Komunitas Jalan-Jalan di Makassar

Vote Us

Ada yang mau atau sedang mencari teman atau komunitas jalan-jalan di Makassar?

Hari ini, bagi yang senang bepergian, jalan-jalan atau istilah kerennya, travelling, tak lagi perlu takut jalan sendiri. Informasi tentang apa saja di daerah yang akan kamu kunjungi melimpah ruah di internet dan media sosial. Asalkan kamu rajin mencari info daring pasti bakal menemukan apa yang kamu cari.

Bagaimana kalau masih ada info yang belum lengkap tentang kota yang mau kamu datangi? Makassar, misalnya. Jangan khawatir, GPS saja. GPS di sini adalah Gunakan Penduduk Setempat alias bertanyalah pada temanmu yang ada di Makassar. Tak punya teman di Makassar? Kamu bisa menjelajahi website HelloMakassar.com ini. Di sini ada banyak informasi tentang wisata di Makassar dan Sulawesi Selatan.

Oke, sekarang kamu sudah banyak tahu tentang destinasi di Sulawesi Selatan dari website ini, tapi kamu bingung mau ke sana sama siapa? Adakah yang bisa menemani?

Jangan kuatir, kamu bisa bertanya-tanya lebih detail tentang Sulawesi Selatan kepada teman-teman kontributor HelloMakassar.com. Semua kontributor pasti akan dengan senang hati memberikan informasi yang kamu butuhkan, meskipun memang ada hal-hal yang sulit ditemukan di Makassar. Terus, bisakah meminta mereka untuk menemani ke tempat-tempat wisata itu? Mungkin bisa, tapi kalaupun tidak maka ini ada beberapa komunitas jalan-jalan di Makassar yang mungkin bisa menemanimu.

Siapa saja mereka? Simak yuk!

Makassar Backpacker

Bertemu dengan anggota komunitas Makassar Backpacker ini akan menyenangkan. Mereka adalah sekumpulan anak Makassar yang suka jalan-jalan. Anggota-anggota mereka sudah banyak yang berkeliling Indonesia, bahkan dunia.

Komunitas dengan tag line ‘lokal cika’ but global ces’ ini senang menghubungkan orang-orang yang sedang backpackeran di suatu daerah. Para anggotanya bisa bertukar informasi melalui laman facebook ‘Makassar Backapcker’ dan twitter @mksbackpacker. Di group facebooknya semua orang bisa bertanya-tanya informasi mengenai itenerary jika ingin pergi ke luar kota atau luar negeri.

Oh iya, tidak ada persyaratan khusus jika ingin bergabung dengan komunitas Makassar Backpacker. Komunitas ini termasuk komunitas jalan-jalan di Makassar yang cukup besar.

Makassar Tradisional Games Festival (MTGF)

Salah satu foto keseruan MTGF (foto: JJS Makassar)

Jalan-Jalan Seru Makassar

Komunitas ini berawal dari keinginan untuk saling berbagi dan mengangkat potensi wisata daerah, khususnya di Makassar dan Sulawesi Selatan. Komunitas Jalan-Jalan Seru (JJS) Makassar berdiri sejak 22 Januari 2012. Mereka memaknai kata jalan-jalan tak sekadar melakukan perjalanan, melainkan lebih sebagai upaya untuk mengedukasi, mencintai lingkungan, dan berbagi lewat kegiatan kemanusiaan.

Jalan-Jalan Seru Makassar ini banyak memperkenalkan potensi pariwisata Sulawesi Selatan, baik wisata budaya, sejarah, alam, religi, kuliner dan sebagainya yang belum begitu populer. Mereka rutin mengadakan trip dengan menjelajahi tempat-tempat indah yang selama ini belum begitu banyak dikenal orang.

Mereka juga rutin mengadakan kegiatan untuk melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan Makassar, khususnya permainan tradisional. Baru-baru ini mereka baru saja menggelar Makassar Tradisional Games Festival (MTGF) 2016 yang berisi pementasan budaya Makassar dan permainan tradisional. Makassar Tradional Games Festival 2016 adalah penyelenggaraan yang kelima setelah sukses digelar pada tahun 2012, 2013, 2014, dan 2015. Gelaran MTGF ini sudah masuk dalam kalender resmi wisata kota Makassar.

Foto-foto perjalanan dan kegiatan mereka bisa diintip di instagram dan grup facebook Jalan2Seru_Makassar. Dalam grup ini, semua orang juga bisa bertanya dan saling berbagi informasi tentang tempat-tempat yang seru untuk dijelajahi.

 

kegiatan komunitas jalan-jalan di Makassar

Salah satu kegiatan edukasi di alam terbuka yang dilakukan oleh Pajappa

 

Pajappa

Pajappa adalah orang yang suka berjalan dalam Bahasa Makassar. Komunitas Pajappa ini paling senang mengunjungi  tempat yang, bagi mereka, bisa memberikan ketenangan dan kebahagiaan untuk lepas dari kepenatan aktivitas sehari-hari. Pajappa termasuk komunitas jalan-jalan di Makassar yang masih baru, tapi cukup aktif berkegiatan.

Komunitas ini juga sering menjelajahi dan memperkenalkan tempat baru yang belum begitu populer. Hampir setiap pekan mereka mengadakan trip sehari di akhir pekan. Peserta trip sehari tak hanya bisa diikuti oleh anggota komunitas Pajappa tapi juga terbuka untuk umum. Salah satunya trip ke air terjun Parangloe.

air terjun parangloe

Trip sehari ke air terjun Parangloe bersama Pajappa

Anggota komunitas yang memiliki tagline ‘Karena Hidup Butuh Hiburan dan Liburan’ ini selalu berusaha sebisa mungkin menerapkan kode etik dalam berkegiatan alam bebas. Bagi mereka, kearifan lokal adalah modal awal yang harus selalu dijunjung tinggi saat mengunjungi tempat – tempat wisata. Mereka juga sangat mengutamakan kelestarian alam-alam terbuka yang mereka datangi.

Keselamatan dalam berpetualang menjadi salah satu prioritas mereka. Untuk menjaga kelestarian dan demi menjamin kenyamanan dan keselamatan petualangan, mereka rutin mengadakan ‘Education Trip’ dengan tema-tema berbeda sesuai kondisi lokasi yang mereka datangi. Selain itu, Pajappa juga sering membuat kegiatan bernuansa sosial seperti Kemah Bakti.

Bagi yang ingin menghubungi Komunitas Pajappa bisa via FB Pajappa_, Twitter @pajappa_ atau Instagram Pajappa_

Apa saja 5 air terjun di Gowa yang harus didatangi? Silakan baca di SINI

Akkarena Soulventure Indonesia

Meski memakai kata Indonesia pada namanya, Akkarena Soulventure Indonesia atau sering disingkat AKSI ini berbasis di Makassar.  AKkarena berasal dari Bahasa Makassar yg berarti ‘bermain’. Bagi anggota AKSI salah satu cara untuk menikmati tempat indah yang kita datangi adalah dengan bermain, karena hanya dengan bermain layaknya anak kecil yang membuat setiap perjalanan menjadi berkesan. Bukan sekedar datang ambil gambar lalu pulang.

Soulventure adalah gabungan kata dari ‘soul’ yang berarti jiwa dan ‘adventure’ yang berarti petualangan. Menurut AKSI, soulventure adalah berpetualang dengan jiwa, yaitu bagaimana kita menjelajah dan peka terhadap lingkungan sosial yang ada.

Komunitas ini bisa dihubungi via FB AKkarena Soulventure Indonesia.

Beragam paket liburan hemat, bisa kamu dapatkan di sini: Cari tiket pesawat murah, Cari hotel murah, dan Tur Keliling Indonesia

Nah.. itulah beberapa komunitas jalan-jalan di Makassar. Bagi kamu yang berencana untuk jalan-jalan dan berpetualang di Makassar, kamu bisa hubungi mereka via media sosial mereka. Jalan-jalan sambil dapat teman baru, menyenangkan bukan?

(Visited 383 times, 2 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Komunitas Jalan-Jalan di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool