masakan tradisional makassar

PalluBasa dan Masakan Pallu Lainnya di Makassar (I)

PalluBasa dan Masakan Pallu Lainnya di Makassar (I)
5 (100%) 1 vote

Bekunjung ke Makassar, selain menikmati wisatanya, tentu belum lengkap tanpa mencicipi kulinernya. Makassar, sebagai salah satu kota besar yang sedang bersiap menuju Kota Dunia, kaya akan ragam kuliner. Meskipun serbuan makanan modern dan kekinian semakin banyak, masakan tradisional Makassar masih memiliki tempat di hati warga Makassar. Pun wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke kota ini.

Dari sekian banyak kuliner khas Makassar, ada yang menarik perhatian saya, yaitu beberapa masakan yang dimulai dengan kata “pallu“. Yang paling populer, tentu saja, Pallubasa dan Pallumara yang termasuk ke dalam 10 ikon kuliner kota Makassar. Nah selain itu masih ada beberapa masakan tradisional Makassar yang berawalan pallu lainnya, yang saya rangkum di tulisan ini.

pallubasa - masakan tradisional makassar

Pallubasa

Pallubasa disebut-sebut sebagai makanan berkuah yang mirip dengan coto Makassar, sama-sama berisi daging dan jeroan. Perbedaanya terletak pada citarasa kuahnya, jika coto Mangkasara memiliki kuah yang bening dan kuat dengan paduan berbagai bumbu serta rempah, pallubasa memiliki tekstur kuah yang lebih kental dan gurih. Kuah kental dan gurih dari pallubasa ini tercipta dari sangraian kelapa parut yang dicampur bersama kuah tadi.

Yang lebih spesial, saat memesan semangkuk pallubasa di beberapa warung yang cukup terkenal, kalian dapat menambahkan kuning telur mentah ke dalam kuah panasnya –sesuai selera-. Biasanya dengan menyebutkan, tambah alas yaaa. Alas di sini bukan berarti alas mangkuk yang akan digunakan tapi tambahan kuning telur mentah tadi. Amis? Tentu saja tidak … Gak percaya? Ayo buktikan sendiri 😀

Ke mana jika ingin makan pallubasa di Makassar? Ada dua lokasi populer untuk menikmati pallubasa, yaitu pallubasa Jalan Serigala dan pallubasa Jalan Onta. Katanya para pemilik warung ini masih merupakan keluarga dan sama-sama terkenal sebagai jagoannya pallubasa di Makassar.

pallumara - masakan tradisional makassar

Pallumara

Berbeda dengan pallubasa yang berbahan dasar daging, pallumara merupakan masakan ikan khas Bugis Makassar. Masakan ini berasal dari kata pallu a’mara yaitu  makanan yang dimasak terus hingga bumbu menyerap dan hampir kering. Kuah kuning pada masakan ini karena menggunakan bumbu kunyit bubuk dan cenderung bening seperti sup. Ikan Bandeng (disebut ikan bolu di Makassar) adalah jenis ikan yang sering dipilih sebagai bahan dasar pallumara. Memasak pallumara ini susah-susah gampang, meskipun bumbu dasar yang digunakan sama, hasilnya belum tentu sama xD. Itulah uniknya masakan tradisional Makassar.

Bumbunya sangat mudah hanya bawang, serai, kunyit dan beberapa bumbu lainnya, namun hasilnya cuma dua, kalau gak enak banget ya anyep banget. Pallumara memang merupakan masakan rumahan yang sangat fenomenal. Tapi untuk rasa, jelas ada perbedaan dari rumah satu dan rumah lainnya bahkan untuk warung dengan menu ikan sekalipun.

Ke mana jika ingin makan pallumara di Makassar? Nah ini dia, karena meski ini adalah masakan tradisional Makassar, namun aslinya pallumara adalah makanan rumahan, jadinya ya mencari warung yang menyajikan pallumara memang agak sulit. Hanya ada sedikit warung seafood yang menyajikan hidangan ini. Makanya cari teman di Makassar yang menu hariannya selalu ada pallumara di meja makan xD

pallubutung masakan tradisional makassar

Pallubutung

Nah jangan salah tentang masakan yang satu ini. Meskipun awalan namanya mirip dengan jenis masakan sebelumnya, bahan dasar dan citarasanya sangat jauh berbeda. Pallubutung justru lebih mirip dengan Pisang Ijo, sama-sama menggunakan bahan dasar pisang (biasanya pisang raja atau pisang kepok) yang direbus dan dipotong-potong lalu ditambahkan dengan bubur sumsum dan siraman sirup DHT, iyya sebaiknya pake sirup ini, soalnya rasanya akan berbeda kalau pake sirup merk laennya XD

Pallubutung dapat dinikmati selagi masih hangat-hangat, atau juga bisa dihidangkan dingin dengan menambah es di atasnya. Di bulan Ramadhan, es pallubutung selalu menjadi menu buka puasa andalan bagi warga Makassar.

Ke mana jika ingin makan pallubutung di Makassar? Umumnya sih, warung yang menjual pisang ijo juga menjual pallu butung, coba saja tanyakan. Warung Bravo dan Mama Toko Kue, adalah salah dua tempat di mana kita bisa mencicipi hidangan pallubutung ini. Saat bulan Ramadhan, pallubutung gampang sekali didapatkan di penjual pappabuka.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Dari tiga jenis masakan di atas, mana yang sudah kamu cicipi? Sudah semua? Kalau begitu akan saya lanjutkan ke tulisan selanjutnya, tentang beberapa masakan tradisional Makassar yang menggunakan awalan Pallu. Mari kita lihat kamu sudah cicip atau belum, atau malah belum pernah dengar namanya xD

(Visited 63 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'PalluBasa dan Masakan Pallu Lainnya di Makassar (I)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool