kolam renang di makassar

7 Kolam Renang (Non Hotel) di Makassar

7 Kolam Renang (Non Hotel) di Makassar
5 (100%) 2 votes

Berenang adalah salah satu olahraga favorit saya, selain bersepeda dan lari pagi. Maklum, hidup saya sejak kecil memang tidak jauh dari air. Kampung saya, Desa Pemusiran (Provinsi Jambi), terletak di pinggiran sungai dan berada di muara sungai Pemusiran yang langsung berhadapan dengan Laut Cina. Jadi berenang memang sudah menjadi makanan sehari-hari hingga akhirnya kami sekeluarga hijrah ke Makassar di tahun 1999. Dulu saya punya jadwal rutin setiap minggunya untuk berenang meskipun awalnya agak bingung, di mana ya kolam renang di Makassar?

Saya lihat, seringkali teman-teman lebih memilih untuk berenang di kolam renang hotel yang tentu saja lebih exclusive dan expensive dibanding berenang di kolam renang yang bukan merupakan fasilitas hotel 😀 Nah, kalau kamu lagi cari kolam renang di Makassar yang nyaman, bersih dengan harga bersahabat, mungkin daftar kolam renang di Makassar (non hotel) berikut ini bisa jadi referensi.

Kolam Renang Athirah

Merasa familiar dengan nama Athirah? Iyya ini memang nama yang sama dengan film Athirah besutan sutradara Riri Riza. Kolam renang Athirah terletak di dalam kompleks perumahan Bukit Baruga Antang, tidak jauh dari Bugis Waterpark. Mungkin dahulu kolam renang Athirah dibangun sebagai fasilitas untuk para pemilik rumah di kawasan Bukit Baruga, entahlah, tapi yang jelas saat ini kolam renang di Makassar ini dibuka juga untuk umum.

Berenang di kolam ini menyenangkan karena pemandangan alamnya yang indah. Kolam renang ini ada yang untuk dewasa dengan ketinggian maksimal 1,8 M dan adapula kolam untuk anak-anak. Jadi bisa juga dijadikan lokasi weekend bersama keluarga. Tiket masuknya berbeda untuk hari Senin-Jumat dan Sabtu-Minggu. Selain itu tidak diperbolehkan untuk membawa makanan dari luar. Aturan lainnya adalah saat berenang harus menggunakan pakaian renang atau pakaian yang nge-pas di badan.

Kolam renang Athirah - Kolam renang di Makassar

Kolam renang Athirah

Kolam Renang Unhas

Seperti namanya, Kolam renang Unhas berlokasi di dalam kawasan perguruan tinggi Universitas Hasanuddin (Unhas) Jl Perintis Kemerdekaan Km 10, Tamalanrea, tepatnya di samping lapangan bola. Kolam renang ini terbuka untuk umum, jadi tidak harus menjadi mahasiswa Unhas dulu baru bisa mengakses kolam ini. Pengunjung kolam renang Unhas hapir setiap hari selalu ramai. Tapi yang paling ramai ya di hari Sabtu dan Minggu.

Kebanyakan pengunjung memang adalah mahasiswa Unhas yang ingin belajar berenang, tapi ada juga masyarakat umum yang tinggal di sekitar Unhas yang kadangkala datang membawa anak-anaknya. Kolam renang ini buka setiap hari, mulai dari pagi hingga sore hari. Karcis masuk tentu berbeda untuk mahasiswa dan umum, sedangkan untuk anak-anak tarifnya disamakan dengan tarif mahasiswa yang lebih murah dibandingkan tarif umum.

Kolam Renang Mattoangin

Kolam renang Mattoangin merupakan kolam renang di Makassar yang sering dijadikan lokasi latihan para atlet renang karena memang kolam renangnya berstandar kejuaraan. Kolam renang ini terletak di area Stadion Mattoangin, Kunjungmae, Mariso. Jangan salah masuk ke dalam GOR Mattoangin ya. Jadi ada 3 fasilitas yang berdekatan yang kadang bikin orang salah paham yaitu kolam renang Mattoangin, GOR mattoangin dan Stadion Mattoangin. Kolam renang Mattoangin buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam.

Kolam renang Tirta Kartika - Kolam renang di Makassar

Kolam renang Tirta Kartika

Kolam Renang Tirta Kartika

Kolam renang Tirta Kartika berlokasi di  Jl Chairil Anwar. Saya baru sekali berkunjung ke sana membawa babyJo. Kolam renangnya bersih, dengan bangku yang dicat warna-warni ceria. Mungkin karena memang diperuntukkan bagi anak sekolah ya. Awalnya kolam renang ini dibangun memang sebagai fasilitas TK Kartika Jaya Wirabuana, lalu dibuka juga untuk sekolah-sekolah lain dan pengunjung umum.

Kolam renangnya ada dua, untuk dewasa dan anak-anak. Untuk kolam renang dewasa, dinaungi atap sehingga kalau hujan gak akan basah #eh. Ada kamar mandi dan ruang ganti, kemudian ada toko kecil di dalam area kolam renang.

Kolam Renang Tirta Lontara

Kolam renang Tirta Lontara berlokasi di dalam area Kodam VII Wirabuana Jalan Urip Sumoharjo, tapi jangan khawatir kolam renang ini dibuka untuk umum juga. Setiap hari kolam renang ini selalu ramai dengan para pengunjung, entah memang pengen latihan renang atau hanya ingin berendam saja *lirik bunda BabyJo*Saat masih tinggal di BTP, saya punya jadwal rutin berkunjung ke kolam renang ini setiap Sabtu pagi. Kolam renang Tirta Lontara juga pernah menjadi lokasi latihan komunitas Free Dive Makassar di setiap hari Kamis.

Seperti di Tirta Kartika, kolam renangnya juga ada dua yaitu untuk dewasa dan anak-anak. Di kolam renang dewasa, kedalamannya mencapai 5 meter. Di dalam area kolam renang ada fasilitas kamar mandi, ruang ganti, dan kantin. Jika lupa membawa pakaian renang atau tadinya tidak berniat berenang eh pas sampai sana kok jadi pengen berenang, jangan khawatir di sini juga ada penyewaan pakaian renang dan ban/pelampung untuk anak.

Tirta Garden Swimming Pool

Kolam renang ini berlokasi di Sudiang, tepatnya di dalam kompleks perumahan Permata Regency Blok C No. 6 – Jl. Goa Ria, Biring Kanaya. Saya memang belum pernah datang ke kolam renang ini, mungkin suatu hari nanti bisa dijadwalkan sekalian jalan-jalan membawa BabyJo berenang.

Jadi minggu kemarin itu, Bundanya BabyJo sedang mencari di internet referensi kafe asik di Makassar yang ada di Sudiang karena rencananya dia akan jumpa dengan teman lamanya di daerah tersebut, eh yang ketemu malah kolam renang ini. Gak nyangka ada juga kolam renang di sekitar sana, bisa dijajal nih 😀 Kalau membaca testimoni pengunjung sih kolam renangnya bersih, nyaman dan biaya masuknya murah. Kolam renang Tirta Garden buka setiap hari mulai jam 10 pagi hingga jam 6 sore.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Booking tiket pesawat, Pilihan penginapan yang murah, dan Beragam paket wisata

Kolam renang Grand Mode Cendrawasih - Kolam renang di Makassar

Kolam renang Grand Mode Cendrawasih

Kolam Renang Grand Mode Cendrawasih

Kolam renang ini berlokasi di Jalan Cendrawasih No. 381, Mamajang, yang buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Di area kolam renang ada beberapa meja kursi yang memang disediakan untuk pengunjung sambil menikmati pesanan makanan atau minuman. Setelah jam 6 sore, masuk ke area kolamnya gratis.

Saya juga belum pernah berkunjung ke kolam renang ini, trus taunya dari mana? Dari kakak saya yang bertanya, “memang ada ya cafe yang juga punya kolam renang di jalan Cendrawasih sana”, sambil memperlihatkan foto temannya yang lagi selfie di lokasi yang dimaksud. Setelah mencari tahu, ternyata kolam renang Grand Mode Cendrawasih yang dimaksud.

Kolam Renang FIK-UNM

Tak banyak referensi yang saya dapatkan untuk kolam renang FIK-UNM, hanya lokasinya saja di mana kolam renang ini terletak di area Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) di Universitas Negeri Makassar (UNM) Jl. Wijaya Kusuma, Banta-Bantaeng. Seperti halnya kolam renang Unhas, kolam renang ini juga dibuka untuk umum ukan hanya untuk mahasiswa UNM saja.

Nah, itu dia pilihan kolam renang non hotel yang ada di Makassar. Jadi kalau sedang di Makassar dan berniat berenang, bolehlah memilih salah satu dari beberapa pilihan di atas.

(Visited 4,478 times, 2 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'7 Kolam Renang (Non Hotel) di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool