PalluBasa dan Masakan Pallu Lainnya di Makassar (II)

PalluBasa dan Masakan Pallu Lainnya di Makassar (II)
5 (100%) 1 vote

Setelah di artikel sebelumnya membahas 3 kuliner tradisional Makassar yang menggunakan kata Pallu sebagai awalannya, yaitu pallubasa, pallumara dan pallubutung, nah di artikel ini ada beberapa nama masakan lainnya yang mungkin tidak sepopuler 3 masakan tadi.

Seorang teman yang saya tanya, mengaku jarang-jarang mencicipi masakan tradisional Makassar ini. Biasanya ketika kita diminta merekomendasikan kuliner tradisional Makassar kepada wisatawan yang datang berkunjung ke kota Makassar, memang yang terlontar biasanya yang sudah populer, ya kan? Nah tidak ada salahnya melirik kembali potensi kuliner tradisional Makassar lainnya yang kurang populer sebelum punah oleh kehadiran kuliner modern.

Baca artikel PalluBasa & Masakan Pallu Lainnya di Makassar bagian pertama

Jadi, apa saja kuliner tradisional Makassarr yang berawalan Pallu selain pallubasa, pallumara dan pallubutung? Ini dia :

pallukaloa kuliner tradisional makassar

Pallu Kaloa

Pallu Kaloa, salah satu kuliner tradisional Makassar yang menyuguhkan kepala ikan (umumnya ikan kakap) dengan campuran bumbu rempah yang khas. Rempah yang digunakan adalah kaloa, yang tergolong rempah biji dengan kulit keras membatu ketika buah sudah tua. Di daerah lain, disebut sebagai rempah kluak atau kluwek. Bagian yang digunakan adalah bijinya yang berwarna hitam, dimasukkan ke dalam masakan ikan yang akan menciptakan cita rasa asam yang khas. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan kakap merah, lamuru, kerapu, atau tuna.

Karena warnanya yang kehitaman dan kuahnya tidak kental, seringkali pallu kaloa disebut-sebut sebagai rawon ikan khas Makassar. Selain menggunakan ikan, ada juga yang memasak dengan menggunakan bahan dasar daging atau ayam. Bumbu khasnya ya tetap sama, rempah kaloa tadi. Untuk kuahnya, ada yang menambahkan dengan kelapa parut sangrai untuk menambah kekentalan dan citarasanya.

Ke mana jika ingin makan pallu kaloa di Makassar? Ada beberapa rumah makan seafood di Makassar yang menyediakan olahan ikan ini, tapi yang populer adalah RM Pallu Kaloa yang berada di Jalan Abd.Dg.Sirua No 95 dan Jalan Tentara Pelajar No 66. Jika berkesempatan mampir di sana, jangan lupa, menu sandingan yang paling pas dengan pallu kaloa adalah lawara jantung pisang, acar mangga, rumput laut, dan telur ikan.

pallu cella kuliner tradisional makassar

Pallu Ce’la

Satu lagi olahan ikan khas Bugis Makassar. Berdasarkan arti katanya yaitu pallu yang berarti masak dan ce’la yang berarti garam, jadi pallu ce’la adalah masakan ikan yang bercitarasa asin dengan aroma khas kunyit. Bumbu yang digunakan hanya dua, garam dan kunyit. Jenis-jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan cakalang, ikan layang, ikan bolu, ikan sibula’/tembang. Ikan dimasak dengan bumbu kunyit dan garam hingga kuahnya hampir mengering dan bumbu meresap secara merata.

tiket mudik murah

Ke mana jika ingin makan pallu cella di Makassar? Rasa-rasanya agak sulit menemukan warung atau rumah makan yang menyajikan masakan ini. Tapi jangan khawatir, kalau kamu lagi males masak sendiri, pallu ce’la cukup banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Biasanya menggunakan bahan dasar ikan tembang atau ikan bolu dan dibungkus dengan daun jati untuk mempercantik tampilannya. Pallu ce’la ini nikmat disantap dengan raca’ taipa (sambel mangga muda yang dicacah halus) dan nasi panas, yummehhhh.

kuliner tradisional makassar pallu camba

Pallu Camba

Jika ingin mencicipi masakan ayam yang merupakan kuliner tradisional Makassar, nah pallu camba bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Masakan ini adalah kuliner tradisional Makassar berupa semur yang menggunakan perpaduan daging ayam dan kentang. Sesuai namanya, pallu yang berarti masak dan camba yang artinya asam, dalam proses memasaknya menggunakan asam jawa dan beberapa macam rempah pilihan misalnya bunga pala dan pala bubuk untuk menghasilkan citarasa yang kuat.

Ke mana jika ingin makan pallu camba di Makassar? Sejujurnya saya belum pernah menemukan warung atau rumah makan di Makassar yang menyajikan masakan tradisional ini. Kalau kamu tahu bolehlah diinfokan di kolom komentar. Untuk sementara, jika ingin menikmati pallu camba ya mesti masak sendiri hehehhe. Lebaran besok kayaknya asik juga menghidangkan pallu camba dengan ketupat.

Yuk keliling Makassar! Eits, ambil promo tiket murahpaket tour & jangan lupa pesan hotel murah juga!

Nah bagaimana, sudah pernah mencicipi masakan pallu kaloa, pallua cella dan pallu camba? Jika belum, waktunya untuk mencaritahu soal cita rasa masakan ini dan rekomendasikan sebagai kekayaan kuliner tradisional makassar kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Siapa lagi yang akan mempromosikan kalau bukan kita sendiri?

(Visited 77 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'PalluBasa dan Masakan Pallu Lainnya di Makassar (II)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool