Kodingareng Lompo

Kodingareng Lompo, Pulau yang Ramah

Vote Us

pintu gerbang pulau kodingareng

Liburan seru dan menyenangkan adalah mengunjungi tempat-tempat indah dan eksotis. Buat kamu yang memiliki aktifitas padat, liburan ke pulau adalah hal yang tepat. Hanya sehari atau dua hari saja kamu sudah bisa menikmati pemandangan laut dan perkampungan nelayan yang eksotis. Mulai dari pasir putihnya, pasir putih, debur ombak, dan keanekaragaman biotalaut.

Pulau kodingareng adalah salah satu pulau dalam gugusan kepulauan spermonde. Pulau kodingareng ada dua Kodingareng Keke dan Kodingareng Lompo. Kodingareng Keke adalah pulau yang tidak berpenghuni, sementara Kodingareng Lompo adalah pulau yang memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak.

KM. Sinar Jaya kecil

Akses ke pulau ini melalui dermaga kayu bangkoa. Dermaga ini terletak di Jl. Pasar Ikan berjarak beberapa meter dari Fort Rotterdam. Kapal motor yang menuju ke pulau ini memiliki jadwal tertentu, biasanya mereka menunggu penumpang pukul 08.00 pagi hingga pukul 10.00. Menjelang siang, meskipun kapal motornya belum penuh, nahkoda akan segera berangkat. Adapun kapasitas dari kapal tersebut sekiatar 30 orang.

Perjalanan ke pulau kami tempuh selama satu jam, para penumpang di kenakan biaya 15.000 per orang sekali jalan. Tidak hanya kapal motor, untuk ke pulau ini tersedia pula perahu motor carteran dengan biaya sekitar 500.000 – 700.000 rupiah untuk pulang pergi.

Kapal motor biasanya tiba di pulau siang sekiatar pukul 11.00 atau 12.00. Dari arah dermaga sudah nampak perkampungan nelayan dari dekat. Di pinggir pantai perahu-perahu nelayan sudah berjejeran dan dari jauh sudah nampak rumah-rumah kayu khas Makassar yang tiangnya di buat agak rendah. Wisatawan yang berunjung ke pulau ini biasanya menginap di rumah warga, mereka bisanya memberi sewaan kamar kepada para wisatawan.

kodingareng5

kodingareng

Pulau kodingareng Lompo memiliki jumlah penduduk cukup padat sekitar 4170 jiwa. Sebagian besar penduduk di pulau ini bekerja sebagai nelayan dan pedagang. Di pulau inilah kamu bisa menikmati perkampungan nelayan dan menikamati ikan bakar hasil tangkapan. Pada sisi timur pulau terdapat dua buah dermaga kayu untuk kapal dan speedboat. Saat Malam hari, dermaga ini adalah salah satu tempat indah untuk menikmati angin laut, memancing cumi, dan menikmati bintang dan rembulan.

Jika dibandingkan dengan pulau lain. Pulau kodingeng lompo memiliki fasilitas yang cukup maju, terdapat instalasi listrik dengan generator yang beroperasi selama 12 jam. Dan Lapangan sepak bola.
Dan jika berjalan- jalan mengelilingi pulau, penduduk akan menyapa dengan sangat ramah. Di beberapa lokasi di pulau ini terdapat beberapa kuburan cina (etnis tionghoa). Beberapa warga mengatakan bahwa pulau ini pernah dihuni etnis cina (tionghoa)

kodingareng3

Jika kamu penyuka laut, berkunjunglah ke pulau ini. Selain menikmati laut dan pasir putihnya, kamu juga bisa bercengkrama dengan penduduk (nelayan) dengan ramah. Memancing dan menikmati ikan laut bersama.

(Visited 1,580 times, 1 visits today)


About

Saya menyukai matahari dan perjalanan-perjalanan bersamanya


'Kodingareng Lompo, Pulau yang Ramah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool