Lovely December 2016 : Toraya Maelo

Lovely December 2016 : Toraya Maelo

Lovely December 2016 : Toraya Maelo
5 (100%) 1 vote

Salah satu event tahunan di Sulawesi Selatan yang selalu dinanti-nanti kehadirannya setiap tahun adalah Lovely December yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Event di Toraja ini termasuk event adat terbesar di Indonesia dan sayang sekali untuk dilewatkan terutama bila kamu tertarik dengan hal-hal yang berbau etnis dan budaya. Menilik dari namanya, sudah bisa dipastikan bahwa acara ini hanya digelar di bulan Desember saja, menjelang perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru dengan tema yang biasanya berbeda setiap tahunnya. Nah penasaran dengan Lovely December 2016?

lovely december toraja

Toraja telah diajukan ke UNESCO untuk dijadikan salah satu situs warisan dunia. Eksotiknya budaya Toraja yang dilengkapi dengan alam yang luar biasa indah menjadikan Toraja sebagai destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Tradisi pemakaman Rambu Solo, upacara pernikahan Rambu Tuka’ dan upacara mayat berjalan Ma-Nene adalah beberapa tradisi unik di Toraja yang menarik perhatian para wisatawan baik domestik maupun internasional. Meskipun bagi beberapa orang, tradisi ini cukup ekstrim, utamanya perayaan Rambu Solo.

Selain budayanya, kuliner khas Toraja juga menarik perhatian para wisatawan. Tapi mesti hati-hati ya untuk para wisatawan muslim karena beberapa jenis masakan ini haram untuk dikonsumsi, jadi mungkin ada baiknya ditanyakan dulu sebelum mencicipi kuliner Toraja.

Wisata Toraja yang indah dan unik jangan sampai dilewatkan. Lolai, Pango-Pango dan Batu Tumonga yang biasa dijuluki negeri di atas awan, situs megalitikum Kalimbuang Bori, Kambira dan Pana’ yaitu lokasi pemakaman bayi di pohon Tarra, desa tradisional Kete’ Kesu, Tongkonan di Karatuan dan Buntu Pune, pemandian air panas Makula, kolam alami Tilanga, kuburan batu di Londa dan Lemo, gumuk pasir Toraja dan masih banyaaaakkkk lagi wisata alam di Toraja lainnya.

Nah demi mengangkat sektor wisata dan budaya Toraja yang unik inilah diadakan event Lovely December. Dengan pelbagai gelaran budaya, diharapkan event ini mampu menyedot wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Lovely December dengan tagline “ Ayo Ke Toraja” sudah diadakan sejak tahun 2008 yang berarti di tahun 2016 ini merupakan tahun pelaksanaan yang ke-delapan. Tema yang diangkat pada Lovely December 2016 adalah Toraya Maelo, yang berarti Toraja baik. Kabupaten Tana Toraja menjadi tuan rumah sekaligus menjadi pusat kegiatan kepariwisataan.

Jelajah Toraja - Lovely December

Sejak tanggal 1 Desember 2016, beragam kegiatan telah dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat di berbagai Kecamatan di Tana Toraja. Juga lomba seperti pentas seni budaya tradisional, gelaran religi atau damai Tana Toraja, aktraksi rakyat, serta jelajah wisata dan kopi. Puncak Lovely December 2016 dan Natal Oikumene akan digelar pada 29 Desember mendatang yang berpusat di di Plasa Kolam Makale.

Di Lovely December 2016 ada perayaan Rambu Solo di tiga lokasi yang berbeda yaitu Langda – Sapai, Dende’ Darra’ – Denpina dan Sereale – Tikala. Rambu Solo adalah upacara adat kematian masyarakat Toraja yang bertujuan untuk menghormati dan menghantarkan arwah orang yang meninggal dunia menuju alam roh. Disebut juga upacara penyempurnaan kematian karena orang yang meninggal baru dianggap benar-benar meninggal setelah seluruh prosesi upacara ini digenapi.

lovely december toraja

Kemudian ada event Tedong Silaga alias adu kerbau, di beberapa lokasi yaitu Tondo To’ Batu, Pangli, Kawasik, Lamunan, To’ Pasa’ Sereale, Tondon Siba’ta, Kala’Tengan km7 Mengkendek. Tedong silaga merupakan salah satu prosesi pada saat pemakaman Rambu Solo digelar. Banyak kerbau yang akan diadu dan kerbau yang tangguh biasanya harganya semakin naik.

Tanggal 29 Desember ada Festival Kopi/ International Barista Competition yang bertempat di Plaza Kolam Makale. Toraja merupakan daerah penghasil kopi di mana salah satu Kopi Arabika Indonesia terbaik adalah Kopi Toraja Sapan dengan aroma buah dan rempahnya yang kuat. Lalu ada juga Festival Foto pada tanggal 28-30 Desember dengan tema “Alam & Budaya Tana Toraja”. Hadiah menarik akan diberikan untuk 20 foto terbaik.

Untuk mengetahui rangkaian acara Lovely December 2016 secara lengkap, silakan dicek di bawah ini :

lovely december 2016

Salah satu hal yang berbeda di Lovely December 2016 ini soal penamaan event yang berubah. Event tahunan ini yang sebelumnya bernama Lovely December berganti menjadi Lovely Toraja. Menurut Kabag Humas Pemkab Torut, Fitra, hal ini dikarenakan waktu pelaksanaan event yang semakin lama tidak hanya di bulan Desember saja tetapi sampai memasuki Januari awal tahun 2017 juga.

Jadi bagaimana, sudah siap menjelajahi keindahan alam dan uniknya budaya Toraja melalui Lovely December 2016? Ayo ke Toraja!

(Visited 414 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Lovely December 2016 : Toraya Maelo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool