Makassar Culinary Night 2017 : Pesta Jajanan

Makassar Culinary Night 2017 : Pesta Jajanan
5 (100%) 1 vote

Bagaimana jika dalam satu ruas jalan, berjejer gerai yang berjualan jajanan baik tradisional maupun modern, kira-kira kamu datang gak? Ya iyya dong ah, jadi bisa bebas memilih kuliner favorit ataupun kuliner baru yang belum pernah dicicipi sebelumnya. Apalagi hanya digelar hanya satu hari saja.  Nah itu dia yang menjadi alasan saya ketika mengajak Anbhar untuk datang ke gelaran Makassar Culinary Night 2017 tanggal 8 April 2017.

Bukan apa-apa, lumayan juga kan jarak dari Maros menuju Makassar yang ditempuh dengan sepeda motor kadang bikin mager terlebih saat weekend. Tapi ya dasar memang hobi kita sama, jalan-jalan dan makan-makan, akhirnya malam itu selepas maghrib kami meninggalkan rumah di jalan poros Kariango beranjak menuju jalan Balaikota di mana event Makassar Culinary Night 2017 digelar sejak siang harinya.

Eh mau tahu oleh-oleh khas Sulawesi Selatan? Cek di sini yuk!

Makassar Culinary Night (MCN) merupakan event yang diadakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar. Kegiatan ini ke depan  diharapkan menjadi kalender pariwisata Kota Makassar yang mampu menyedot wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, diharapkan dapat menjadi wadah bagi pengusaha muda yang baru merintis usahanya dan dapat membantu mempromosikan produk kuliner khas Sulawesi Selatan, maupun produk baru yang masih membutuhkan pengembangan usaha.

Makassar Culinary Night (MCN) diselenggarakan setiap tahunnya dan ini merupakan kali ketujuh. Kalau gak salah dengar sih, diadakan 3 kali setiap tahun dan hanya satu malam saja. Setelah di bulan April ini, akan diadakan lagi di bulan Spetember 2017 sebagai bagian dari event F8.

Di gelaran MCN 2017 yang mengusung tema “Pesta Jajanan” ini tersedia 50 unit gerai yang akan diisi oleh para pelaku UKM kuliner di Kota Makassar. Suguhan wisata kuliner ini mulai dibuka dari siang hari pk 13.00 Wita hingga 23.00 Wita yang berlokasi di taman Jalan Balai Kota. Bukan hanya stand makanan saja sih yang ada di event ini tetapi juga ada panggung pertunjukan hiburan berupa musik, seni tari, dan lain-lain.

Makassar Culinary Night 2017

Pembukaan MCN2017  oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail dan Kadis Pariwisata, Rusmayani Madjid dengan memukul panci dan wajan

Kami tiba di lokasi bersamaan suara MC bergema meminta Walikota Makassar Danny Pomanto menaiki panggung untuk memberikan sambutannya sekaligus membuka event Makassar Culinary Night 2017. Pak walikota mengatakan bahwa event ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan kuliner Makassar dan bagian dari display terhadap kuliner tradisional maupun modern yang dimiliki Makassar. Juga sebagai pemanasan road to F8 (Makassar International Eight Festival and Forum) yang mengangkat Food sebagai salah satu tema besarnya.

Ada yang berbeda dari MCN 2017 ini, yaitu Happy Hour, gratis kue tradisional Makassar misalnya buroncong, bassang, sarabba, putu cangkir, gogos, pisang epe untuk para pengunjung yang disiapkan di waktu-waktu tertentu. Pas banget ketemu Happy Hour di sana xD. Selesai sambutan dan pembukaan oleh Walikota Makassar, pengunjung dipersilahkan untuk mencicipi buroncong gratis sambil mendengarkan pertunjukan musik dari panggung utama.

Makassar Culinari Night 2017

Menikmati malam dan jajanan di Makassar Culinari Night 2017

Saya mengajak Anbhar menyusuri stan demi stan, mengintip ada menu apa saja yang tersedia di tiap stan tersebut. Beberapa stan tampak rameee yang ngantri, beberapa stan juga ada yang agak sepi. Memang sih masih didominasi oleh kuliner modern tapi ada juga stan yang menjual kuliner khas Makassar seperti pisang ijo, pisang epe’, sanggara balanda, bebek palekko, buroncong, dan beberapa lagi lainnya.  Saya? Yang diicip-icip ya jajanan modern semacam pizza cone dan bakso bakar 😀

Makassar Culinari Night 2017

Beberapa stand di Makassar Culinary Night 2017 yang sempat saya foto

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Pengunjung rame sekaliiiii, bahkan untuk berjalan di antara dua stan yang berhadapan mesti berdesak-desakan. Sepertinya animo masyarakat sangat tinggi untuk event kuliner semacam ini. Rombongan anak muda di mana-mana, rombongan keluarga yang duduk-duduk menikmati family time dan beberapa pasangan anak muda saya dapati sedang saling suap-suapan xD

Mungkin memang sudah saatnya event ini dipindahkan ke lokasi yang lebih bagus dan luas tapi tetap strategis. Juga pemasangan kantong-kantong sampah yang semakin diperbanyak dan dibarengi dengan kesadaran para pengunjung untuk membuang sampahnya di tempat sampah. Sayang aja sih, event keren macam ini tapi pengunjungnya membuang sampah sembarangan, minimal bawa dan buang sampahnya ketika meninggalkan meja yang disiapkan panitia biar pengunjung berikutnya bisa makan dengan nyaman 🙂

(Visited 122 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Makassar Culinary Night 2017 : Pesta Jajanan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool