Lomba Foto MustGoIndonesia, Merekam dan Mengabarkan Indonesia

Vote Us

Saya merasa beruntung, dalam kurun tiga tahun belakangan ini saya dapat pekerjaan yang mengharuskan saya berkunjung ke banyak tempat di Indonesia. Dari Papua di paling timur Indonesia sampai Jambi dan Riau di bagian barat Indonesia (bukan paling barat sih, tapi lumayan ke barat lah). Dari Kalimantan Utara di bagian utara Indonesia sampai Kupang di bagian selatan Indonesia.

lomba foto

salah satu pemandangan yang saya rindukan: Sentani

Perjalanan-perjalanan tugas itu membuat saya semakin jatuh cinta pada negeri ini, bahkan sampai hari ini saya merasa belum ada niatan yang begitu kuat untuk mengunjungi negeri lain di luar Indonesia.

Eh, punya kartu kredit bank UOB? Mau dapat promo jalan-jalan? Cek di sini yah!

Beberapa kali undangan itu datang, semua gratis karena biaya ditanggung pihak pengundang. Tapi, entah kenapa saya rasanya masih enggan memenuhi undangan itu. Jadilah undangan-undangan itu saya tolak dengan halus, dan walhasil hingga hari ini saya belum pernah ke luar Indonesia dan bahkan belum punya pasport *nyengir*.

Sudah, kita kembali ke soal Indonesia saja.

Sebagai orang Indonesia, kita mungkin sudah sadar betapa besarnya negeri kita ini. Dari ujung barat ke ujung timur jaraknya sungguh panjang membentang. Untuk naik pesawat saja butuh perjalanan tujuh jam dari Aceh ke Jayapura non stop. Bayangkan, tujuh jam! Itu kira-kira sama dengan jarak dari Jakarta ke Abu Dhabi di Arab sana. Sudah melewati berapa negara tuh? Sementara kita baru satu negara.

Dengan jarak dan luasan yang begitu besar, Indonesia memang sangat kaya. Ada 700an suku bangsa di negeri ini, suku bangsa yang bahasanya beda-beda dan budayanya juga beda-beda. Kalau Anda tinggal di Jawa, perbedaan ini mungkin tidak terlalu terasa. Jawa sebagian besar dihuni suku Jawa dengan beberapa varian sub sukunya. Beda antar suku paling cuma sedikit, kecuali beberapa suku besar seperti Sunda atau Betawi.

Tapi, begitu keluar dari Jawa maka perbedaan itu akan semakin terasa, apalagi kalau ke arah timur. Di Papua ada 200an suku bangsa yang bahkan bahasanya berbeda-beda. Jangan heran kalau di sana, antar desa saja bisa beda bahasa dan beda budaya. Bayangkan betapa luas dan kayanya negeri ini.

Sulawesi Selatan juga hampir sama. Bahkan ada kabupaten yang namanya Enrekang, mereka punya banyak bahasa daerah yang berbeda. Meski sama-sama orang Enrekang tapi mereka bisa saling tidak mengerti bahasa daerah loh.

lomba foto

Salah satu gelaran budaya di Madura

Bicara soal alam juga begitu. Satu-satunya yang tidak bisa ditemukan di Indonesia hanya salju. Sebenarnya sih ada, di puncak Cartenz di pegunungan Jayawijaya Papua, tapi untuk melihatnya tidak sembarang orang yang bisa. Butuh tenaga luar biasa dan biaya buesarr.

Tapi selain salju, Indonesia bisa dibilang punya segalanya. Laut dan pantai? Hmmm, daftarnya akan lebih panjang dari daftar belanja bulanan di awal bulan. Gunung? Daftarnya bisa mengalahkan daftar antrian sembako murah menjelang lebaran. Panjang pokoknya. Membentang dari Aceh di barat sampai Papua di timur.

tiket mudik murah

Pokoknya untuk para fotografer atau mereka yang senang ikutan lomba foto, Indonesia menyediakan semua bahan yang siap untuk direkam dan didokumentasikan.

Rekam dan Dapatkan Hadiahnya.

Nah bicara soal lomba foto, Ezytravel.co.id kebetulan sedang menggelar sebuah lomba foto bertema #MustGoIndonesia. Lomba foto ini berdurasi panjang, dari 7 Maret hingga 8 Oktober 2017. Setiap bulan ada tema khusus yang digelar. Bulan Maret ada tema: #MustGoKuliner, April: #MustGoBudaya, Mei: #MustGoBelanja, Juni: #MustGoAntiMainstream, Juli: #MustGoAlam dan Agustus: #MustGoSejarah. Tema untuk dua bulan selanjutnya belum ditentukan.

Setiap tema itu mewakili keunikan Indonesia. #MustGoKuliner misalnya, Anda bisa saja mengunggah foto kuliner-kuliner khas Indonesia yang kaya rempah atau tidak ditemukan di tempat lain. Sementara #MustGoAlam, Anda pasti tahu dong betapa banyaknya keindahan alam di Indonesia yang bisa kita rekam.

lomba foto

Pasar Apung di Banjarmasin

Cara mengikuti lomba ini tidak sulit. Peserta hanya diminta untuk mengunggah foto sesuai tema bulanan yang sudah ditentukan lewat media sosial Instagram. Misalnya, di bulan April yang bertema #MustGoBudaya kita bisa mengunggah foto salah satu parade budaya seperti misalnya Ma’pasilaga Tedong di Tana Toraja. Tinggal edit sedikit, unggah ke Instagram dan mention akun @ezytravel. Jangan lupa menyertakan tagar #MustGoIndonesia dan #MustGoXXX sesuai tema bulanan.

Lomba foto #MustGoIndonesia ini menyediakan hadiah yang eheum, menggiurkan! Hadiah dibagikan setiap bulan (ingat! Setiap bulan!) dan macam-macam. Hadiah pertama misalnya, ada paket liburan ke Kepulauan Seribu untuk dua orang, ada miniatur pesawat Garuda Indonesia, ada sepatu keren, daypack dari Eiger, banyaklah pokoknya. Totalnya saja sampai Rp. 5jt bok! Itu untuk pemenang pertama, belum lagi pemenang berikutnya.

lomba foto

Berfoto ekstrem dan anti mainstream di Rammang-Rammang

Para pemenang bulanan (pemenang pertama hingga ketiga) semua berhak mengikuti penjurian grand final lomba foto #MustGoIndonesia. Hadiah utama di babak final lebih cihuy lagi. Pemenang pertama berhak mendapatkan liburan ke Labuan Bajo untuk dua orang beserta paket-paket hadiah lainnya yang benar-benar bikin ngiler pokoknya.

Yuk keliling Makassar! Eits, ambil promo tiket murahpaket tour & jangan lupa pesan hotel murah juga!

Buat kalian yang sudah penasaran sama lomba foto #MustGoIndonesia ini, klik saja tautan ini. Di sana informasi lengkap tentang lomba ini terpampang nyata. Ikutlah, kabarkan kepada dunia betapa Indonesia adalah negeri yang sangat layak untuk dilihat dan dikunjungi. We are all must go to Indonesia pokoknya!

(Visited 36 times, 1 visits today)


About

Blogger ~ Suka jalan-jalan gratisan ~ Sedang belajar motret ~ Mengasuh http://daenggassing.com seperti mengasuh anak sendiri


'Lomba Foto MustGoIndonesia, Merekam dan Mengabarkan Indonesia' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool