katangka, masjid ini juga kerap disebut Masjid Syech Yusuf, merujuk pada nama jalan tempat masjid ini berdiri. Nama Syech Yusuf adalah nama ulama besar kerajaan Gowa yang akhirnya ditangkap dan dibuang pemerintah Belanda ke Cape Town, Afrika Selatan.

Sisi lain Masjid Al Hilal

Sisi lain Masjid Al Hilal

Masjid Al Hilal, atau Masjid Katangka atau Masjid Syech Yusuf dibangun tahun 1603 oleh Raja Gowa ke XIV Sultan Alauddin. Sultan Alauddin adalah kakek raja Gowa yang terkenal, Sultan Hasanuddin. Beliau juga tercatat sebagai raja Gowa pertama yang memeluk Islam.

Memasuki masjid ini berarti memasuki sebuah bangunan dengan beragam arsitektur yang berpadu menjadi satu. Sekilas bangunan masjid ini memang menyerupai bangunan khas Jawa dengan arsitektur atap yang mirip rumah joglo. Sentuhan arsitektur Eropa bisa ditemukan pada gerbang masjid yang berbentuk setengah lingkaran dengan tembok yang tebal.

Masuk ke dalam masjid, arsitektur Jawa dan Eropa makin terasa. Empat tiang besar yang berdiri menopang atap terasa sangat terinspirasi oleh sentuhan Eropa. Jumlah empat tiang itu sekaligus menandakan empat sahabat utama Rasulullah SAW. Sementara itu ada 6 jendela yang terpasang di seluruh bagian masjid, menandakan 6 rukun iman dalam ajaran Islam. Keenam jendela itu memiliki ukiran khas Jawa.

Interior Masjid Al Hilal

Interior Masjid Al Hilal

Ada 5 pintu yang membatasi masjid dengan dunia luar. Jumlah 5 pintu menandakan 5 rukun Islam. kelima pintu tersebut terbagi antara 2 pintu yang menghubungkan bagian luar dengan teras masjid serta 3 pintu yang menghubungkan teras dan badan utama masjid.

Di bagian depan masjid berdiri sebuah mihrab besar yang puncak atapnya menyerupai puncak atap kelenteng. Sentuhan arsitektur Tionghoa sangat terasa karena konon salah satu arsitek masjid ini memang berasal dari Tiongkok.

Masjid Al Hilal bukan hanya berfungsi sebagai masjid saja, di dalam area masjid terdapat makam keturunan raja-raja Gowa dan keluarganya. Total ada 7 makam besar yang berdiri di sana, sayang kondisi makam-makam itu seperti tidak terawat dan bahkan di musim penghujan makam-makam tersebut terendam air.

Penunjuk kompleks makam raja Gowa

Penunjuk kompleks makam raja Gowa

Makam keturunan Raja Gowa

Makam keturunan Raja Gowa

Masjid Al Hilal dan makam keturunan raja-raja Gowa di sekitarnya adalah saksi yang tertinggal dari sejarah panjang kerajaan Gowa yang jadi kerajaan besar bukan hanya di Sulawesi Selatan bahkan di Nusantara di abad 16 dan 17. Jika sempat berkunjung ke Makassar, tak ada salahnya menyempatkan diri datang dan menghabiskan waktu sejenak di masjid yang dianggap sebagai masjid tertua di Sulawesi Selatan.

(Visited 611 times, 1 visits today)


About

Blogger ~ Suka jalan-jalan gratisan ~ Sedang belajar motret ~ Mengasuh http://daenggassing.com seperti mengasuh anak sendiri


'Masjid Al Hilal, Masjid Tua Kerajaan Gowa' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool