Resto di Makassar

Lezatnya Ikan Kaneke Bakar Parape di Resto Hade

Lezatnya Ikan Kaneke Bakar Parape di Resto Hade
5 (100%) 1 vote

Di Makassar, anda bisa dengan mudah menemukan tempat makan yang menyediakan menu seafood segar mulai dari warung kaki lima hingga sekelas restoran bintang lima. Salah satu jenis seafood yang populer tentu saja adalah sajian ikan yang lezat, bahkan bila hanya sekadar dibakar saja dengan tambahan garam. Rahasia kelezatan ikan bakar khas Makassar terletak pada kesegaran ikan lautnya.

Dari sekian banyak restoran dan rumah makan yang menyediakan seafood segar di Makassar, Resto Hade bisa menjadi salah satu pilihan. Harganya terjangkau, suasananya nyaman dan menu yang disajikan lezat. Beragam seafood ditawarkan di resto ini, mulai dari ikan, cumi, kepiting, kerang dan udang, dengan berbagai pilihan cara masak mulai dari dibakar, dimasak, digulai hingga digoreng. Sebagai pelengkap, disediakan 4 macam sambel yang bisa diracik sesuai selera, sambel mangga (racca’ mangga muda), sambel tomat kemangi, sambel terasi dan sambel kecap.

ikan rica-rica

Ikan rica-rica, salah satu sajian ikan di Resto Hade

Resto Hade terletak di jalan Lamaddukelleng No 12A Makassar, dengan konsep terbuka. Hade adalah singkatan dari Harley Davidson, resto ini memang merupakan tempat nongkrong para penggemar motor besar Harley Davidson. Jika dilihat dari luar, resto ini tampak seperti rumah biasa dengan warna abu-abu. Tempatnya lumayan luas dengan nuansa kayu yang mendominasi. Resto Hade memiliki tempat parkir yang luas. Hal ini menjadi salah satu kelebihan Resto Hade. Rumah makan lain yang berlokasi di jalan Datu Museng dan Lamadukelleng menggunakan bahu jalan sebagai lahan parkir sehingga cukup sulit untuk mencari tempat parkir terlebih di jam-jam sibuk misalnya makan siang atau makan malam.

Terdapat 2 area pilihan tempat duduk di Resto Hade yaitu area semi indoor dan outdoor. Area semi indoornya terletak di pintu masuk Resto Hade dan juga di sebelah kanan resto. Sedangkan untuk outdoor, anda bisa makan malam di bawah payung dan meja-meja tanpa naungan tenda atau bisa juga memilih gazebo di sebelah kiri resto dengan suasana yang lebih private. Jika membutuhkan tambahan makanan dan minuman, tidak perlu berdiri untuk memanggil waitress, cukup tekan tombol yang ada di tiang gazebo maka sebuah lampu sirine akan menyala dan si mbak atau mas-nya segera datang.

Resto Hade


hade
Makan malam di gazebo Resto Hade

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap layaknya sebuah rumah makan pada umumnya, ada wastafel, toilet, mushola, televisi dan ada live music di hari-hari tertentu. Suasana yang santai, nyaman dan romatis tercipta dengan adanya lampu minyak di meja dan lampu gantung berukuran kecil berwarna kekuningan. Menyenangkan sekali menikmati makan malam sambil dibelai oleh angingmammiri-nya Makassar.

Resto di Makassar

Resto di Makassar


2
Outdoor area di Resto Hade

Menu andalan dari Resto Hade adalah kepiting saos padang. Menurut teman yang pernah memesan menu ini, daging kepitingnya lembut dan ukurannya jumbo. Dipadukan dengan saos padang yang bumbunya meresap hingga ke dalam daging, sedapnya! Sayang sekali, saya bukan pecinta kepiting jadi selalu melewatkan menu yang satu ini.

Jika ingin memesan ikan untuk diolah, disarankan untuk memilih sendiri ikannya jadi bisa lebih puas mau memilih ikan yang kecil atau yang besar. Tumpukan ikan ada di bagian depan dekat pintu masuk Resto Hade. Tapi jika sudah pewe dan malas untuk beranjak dari kursi, biasanya waitress akan memilihkan ikannya.

Ikan kaneke bakar parape

Ikan kaneke bakar parape, kangkung cah dan macam-macam sambel

Salah satu menu favorit saya di Resto Hade adalah ikan kaneke bakar bumbu parape, dimakan dengan nasi panas, sawi tumis atau kangkung cah dan es jeruk nipis, nyamnyamnyam. Oya, jangan lupa juga mencicipi cumi hitam di Resto Hade, sajian cumi segar yang dimasak lengkap dengan tintanya. Sehabis makan hidangan ini, gigi dan lidah akan berwarna kehitaman tapi rasanya enak sekali.

Ikan bakar parape merupakan salah satu menu ikan bakar khas Makassar, uumumnya menggunakan ikan kaneke, kakap atau kerapu yang masih segar. Ikan tersebut dibelah dua, direndam dengan bumbu halus dan sedikit minyak goreng lalu dibakar dan dilumuri dengan bumbu parape sebelum disajikan. Bumbu parape sendiri adalah campuran antara lada, bawang merah (yang banyak), bawang putih, serta cabai merah dengan tambahan kecap, gula dan garam.

Di bulan Ramadhan ini biasanya ramai orang melakukan buka puasa bersama di sini, baik instansi pemerintahan, swasta, komunitas maupun keluarga. Jadi jika ingin buka puasa di sini sebaiknya reservasi sebelumnya karena kadang sudah full booked. Dan satu lagi, siapkan perut anda untuk menampung aneka hidangan seafood lezat di sini, dijamin ketagihan.

(Visited 843 times, 2 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Lezatnya Ikan Kaneke Bakar Parape di Resto Hade' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool