5 Kuliner Lezat Ala Kota Palopo

Vote Us

Sulawesi Selatan terkenal akan keberagaman kulinernya yang sangat beragam terutamanya untuk makanan berbahan dasar daging dan ikan. Tak heran jika hampir setiap daerah pasti memiliki resep makanan yang tak jauh dari bahan utama daging ataupun ikan. Mari kita sedikit berpetualang mencicipi kelezatan makanan khas dari Kota Palopo.

Kota Palopo terletak di bagian utara Sulawesi Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Tana Toraja. Kota Palopo dikenal memiliki beragam makanan yang siap menggoyang lidah para traveler. Hal ini karena Palopo merupakan daerah subur di mana banyak terdapat rempah-rempah dan selain itu juga merupakan kota pesisir dimana produk utamanya adalah hasil tangkapan ikan laut. Tak salah jika Kota Palopo disebut rajanya kuliner di Sulawesi Selatan. Ini tentu saja karena kuliner Palopo tentu saja sangat memikat.

Palopo terkenal dengan sagunya, berikut adalah makanan serba sagu dari Palopo

Tidak perlu berlama-lama, apakah kamu sudah siap ingin mengetahui kuliner apa saja yang ada di Palopo ini. Langsung saja, berikut ini adalah 5 top kuliner Palopo.

1. Kapurung

kuliner palopo

Ada yang mau gak? mumpung banyak nih

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Makanan yang berbahan dasar sagu muda ini cukup terkenal dan digemari oleh semua masyarakat Sulawesi Selatan dan dianggap sebagai ikon kuliner Palopo. Menurut sejarah, Kapurung merupakan makanan asli orang palopo. Bentuknya yang bulat dan unyu-unyu kenyal ini siap menggoda siapa saja yang melihatnya. Cita rasa dari seporsi karupung sangatlah lezat apalagi jika ditambah dengan kuah ikan dan sayur segar, membuat siapa saja yang menyantap bakal ketagihan.

2. Lawa

kuliner palopo

Makan Kapurung sama ini rasanya makin nikmat

Kalau kamu makan kapurung, rasanya tidak lengkap kalau tidak menambah Lawa. Lawa adalah teman sejati kapurung, tanpanya makan kapurung akan berkurang nikmatnya. Lawa merupakan campuran lauk dan sayuran yang terbuat dari jantung pisang. Lawa juga biasanya menggunakan ikan tembang segar atau ikan mairo  yang telah dibersihkan, dicampur dengan kelapa sangrai, jeruk nipis, dan penyedap rasa. Membayangkannya saja sudah membuat orang kelaparan. Anggaplah Lawa ini sebagai ratunya kuliner Palopo.

3. Pacco

Coba deh makan Pacco, dijamin ketagihan

Kalau tadi ada Lawa, sekarang adalagi nih teman makan kapurung yang tidak kalah nikmatnya namanya adalah Pacco. Sekilas keduanya hampir mirip, tapi bedanya Pacco  dibuat dari ikan segar yang sebelumnya telah dipisahkan antara daging dan kepalanya. Daging ikan tersebut lalu direndam dalam larutan asam cuka serta patikala. Rasa Pacco ikan sangat khas dan kenyal. Dijamin kalau kamu sudah mencobanya rasanya ingin tambah lagi dan lagi deh.

Makanan ini jelas menggambarkan bagaimana orang Palopo begitu dekat dengan ikan. Salah satunya ya karena letak daerah mereka yang berbatasan langsung dengan laut lepas.

4. Parede

Yuk cobain gurihnya ikan parede

Satu lagi nih pelengkap menikmati hidangan kapurung, namanya adalah Parede. Parede merupakan makanan yang berbahan dasar ikan dengan kuah bening kekuningan pucat. Rasanya yang asem pedas sangat menggugah selera. Aroma patikala dalam masakan parede ini sangat dominan. Apalagi, terdapat pula irisan tipis daging mangga muda yang menambah sensasi lezat dari seporsi ikan Parede. Pokoknya makan kapurung tanpa parede rasanya ada yang mengganjal di perut, coba aja deh.

Pareda memang biasanya dihidangkan satu paket dengan kapurung. Siap-siap saja untuk kekenyangan, karena rasanya sayang jika seporsi kapurung dan parede yang adalah kuliner Palopo ini tidak dihabiskan.

5.  Dange

Dange ini merupakan pengganti nasi loh

Nah kalau ini sih salah satu kuliner yang sayang banget kalau dilewatkan. kenalkan namanya adalah Dange, dange ini terbuat dari sagu yang dibakar atau dipanggang dalam cetakan berbentuk persegi panjang. Perlu diketahui nih, dange ini rasanya hampar jadi untuk menikmatinya bisa dipadukan dengan kapurung, lawa, pocca ataupun parede. Soal rasanya tidak kalah nikmatnya kok. Malah kamu akan temukan sensasi berbeda.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata

itulah 5 kuliner Palopo yang paling terkenal. Untuk yang bingung mencarinya di mana, tenang saja! Kamu bisa menemukannya di sepanjang jalan kota Palopo atau di beberapa rumah makan di Makassar. Jadi tidak perlu khawatir jika seandainya melewatkan salah satunya.

(Visited 187 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'5 Kuliner Lezat Ala Kota Palopo' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool