Kodingareng Keke

Kodingareng Keke, Si Cantik Tak Berpenghuni

Kodingareng Keke, Si Cantik Tak Berpenghuni
5 (100%) 1 vote

Ketika kita memilih berlibur ke Sulawesi Selatan yang ada didalam benak kita adalah kuburan batu dan tengkorak manusia yang ada di kabupaten Toraja, pasir putih dan laut biru yang ada dipantai Bira kabupaten Bulukumba dan Air Terjun Bantimurung di kabupaten Maros. Tapi siapa yang sangka kalau ternyata wilayah kota Makassar sendiri ada wisata bahari seperti pulau-pulau yang cantik. Salah satu pulau yang sudah mulai dikenal oleh para wisatawan baik itu lokal maupun asing adalah pulau Kodingareng Keke.

Pulau Kodingareng Keke

Dermaga di Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke adalah salah satu dari 11 pulau yang berada dalam jajaran kepulauan spermonde, Sulawesi Selatan (Sulsel).  terletak di sebelah utara Pulau Kodingareng Lompo dan berjarak 14 kilometer dari Makassar. Memajang dari timur laut hingga barat daya, pulau ini adalah pulau tak berpenghuni. Hanya ada 9 ekor kucing yang entah dari mana asalnya. Konon cerita yang beredar dimasyarakat, kucing-kucing tersebut adalah penjaga dari pulau Kodingareng Keke.

Pulau Kodingareng Keke

Kucing penjaga Pulau Kodingareng Keke

Untuk menuju ke Kodingareng Keke kita memang harus menyewa perahu bermotor karena tidak ada transportasi reguler. Dari kota Makassar, Kodingareng Keke dapat ditempuh selama 30-45 menit dari tiga dermaga. Ketiga tempat tersebut antara lain Dermaga Kayu Bangkoa, Dermaga Panyua dan Pelabuhan Paotere. Harga untuk penyeberangan ke Kodingareng Keke dari ketiga tempat itu tidak berbeda jauh, hanya sekitar Rp. 450.000,- pergi pulang.

Pulau Kodingareng Keke

Perahu yang membawa ke Pulau Kodingareng Keke

Disebelah barat pulau, kedalaman laut mencapai lebih dari 20 meter. Perairan sebelah barat laut hingga 1,5 mil dari Pulau Kodingareng Keke, merupakan daerah yang cukup luas dengan kedalaman kurang dari 5 meter, sedangkan perairan sebelah timur dan selatan merupakan alur pelayaran masuk dan keluar dari Pelabuhan Selat Makassar.

Dipulau ini hanya ada satu dermaga serta beberapa pohon cemara udang sehingga akan terasa panas apabila matahari tepat berada diatas kepala kita. Jika kita memilih untuk berlama-lama disana sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari tempat berteduh hingga persediaan makanan.

Pulau Kodingareng Keke

salah satu cara bersantai di Pulau Kodingareng Keke

Pulau cantik ini selalu memanjakan mata dan mampu membuat kita berdecak kagum karena keindahannya. Dimulai dari air laut yang berwarna hijau tosca hingga pemandangan bawah laut yang masih sangat alami. Terumbu karang yang cantik serta ikan yang berwarna-warni menjadi daya tarik yang kuat buat para diver untuk melakukan penyelaman.

Pulau Kodingareng Keke

Aktifitas penyelaman di Pulau Kodingareng Keke

Kodingareng Keke memang belum jadi destinasi wisata utama di kota Makassar, tapi saya yakin cepat atau lambat pulau cantik ini pasti akan makin dikenal.

(Visited 621 times, 2 visits today)


About

Penikmat Hutan, Gunung & Lautan | Penyuka Ketenangan | Pencinta warna Orange | Suami dari perempuan berdarah Bugis | Senang menulis, lagi belajar pegang kamera, suka jalan-jalan dan olahraga menantang adrenalin


'Kodingareng Keke, Si Cantik Tak Berpenghuni' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool