Lebaran Dengan Ketupat Yang Tak Biasa

Lebaran Dengan Ketupat Yang Tak Biasa
5 (100%) 1 vote

Konon, dalam menyebarkan agama Islam Raden Mas Sahid atau yang lebih dikenal sebagai Sunan Kalijaga tidak melupakan unsur akulturasi budaya. Dia mencoba satu cara unik, berusaha menjaga budaya asli Jawa yang kemudian perlahan dia suntikkan dengan ajaran Islam.

Salah satu hasil akulturasi budaya yang dilakukannya adalah Lebaran Ketupat yang biasanya dirayakan tanggal 8 Syawal dalam penanggalan Hijriyah. Perayaan Lebaran Ketupat sebenarnya diangkat dari pemujaan terhadap Dewi Sri, dewi pertanian, kesuburan, kemakmuran dan dewi yang sangat dihargai oleh masyarakat agraris. Meski awalnya adalah pemujaan kepada Dewi Sri, namun perlahan-lahan terjadi desakralisasi. Dewi Sri tak lagi dipandang sebagai dewi yang sakral, tapi tetap dijadikan lambang yang dipresentasikan dalam bentuk hadirnya ketupat.

Ketupat sendiri ditengarai sudah ada sejak awal masa penyebaran Islam di tanah Jawa, atau sekira abad ke-15. Di masa itu Islam mulai menyebar lewat kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Fatah. H.J De Graaf dalam Malay Annal menduga bahwa penggunaan janur sebagai kulit ketupat didasari pada keinginan untuk menunjukkan identitas sebagai warga pesisir. Kelapa sangat mudah ditemukan di daerah pesisir, tempat merebaknya ajaran Islam pertama kali di Jawa.

Sumber: Wikipedia

Sumber: Wikipedia

Ketupat lalu perlahan menyebar ke hampir seluruh wilayah Nusantara, terutama Sumatera dan Sulawesi. Di Padang kita tahu ada makanan ketupat sayur, sementara di Makassar salah satu makanan khas bernama coto terasa tidak lengkap tanpa adanya ketupat.

Selain sebagai makanan di hari-hari biasa, ketupat juga tentu saja tidak bisa lepas dari identitas Islam, utamanya hari Idul Fitri. Tidak heran kalau hari raya terbesar umat Islam itu dianggap dekat dengan ketupat sebagai simbolnya.

Lebaran tanpa ketupat dianggap sebagai lebaran yang kurang lengkap.

Dan tahun ini, ada ketupat berbeda yang akan melengkapi lebaran kita. Ketupat yang satu ini bukan terbuat dari daun kelapa atau daun pandan yang membungkus beras, tapi ketupat ini adalah persembahan spesial buat mereka yang ingin berlibur dengan nyaman.

Ketupat dari Ezytravel ini adalah paket-paket diskon bagi mereka yang membeli beragam kebutuhan liburan dari aplikasi Ezytravel. Dari tiket pesawat, hotel hingga voucher belanja.

Untuk tiket pesawat, setiap pembelian lewat aplikasi Ezytravel antara tanggal 20 Juni sampai 3 Juli 2016 otomatis akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp. 100.000,-. Tiket yang dibeli bisa dipakai untuk pemberangkatan KAPAN SAJA, tidak perlu menunggu hari tertentu. Promo ini berlaku untuk semua transaksi, kecuali pembelian lewat kartu kredit. Promo ini juga berlaku setiap hari mulai pukul 15:00 sampai 18:00, hanya dengan memasukkan kode TIKETLEBARAN di halaman pembayaran. Tidak sulit bukan?

Promo Tiket Lebaran

Promo Tiket Lebaran

Nah untuk pemesanan hotel, kode promonya HOTELLEBARAN. Detailnya sama, berlaku mulai 20 Juni sampai 3 Juli 2016 setiap hari dari pukul 15:00 sampai 18:00. Semua pembelian bisa digunakan KAPAN SAJA, tanpa ada waktu tertentu. Untuk paket promo hotel, diskon yang diberikan adalah 12%.

Selain tiket pesawat dan hotel, promo KETUPAT juga diberikan untuk mereka yang ingin membeli voucher belanja. Setiap hari ada penawaran yang berbeda-beda untuk e-commerce yang berbeda-beda juga. Hari Senin ada penawaran dari Sepulsa, Selasa dari Matahari Mall, Rabu dari Blanja, Kamis dari BliBli, Jumat dari Fabelio, Sabtu dari Kukuruyuk dan Minggu dari Berrykitchen. Meski berbeda-beda, semua punya kesamaan; sama-sama memberikan penawaran yang luar biasa menarik dan mudah.

Promo Hotel Lebaran

Promo Hotel Lebaran

Promo voucher belanja

Promo voucher belanja

Lebaran akan datang sebentar lagi, hari raya yang ditunggu-tunggu umat Islam itu Insya Allah akan datang menyapa kembali. Selain ketupat yang disandingkan dengan beragam makanan di meja makan, kenapa kita tidak mencoba ketupat lain yang tak biasa? Ketupat yang akan memberi efek yang sama; rasa nyaman bersama orang-orang yang tersayang.

(Visited 87 times, 1 visits today)

Tagged: ,


About

Blogger ~ Suka jalan-jalan gratisan ~ Sedang belajar motret ~ Mengasuh http://daenggassing.com seperti mengasuh anak sendiri


'Lebaran Dengan Ketupat Yang Tak Biasa' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool