Tempat Makan di Makassar

Makanan Tradisional Makassar ala Bintang Lima di Cafe Mama

Makanan Tradisional Makassar ala Bintang Lima di Cafe Mama
5 (100%) 2 votes

Makassar memang terkenal akan kulinernya. Sebut saja Coto Makassar, pallubasa, ikan bakar, pisang ijo, sop konro, konro bakar dan beragam kuliner tradisional lainnya. Nah, selain makanan berat tersebut tentu ada pula jajanan tradisional khas Makassar yang sayang untuk dilewatkan jika sedang kunjungan wisata ke Makassar.

Salah satu lokasi yang saya rekomendasikan jika ingin mencicipi jajanan tradisional khas Makassar adalah Mama Toko Kue dan Es Krim. Jangan membayangkan sebuah toko kue tradisional ya, karena toko kue ini lebih menyerupai sebuah restoran yang nyaman.

Ada dua lokasi Mama Toko Kue dan Es Krim (biasa juga disebut Cafe Mama) yang ada di Makassar, yaitu di Jl Bau Mangga Raya No 9 Panakukkang dan di Jl Serui No 15. Dua-duanya menyajikan beragam penganan tradisional yang enak-enak. Saya lebih suka Cafe Mama yang berada di Jalan Serui yang bertemakan rumah kolonial sedangkan yang di Jl. Bau Mangga mengambil konsep minimalis.

mama kafe serui

Mama Toko Kue dan Es Krim di Jalan Serui Makassar

Cafe Mama Serui sangat homey dan cozy. Sebuah rumah dengan gaya Belanda yang apik dan terawat yang disulap menjadi sebuah restoran yang nyaman untuk bersantai. Di bagian depan kita akan disambut sebuah gazebo dengan kolam ikan koi yang bening. Setelah pintu masuk, ada display es krim homemade dan penganan tradisional, kemudian meja dan kursi-kursi dengan sandaran tinggi, jendela-jendela besar serta sebuah piano tua.

Spot favorit saya adalah taman belakang. Sebelah kanan parkiran motor dan mobil, ada beberapa meja dan kursi untuk bersantap di luar. Dan ada ayunan! Sangat menyenangkan melewatkan sore bersama teman atau keluarga sambil menikmati kue-kue tradisional yang lezat.

taman belakang mama kafe serui

Bersantai di taman belakang Mama Cafe Serui. Spot favorit!

taman belakang mama serui

Taman belakang Kafe Mama Serui

Di Cafe Mama disediakan beragam kue-kue tradisional dan beberapa pilihan makanan berat. Kue tradisional khas Makassar yang biasa disajikan di pesta semacam pernikahan, aqiqah, sunatan dan lain-lain ataupun kue-kue yang biasa dijajakan di pasar tradisional, tersedia di sini. Setidaknya ada 50 jenis kue tradisional Khas Makassar, misalnya barongko, kue seruni, bayou nibalu, palita, cangkuning, cucur bayou, sikaporo, bika caramel, toloba, kue lumpur, biji nangka, ka’dobo’dong, apang dan beragam kue tradisional lainnya. Kue-kue ini dikemas menarik dan menggunakan bahan-bahan berkualitas. Semuanya enak!

kue tradisional mama kafe

Kue-kue lezat dan es cincau menyegarkan

Selain kue tradisional khas Makassar, Cafe Mama juga menyediakan beberapa kudapan modern misalnya pai susu, lasagna, pastel tutup, macaroni goreng, lumpia, dan berjenis-jenis cakes dan roti. Jika anda sedang lapar dan tidak bisa dikenyangkan hanya dengan mengkonsumsi kue-kue saja, ada menu makanan yang disediakan di sini, songkolo’, bubur Manado, nasi campur, bassang, lontong sayur, lontong cap gomeh dan beberapa jenis makanan lainnya.

Untuk penutup jangan lupa mencicipi es cincau-nya, favorit saya nih. Rasa cincaunya betul-betul terasa. Homemade ice cream juga merupakan salah satu menu terpopuler di Cafe Mama. Tersedia 28 pilihan rasa yang menggoda selera.

menu kafe mama

Selamat menikmati 🙂

Yang menarik, selain mengangkat citarasa lokal, semua menu yang tersedia di sini termasuk kategori sehat. Konsep awal dibentuknya Cafe Mama memang untuk menyajikan makanan keluarga yang sehat tanpa menggunakan bahan pengawet ataupun pewarna dan pemanis buatan.

Jadi, kalau sedang berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi kue-kue tradisional khas Makassar di Cafe Mama ya. Selamat wisata kuliner di Makassar ^^

(Visited 7,083 times, 5 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Makanan Tradisional Makassar ala Bintang Lima di Cafe Mama' have 1 comment

  1. October 18, 2016 @ 10:31 am hanni

    good share. thank you

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool