Makassar Internasional Eight Festival and Forum 2016

Vote Us

Demi mengukuhkan Makassar sebagai kota dunia dan juga menarik wisatawan mancanegara pemerintah Kota Makassar menggelar festival Makassar bertemakan Makassar Internasional Eight Festival and Forum 2016 atau disingkat F8 besok, 8 hingga 10 September 2016 di Anjungan Losari.

F8 adalah festival Makassar yang menampilkan Film, Food, Flora, Fashion, Folks, Fine Art, Fusion Jazz, dan Fiction Writer. Melalui F8 ini, semua kekayaan yang Makassar miliki dikolaborasikan jadi satu dalam sebuah festival tahunan yang akan membawa manfaat besar bagi Kota Daeng ini. Apa saja item-item dari F8 Makassar itu?

FASHION

Item ini akan melibatkan 200-300 putra-putri daerah untuk memeragakan busana dengan tema lokal yaitu lontara dan sutera. Peragaan busana ini akan diiringi oleh fusion jazz etnik dengan latar catwalk 10 kapal phinisi. Busana khas tema lontara ini ini adalah hasil rancangan 4 (empat) desainer nasional dan 12 desainer lokal. Setiap harinya akan ada dua sesi penampilan fashion parade ini yaitu sore pukul 17.00-18.00 & malam pkl 20.00-21.00.

FILM

Untuk film, F8 akan menayangkan film-film fiksi dan dokumenter dengan format layar tancap di ruang terbuka. Film-film tersebut didominasi film yang diproduksi di Makassar atau film yang diciptakan oleh sineas Indonesia. Akan ada juga Workshop Penciptaan Film yang diperuntukkan bagi siswa-siswi se-Kota Makassar. Ada pula Anjungan Open Air Cinema yaitu sebuah penayangan film secara terbuka di Anjungan Kota Makassar. Kegiatan ini unik karena bentuk penayangan filmnya dikolaborasikan dengan musik live.

FOOD

Sebagai kota kuliner, kegiatan F8 ini tentu tak akan melewatkan item Food ini. Panitia F8 akan menyiapkan Phinisi Dining Experience yang akan menyajikan 10 ikon kuliner Makassar dengan fine dining oleh koki handal Makassar. Dalam Phinisi Dining Experience ini, panitia bekerjasama dengan hotel-hotel Makassar yang akan menyiapkan makanan dengan standar higienitas internasional. Untuk warga Makassar akan ada Waterfront FOOD Festival yang berisi booth-booth untuk mendukung ekonomi kreatif kota Makassar.

FLORIST

Item ini akan hadir dengan rangkaian bunga dan tanaman hijau yang menghiasi sebagai eye catcher atau vocal point pada area sekitar lokasi. Konsep yang diusung adalah Hommy Flower Garden dengan memaksimalkan spot-spot menariknya. Selain indah dipandang, nyaman dan juga bisa menjadi latar menarik bagi yang ingin mengabadikan momen bersama orang-orang tersayang. Panitia juga menyiapkan pohon besar sebagai pelindung bunga dan tanaman serta tempat berteduh bagi pengunjung dari terik matahari.

Festival Makassar

FOLK

Untuk item Folk akan mengangkat tema baur kultur, pentas & kolaborasi seni, eksebisi, dengan konsep pesta rakyat. Ada pun konten acara  sebagai berikut: penampilan musisi & band indie Makassar, pertunjukan tarian adat dari etnis dalam dan luar negeri khusus undangan, kolaborasi musik, puisi, tari, lukis & teater, ambience/nuansa venue yang representatif & sesuai tema, booth story telling untuk anak yang mengangkat cerita & legenda rakyat, area games tradisional, community gathering, penampilan artis Makassar dan juga talkshow & music clinic.

FINE ARTS

Item ini akan menghadirkan kegiatan Melukis Bersama (Live Painting) yang berlangsung pada tanggal 8-10 September 2016 di Anjungan Pantai Losari dan melibatkan kalangan Pelajar, Mahasiswa dan Umum serta Profesional. Selain itu akan ada pula Pameran Bersama yang dimulai dari tanggal 8 sampai 10 September 2016 pameran lukisan karya lokal dan nasional.

FUSION JAZZ

Makassar Jazz Festival tahun 2016 ini memasuki tahun ke 7 (tujuh) pelaksanaannya. Salah satu keunikan dari Makassar Jazz Festival adalah menyertakan musisi jazz Makassar dalam mengeksplorasi musik etnik daerah Makassar, Bugis, Mandar dan Toraja berbaur dalam nada jazz. Keunikan lainnya adalah tempat pelaksanaannya di tempat bersejarah Fort Rotterdam yang berdiri sejak tahun 1667.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel makassar, tour murah, dan tiket pesawat Makassar

Musisi jazz yang tampil bukan hanya musisi papan atas indonesia seperti Idang Rasjidi, Fariz RM, Dian Pramana Poetra, Yovie N Nuno, Tulus, Gugun Blues Shelter dan lainnya, tapi musisi Australia Geffrey Gurrumul, Jim Larkin dari Amerika sudah pernah meramaikan makassar jazz festival ini. Tahun 2016 ini, selain tetap tampil di Fort Rotterdam, musisi jazz lainnya juga meramaikan festival 8 yang akan berlangsung di Anjungan Pantai Losari  sebagai backsound pagelaran fashion show.

FICTION WRITER

Item kedelapan ini akan menghadirkan beberapa kegiatan antara lain; Penulisan cerita fiksi, musikalisasi puisi dan pembacaan puisi.

Pemerintah kota Makassar berharap F8 adalah panggung besar festival Makassar sebagai upaya menyatukan pandangan dunia internasional terhadap kota ini. Untuk itu, Pemkot Makassar sampai menutup jalur menuju pantai losari selama seminggu, mulai 1 hingga 7 September 2016. Upaya lain adalah yang lain seperti peluncuran website khusus untuk F8 Makassar dalam dua bahasa yakni Inggris dan Indonesia.

Bagi yang berada di Makassar pada saat pelaksanaan F8 ini, sempatkanlah untuk ke sana. Untuk informasi seperti jadwal acara festival Makassar dan penampil silakan mengunjungi F8 di www.f8makassar.com

 

(Visited 672 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Makassar Internasional Eight Festival and Forum 2016' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool